Brilio.net - Pandemi Covid-19 melumpuhkan berbagai sektor kehidupan beberapa waktu lalu. Perlahan tapi pasti, kini semua sektor mulai kembali bangkit, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bahkan, 2021 jadi momen kebangkitan UMKM Indonesia. Berkat semangat inovasi dan adaptasi untuk mengikuti kebutuhan pasar yang dinamis, para pelaku UMKM mampu kembali bangkit dan melebarkan sayap terus mengembangkan bisnis.

Melihat prestasi ini, ShopeePay turut merayakan pencapaian UMKM sepanjang tahun 2021 dengan mempersembahkan kampanye tahunan ikonik, ShopeePay 12.12 Birthday Deals. Berlangsung pada 28 November-14 Desember 2021, sederet promo dan penawaran spesial kembali dihadirkan agar dapat menstimulasi pertumbuhan UMKM.

Promo dan penawaran spesial ini juga sekaligus menjadi bentuk apresiasi ShopeePay atas dukungan dan peran aktif masyarakat bagi perkembangan bisnis Tanah Air.

Arto Biantoro, Brand Activist - Penggiat Brand Lokal mengatakan, digitalisasi menjadi kunci utama yang membantu pelaku UMKM menyokong keberlangsungan bisnis di tengah gempuran pandemi. Para pelaku UMKM kini semakin berlomba-lomba memaksimalkan penggunaan layanan digital hampir di setiap aspek bisnis agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Hal ini termasuk memperluas kehadiran bisnisnya di media sosial, menggunakan layanan pesan instan untuk mempermudah komunikasi, mengeksplorasi strategi marketing digital, serta menyediakan layanan pembayaran digital.

Preferensi masyarakat yang kini lebih mengandalkan pembayaran digital jadi alasan yang mendorong para pelaku UMKM untuk beradaptasi agar terus berkembang. Hal tersebut tercermin dari semakin tingginya akses pembayaran digital ShopeePay di UMKM sepanjang 2021 yang meningkat hingga 5 kali lipat dibanding tahun lalu.

"ShopeePay berupaya mendukung kemajuan UMKM melalui sederet program yang diharapkan dapat membantu mendorong performa bisnis, salah satunya adalah stimulus melalui program kampanye ini," ujar Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

Pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals lalu, ShopeePay melihat pertumbuhan yang sangat signifikan dari UMKM yang berpartisipasi. Kampanye tanggal cantik seperti ShopeePay 11.11 Big Deals membantu meningkatkan transaksi UMKM. Sebanyak 7 dari 10 UMKM yang berpartisipasi mengalami kenaikan transaksi rata-rata 2x lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

Selain itu, kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals juga turut mengakselerasi pertumbuhan UMKM di wilayah luar Jabodetabek. Jember, Medan, Lebak, Surabaya, dan Serang jadi sejumlah kota dengan pertumbuhan transaksi paling signifikan di sektor UMKM.

"Di penghujung tahun ini, kampanye tanggal cantik kami yaitu ShopeePay 12.12 Birthday Deals kembali hadir dengan lebih meriah. Kami harap kampanye ini dapat menjadi hadiah akhir tahun yang akan menghadirkan senyuman bagi UMKM dan para pengguna kami untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka secara lebih hemat, sekaligus turut meningkatkan transaksi bisnis Tanah Air," pungkas Eka.

Ada tiga hal menarik yang tidak boleh dilewatkan dari pesta belanja tahunan ShopeePay 12.12 Birthday Deals. Yuk, simak infonya berikut ini.

1. Merayakan pencapaian UMKM lokal selama 2021.

ShopeePay 12 12 apresiasi UMKM digital © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Salah satu UMKM yang berpartisipasi, TEGUK turut menyambut baik kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals. Maulana Hakim, selaku CEO TEGUK mengatakan, usaha miliknya bisa terus tumbuh berkat strategi marketing yang tepat sasaran. Salah satunya adalah stimulus berupa promo yang berperan penting dalam pertumbuhan bisnis TEGUK pada 2021.

