Brilio.net - Mendengar kata penjara, orang pasti membayangkan suatu tempat yang tertutup, kumuh, dan penuh dengan narapidana dengan berbagai jenis kasus kejahatan. Di penjara, para napi disuruh kerja keras, diberi makanan ala kadarnya serta harus menjalani rutinitas kegiatan yang membosankan. Seperti itulah kira-kira gambaran penjara yang dibayangkan banyak orang.

Namun jika fungsi penjara adalah untuk merehabilitasi dan bukan untuk menghukum para pelaku kejahatan, mungkin ceritanya akan berbeda. Penjara di Norwegia ini misalnya. Terkenal sebagai negara dengan penjara paling manusiawi sedunia, Norwegia memperlakukan para napi dengan cara yang istimewa.

BACA JUGA: Lagi, berani lihat 25 foto ini? Bikin kamu gemetar & merinding disko!

Para pelaku kejahatan ditempatkan di penjara dengan fasilitas super mewah bak hotel berbintang lima. Tak ada seragam atau pun borgol tahanan. Seperti apa fasilitasnya? Dilansir brilio.net dari storypick, Kamis (24/3), berikut foto-foto kemewahan penjara Norwegia.

Narapidana serasa jadi raja!


1.  Halden Prison merupakan penjara dengan sistem keamanan tingkat tinggi.

foto: dailymail.co.uk


2. Penjara ini menampung nara pidana dengan berbagai kasus, mulai dari pembunuhan, pemerkosaan, hingga kelainan pedofil.

foto: glamox.com


3. Untuk napi baru, mereka belum diizinkan memakai fasilitas bar.

foto: img.timeinc.net


4. Sel penjara dibuat senyaman mungkin seperti rumah sendiri. Karena bagaimana pun juga, setelah masa hukuman selesai, mereka akan kembali ke kehidupan normal.

foto: dailymail.co.uk


5. Mereka juga dilayani dengan fasilitas yang istimewa, seperti TV layar datar, kulkas, komputer, bahkan video games.

foto: static1.squarespace.com
 
 
6. Untuk tiap 12 sel, dilengkapi satu dapur dan satu ruang makan. Mereka juga diperbolehkan memasak sendiri.

foto: learnsomething.tips


7. Disediakan pula fasilitas olahraga, seperti lapangan basket, panjat dinding, lintasan jogging, dan lapangan sepak bola.

foto: time.com


8. Ada studio rekaman juga. Istimewa!

foto: time.com


9. Pengelola penjara juga menawarkan kelas musik dan memasak. Biayanya cuma 7 Euro!

foto: static4.businessinsider.com


10. Disediakan pula ruang tamu untuk kunjungan sanak famili dan ruang tidur khusus untuk kunjungan pasangan (suami/istri).

foto: time.com


GIMANA? PASTI KAMU AKAN NGOMONG DALAM HATI, INI PENJARA APA ISTANA YA?

FOTO-FOTO BERIKUTNYA BISA BIKIN KAMU TAMBAH MELONGO.. NORWEGIA MEMANG LUAR BIASA

JANGAN SAMPAI PENJARA DI INDONESIA KAYAK GINI DEH YA, UPS!

KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




11. Penjara di Norwegia berfungsi sebagai tempat rehabilitasi, bukan hukuman. Para sipir pun bisa bermain bersama para tahanan.

foto: static01.nyt.com


12. Itu sebabnya sistem penjara mereka jadi salah satu yang terbaik di dunia. Hanya sekitar 20% napi yang kembali ke penjara. Sebagai perbandingan, Inggris punya prosentase 45%, sedangkan AS sekitar 76%.

foto: thornews.files.wordpress.com


13. Filosofi mereka sederhana: Jangan ambil apapun dari napi kecuali kebebasannya. Selain itu, pihak penjara menyediakan apapun kebutuhan napi, termasuk fasilitas kesehatan dan kebugaran, hiburan, dan kegemaran para napi asalkan bisa dilakukan di penjara.

foto: publicartnorway.org


14. Hasilnya apa? Para napi nantinya akan sadar bahwa kebebasan itu mahal harganya. Kalau kamu ingin hidupmu bebas, jangan lakukan kejahatan.

foto: img.timeinc.net


15. Dengan begitu, kamu bisa melakukan apapun dan pergi kemana pun sesuka hatimu tanpa harus diawasi orang lain. Itulah makna kebebasan.

foto: designandviolence.moma.org