Brilio.net - Konsep permintaan merupakan keinginan seseorang terhadap barang-barang tertentu yang diperlukan atau diinginkan. Namun, dalam praktiknya pengertian permintaan menunjukkan adanya permintaan atas sejumlah barang dan jasa yang diikuti dengan kemampuan membeli. Karena jika keinginan diikuti dengan kekuatan untuk melakukan pembelian, maka keinginan akan berubah menjadi permintaan. 

Dalam ilmu ekonomi, hukum permintaan mengatakan bahwa terjadi pengaruh timbal balik antara barang yang diminta dengan harga jika faktor lain tidak mengalami perubahan. Dalam hal ini, hukum permintaan mengatakan, "Bila harga suatu barang dan jasa naik, sedangkan harga barang-barang dan jasa lainnya tetap sama, maka konsumen cenderung melakukan substitusi atau menggantikan barang atau jasa yang harganya baik dengan barang lain yang harganya relatif lebih murah." Nah untuk mengetahui lebih jauh mengenai konsep permintaan dalam ilmu ekonomi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (21/9).

Pengertian permintaan

faktor dan jenis permintaan © berbagai sumber

foto: Unsplash/Igal Ness

Menurut ilmu ekonomi, permintaan adalah berbagai jenis dan jumlah barang dan jasa yang diminta pembeli pada berbagai kemungkinan harga dalam periode tertentu di pasar. Permintaan dalam ilmu ekonomi juga dapat diartikan sebagai keinginan seseorang terhadap barang-barang tertentu yang diperlukan atau diinginkan.

Dengan kata lain, yang dimaksud dengan permintaan adalah sejumlah produk barang atau jasa yang merupakan barang-barang ekonomi yang akan dibeli konsumen dengan harga tertentu dalam suatu waktu atau periode tertentu dan dalam jumlah tertentu. Permintaan sebagai suatu konsep mengandung pengertian bahwa permintaan berlaku terhadap tiga variabel yang saling memengaruhi yaitu, kualitas produk barang atau jasa, harga, dan manfaat produk barang atau jasa. Pendapat lain menyebutkan bahwa permintaan adalah keinginan konsumen dalam membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga tertentu selama periode waktu tertentu.

(brl/pep)