"Hal ini juga nampak pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals kemarin yang telah berkontribusi menarik ribuan pelanggan baru untuk TEGUK. Untuk itu, kami tentunya sangat bersemangat menyambut kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang pastinya makin meriah," tutur Maulana.

Maulana menambahkan, keikutsertaan TEGUK juga merupakan bentuk apresiasi bagi seluruh Sobat Peneguk yang setia mendukung usahanya itu.

2. Sederet penawaran terbaik di ShopeePay 12.12 Birthday Deals.

ShopeePay 12 12 apresiasi UMKM digital © 2021 berbagai sumber

foto: ShopeePay

Bukan pesta belanja namanya jika tidak ada promo menarik. Pada kemeriahan momen akhir tahun ini, kamu dapat menikmati penawaran terbaik. Ada ratusan merchants dari berbagai kategori yang ikut memeriahkan ShopeePay 12.12 Birthday Deals.

Kamu dapat memanfaatkan berbagai promo spesial, di antaranya:

- Voucher Cashback 100%: belanja di ratusan merchants pilihan jadi lebih hemat dengan Voucher Cashback 100% selama periode ShopeePay 12.12 Birthday Deals.

- Indomaret Murah Rp1: jangan lewatkan diskon untuk produk Indomaret favoritmu dengan cara membeli voucher diskon di fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee seharga hanya Rp 1.

- Flash Sale Rp 1: dapatkan nominal cashback lebih besar dari Voucher Cashback 100% yang bisa dibeli seharga Rp 1 saja pada jam-jam tertentu. Flash Sale Rp 1 berlangsung sebanyak 3x setiap harinya dan 7x sehari khusus pada 1 dan 8 Desember 2021.

Selain mendapatkan sederet keuntungan, kamu juga bisa turut mendukung pertumbuhan bisnis lokal favorit. Seperti Baso Aci Juara, Janji Jiwa, Traffic Bun, Mangkokku, Eatlah, Kokumi, Alodokter, BLP Beauty, Aurum Lab, Yogya Online, Zenius, tanamduit, dan ratusan merchants favorit lainnya.

Lebih spesial lagi, pada hari puncak 12 Desember mendatang, kamu bisa menikmati beragam promo yang lebih meriah, seperti ShopeePay Deals Rp 1, Indomaret Murah Rp 1, hingga Flash Sale Rp 1.

Sederet penawaran spesial bersama ratusan UMKM ini diharapkan dapat semakin mendorong pertumbuhan bisnis lokal. UMKM bisa memperoleh manfaat visibilitas yang lebih luas, sehingga dapat menjangkau konsumen baru serta memperkuat hubungan dengan pelanggan setia.

3. Mendorong lebih banyak transaksi di gerai offline.

ShopeePay 12 12 apresiasi UMKM digital © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Tidak dapat dipungkiri, situasi pandemi turut berdampak pada penurunan kunjungan di gerai offline. Melalui kampanye spesial seperti ShopeePay 12.12 Birthday Deals, ShopeePay berharap dapat membantu meningkatkan kunjungan di gerai offline guna mendukung perkembangan merchants yang terdampak.

Kamu tidak hanya dapat menikmati pengalaman belanja yang lebih menguntungkan, nyaman, dan praktis, tapi juga dapat menikmati Voucher Cashback 100% saat berbelanja di ratusan merchants favorit. Mulai dari Auntie Anne's, Sour Sally, SaladStop!, Solaria, Es Teler 77, Nanny's Pavillon, dan masih banyak lagi.

Melalui fitur Deals Sekitarmu, kamu dapat mencari dan menemukan beragam penawaran menarik yang ada di sekitar. Selain itu, fitur ini juga tentunya bisa membantu merchants menarik lebih banyak konsumen untuk berbelanja di gerai offline.

Melengkapi kemeriahan momen akhir tahun, kamu juga bisa menikmati beragam promo dari Shopee 12.12 Birthday Sale yang berlangsung hingga 12 Desember. Sebut saja seperti Tanam ShopeePay 12M, Gratis Ongkir XTRA Lebih Banyak, dan Pasti Diskon 50%.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai promo dan kemeriahan ShopeePay 12.12 Birthday Deals. Jangan lupa unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.