Brilio.net - Organisasi bola basket Indonesia adalah Perbasi. Perbasi merupakan singkatan dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan menjadi wadah bagi perkumpulan bola basket yang ada di Indonesia. Kepengurusan organisasi Perbasi terbagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari tingkat perkumpulan, pengurus tingkat cabang, tingkat daerah, hingga pengurus besar.

Organisasi bola basket Indonesia ini memiliki peran penting untuk mengembangkan permainan bola basket di Indonesia dengan aktif menyelenggarakan kompetisi serta memberikan edukasi kepada para atlet.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai organisasi bola basket Indonesia, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (28/6).

Sejarah terbentuknya organisasi bola basket Indonesia (Perbasi).

organisasi bola basket Indonesia © berbagai sumber

foto: Unsplash/Markus Spiske

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) merupakan organisasi pengatur olahraga bola basket di Indonesia. Sejarah Perbasi dimulai pada tahun 1951 ketika Tony Wen dan Wim Latumeten diminta oleh Maladi yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk menyusun organisasi olahraga bola basket Indonesia.

Kedua tokoh tersebut yang memprakarsai terbentuknya organisasi bola basket Indonesia dengan nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia yang disingkat Perbasi pada 23 Oktober 1951.

Pada masa awal pembentukan organisasi, Tony Wen menduduki jabatan sebagai ketua dan Wim Latumeten sebagai sekretaris. Pada tahun 1955, organisasi bola basket Indonesia mengalami perubahan nama yang disesuaikan dengan perbendaharaan bahasa Indonesia menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Perbasi menganut sistem vertikal berjenjang yang dimulai dari tingkat perkumpulan, pengurus cabang (pengcab) Perbasi, pengurus daerah (pengda) Perbasi, hingga pengurus besar Perbasi.

Peran Perbasi sebagai organisasi bola basket Indonesia.

organisasi bola basket Indonesia © berbagai sumber

foto: Unsplash/Markus Spiske

Dilansir dari laman Perbasi, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) adalah satu-satunya badan atau wadah kegiatan olahraga bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengoordinasikan dan membina segala kegiatan olahraga bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia. Perbasi merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga bola basket.

Perbasi juga secara resmi telah bergabung dengan FIBA pada tahun 1952 dan mengirimkan tim nasional pertama kali di ajang Asian Games II di Manila, Filipina pada tahun 1954.

 

(brl/tin)