Brilio.net - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) 100 persen sudah mulai berjalan di berbagai daerah. Keputusan pemerintah ini jadi momen anak sekolah melepas kangen setelah sekian lama tidak belajar dan bertemu secara langsung. 

Rasa canggung dan bingung mungkin dirasakan pada awal pertemuan. Sebagian mungkin bahkan ada yang kesulitan untuk mengakrabkan diri dengan teman di sekolah. Wajar, mengingat pembelajaran jarak jauh (PJJ) sudah dilakukan hampir selama dua tahun. 

Biar makin akrab dan nggak canggung lagi, kamu bisa ajak teman sekelas bermain beberapa permainan seru. Nggak cuma seru, permainan sederhana yang bisa dicoba saat jam pelajaran selesai atau waktu istirahat ini bakal mencairkan suasana. 

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak biar momen kebersamaan bareng teman sekolah tetap aman. 

Nah, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/1), yuk simak lima ide permainan seru nan gokil di sekolah yang bisa jadi obat kangen mujarab.

1. Tebak kata.

Chitato_kv ©

foto: shutterstock.com/Impact Photography

Permainan yang sudah tidak asing lagi ini sangat mudah dilakukan. Kamu hanya membutuhkan beberapa potong kertas kosong atau bisa juga menggunakan smartphone. Tuliskan satu kata pada setiap kertas. Kamu bisa memilih kata apa pun, namun usahakan menggunakan kata yang sulit ditebak. 

Selanjutnya, letakkan kertas di dahi dan lawan mainmu bisa mulai memberi petunjuk tentang kata tersebut. Biar makin seru, kamu bisa menambah peraturan seperti tidak boleh menggunakan gerakan tubuh atau mendengarkan lagu dengan earphone saat memberi petunjuk. Selain itu, bisa juga dengan hanya memberi satu kata petunjuk agar permainan lebih sulit. 

Beri hukuman bagi yang kalah, misalnya dengan mencolek bedak tabur pada muka atau jentikan jari. Permainan ini bisa dimainkan dua orang, kamu bisa bergantian dengan teman yang lain agar suasana lebih cair.

2. Jenga.

Chitato_kv ©

foto: shutterstock.com/Montri Thipsorn

Jenga bisa jadi permainan tepat untuk mencairkan suasana tanpa banyak usaha. Dalam permainan ini kamu harus menyusun balok terlebih dahulu. Lalu, secara bergantian dengan teman, harus mengambil salah satu balok untuk dipindahkan ke bagian paling atas. 

Semakin tinggi jenga, maka permainan akan semakin sulit. Kamu harus ekstra hati-hati setiap kali memindahkan balok agar susunan balok tidak hancur berantakan.

3. Truth Or Dare.

Chitato_kv ©

foto: shutterstock.com/Aizzul A Majid

Dalam permainan ini yang kamu butuhkan hanya satu botol untuk diputar dan ajak teman untuk duduk melingkar. Selanjutnya, putar botol dan orang yang terpilih boleh memilih untuk berkata jujur atau melakukan tantangan dari teman lain. Nggak cuma seru, permainan ini juga bakal bikin kamu dan teman sekelas jadi makin dekat karena mengetahui satu sama lain lebih jauh.

4. Sambung lirik lagu.

Chitato_kv ©

foto: shutterstock.com/Tom Wang

Uji wawasan musik lewat permainan sambung lirik lagu. Ajak tiga hingga delapan orang untuk ikut bermain. Kamu bisa mulai bernyanyi satu penggal lirik lagu, lalu teman sebelahmu akan melanjutkannya dengan kata terakhir dari lirik lagu yang kamu nyanyikan.

Selain menyambungkan lirik lagu, permainan ini juga bisa dilakukan dengan menyanyikan lagu yang memiliki satu kata tertentu. Jangan lupa beri hukuman kocak bagi mereka yang kalah biar permainan makin seru dan gokil.

5. Ikut challenge TikTok bareng teman.

Chitato_kv ©

foto: shutterstock.com/Prostock-studio

Daripada cuma sibuk sama HP masing-masing, mending ajak teman untuk seru-seruan bikin video TikTok. Ada banyak challenge seru di TikTok yang bisa kamu lakukan bareng teman-teman sekolah.

Jangan malu tunjukkan ekspresi dan gerakan terkocak biar konten TikTok tersebut bisa masuk "For You Page" (FYP). Nggak cuma makin akrab, ikut challenge TikTok juga bakal mengasah kekompakanmu bareng teman. 

Deretan ide permainan di atas bisa mengakrabkan kembali pertemanan yang sempat renggang akibat pandemi Covid-19. Tapi jangan sampai lengah, pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan permainan-permainan ini. 

Momen kumpul bareng teman sekolah bakal kurang rasanya kalau nggak ada camilan lezat yang menemani. Buat momen ini makin seru sambil ditemenin Chitato MAXX. Camilan hits ini hadir dengan rasa Spicy Mexican Chili yang lebih MAXX Flavornya.

Chitato_kv ©

foto: Instagram/@brilio.net

Chitato MAXX juga punya chips lebih tebal yang bikin makin MAXX Wavy dan Maxx Crunchy. Dengan rasa dan tekstur yang lebih ekstra, Chitato MAXX bakal lebih maxximal saat menemani momen seru bersama teman-teman.

Kembalikan kebersamaan bareng teman lewat permainan seru sambil ditemenin Chitato MAXX. Atau kamu ada ide permainan lainnya? Jangan lupa sharing #ApaMAXXLo bareng Chitato MAXX.

(brl/lak)