Brilio.net - Interview atau wawancara adalah tahap awal dalam perekrutan bagi calon karyawan. Wawancara kerja menjadi momen menggali kemampuan dan karakter calon karyawan sebelum menjadi bagian dari perusahaan.

Interview atau wawancara kerja memberikan pengaruh besar terhadap penilaian calon karyawan. Biasanya wawancara dilaksanakan oleh orang dari divisi pengembangan sumber daya manusia atau dikenal Human Resources Departement (HRD).

Saat baru pertama kali melakukan wawancara, calon karyawan akan merasakan perasaan khawatir, apakah ia bisa masuk kualifikasi perusahaan atau tidak? Sebab akan ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Mulai dari pertanyaan standar dan terlihat biasa, sampai dengan pertanyaan yang sulit.

Terkadang seorang HRD juga akan menyelipkan jenis pertanyaan menjebak. Meskipun begitu upayakan kamu harus tetap tenang dan terlihat rileks hingga wawancara selesai. Saat wawancara selesai, beberapa orang tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah itu.

Namun biasanya dari pihak HRD sering memberikan kesempatan secara pribadi untuk calon karyawan mengajukan pertanyaan. Nah, gunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. Gali informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang akan kamu tempati untuk bekerja.

Loading...

Pertanyaan cerdas yang kamu ajukan juga bisa menambah penilaian diri di mata HRD. Sebab sejumlah pertanyaan yang kamu ajukan dapat membuatmu terlihat berbeda dari calon karyawan lainnya. Ajukan beberapa pertanyaan berikut ini seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (17/9).

1. Seperti apa karakteristik orang yang akan sukses dalam pekerjaan ini?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: pixabay.com

Pertanyaan pertama adalah salah satu pertanyaan yang bagus untuk kamu ajukan. Kamu bisa melihat apakah pekerjaan itu layak atau tidak untuk kamu? Kamu bisa mendapat gambaran terkait kepribadian orang-orang yang ada di sekitar lingkungan kerjamu kelak.

Pertanyaan ini juga akan membantumu menjadi karyawan yang sukses dengan cepat. Selain itu, HRD juga dapat menilai kalau kamu adalah orang yang ambisius dalam bekerja.

2. Apa tantangan yang akan kamu hadapi jika di posisi ini?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: unsplash.com

Pertanyaan tantangan ini dapat membantumu meningkatkan motivasi kerja. Dengan pertanyaan ini, kamu juga bisa menemukan solusi yang cepat apabila berada dalam situasi tersebut. Selain itu, pertanyaan ini juga bisa menunjukkan kalau kamu berani dan siap akan tantangan.

3. Berapa gaji yang akan saya dapatkan?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: freepik.com

Pertanyaan yang sudah lumrah ditanyakan oleh calon karyawan. Pertanyaan jenis ini memang sangat penting, sebab tidak semua HRD akan menjelaskan secara gamblang mengenai rincian pekerjaan dan gaji. Maka dari itu penting sebelum kamu sepakat (deal) dengan pekerjaan ini. Perhitungkan rincian pekerjaan dengan nominal gaji yang akan kamu dapatkan.

4. Apabila saya diterima, bagaimana pengukuran kinerja saya?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: freepik.com

Pertanyaan ini akan memberikan informasi yang lebih spesifik tentang keberhasilanmu nanti. Kamu dapat melihat celah gambaran agar dapat berkembang dan bekerja lebih profesional. Kamu juga dapat bekerja lebih baik dan efisien untuk mencapai gaji yang lebih besar nantinya.

5. Adakah training atau pelatihan dari pihak perusahaan untuk karyawan?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: freepik.com

Pertanyaan ini dapat membantu mengembangkan bakat dan kariermu. Kamu akan terlihat sebagai calon karyawan yang ingin terus berkembang dan maju. Setidaknya kemajuan pribadimu dapat membantu mengembangkan perusahaan agar lebih pesat lagi.

6. Bagaimana karakteristik orang di lingkungan kantor?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: freepik.com

Jawaban dari pertanyaan ini dapat membantumu untuk lebih cepat beradaptasi. Dengan lingkungan, rekan kerja, bahkan dengan senior. Kamu juga dapat mencari kesempatan yang baik supaya bisa lebih dekat dengan orang-orang di kantor. Menambah relasi akan membantumu dalam urusan pekerjaan.

7. Berapa orang yang dibutuhkan untuk posisi ini?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: unsplash.com

Pertanyaan ini dapat membuatmu terlihat lebih serius melamar pekerjaan. Kamu juga akan memiliki pandangan berapa orang pesaing yang harus kamu kalahkan. Kamu bisa mempersiapkan ketika kamu bisa lolos di tahap wawancara dan untuk masuk ke tahap selanjutnya.

8. Apa yang perusahaan harapkan atau inginkan dari saya ketika sudah diterima?

pertanyaan setelah wawancara kerja freepik

foto: freepik.com

Pertanyaan ini menunjukkan kamu ingin mengerti apa yang perusahaan inginkan dari para karyawan. Kamu akan mendapatkan gambaran mengenai rencana dan tujuan (goal) perusahaan ke depannya. Nilai plus tersendiri untukmu yang tak ingin mengecewakan perusahaan.