×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bak negeri dongeng, 4 keturunan raja ini dikenal sederhana & merakyat

View Image

0

BRILIO » Sosok

Bak negeri dongeng, 4 keturunan raja ini dikenal sederhana & merakyat

foto: Instagram/@gkrbendara

Sebagai anak raja, kemewahan bukanlah hal yang sulit mereka dapat.

09 / 09 / 2019 21:01

Brilio.net - Lahir di kalangan bangsawan mungkin jadi satu hal yang paling diinginkan banyak orang. Hidup dipenuhi dengan pamor, kemegahan, semua keinginan bisa terpenuhi, dan setiap hari bisa dilayani oleh pelayan. Sebagai anak raja, kemewahan bukanlah hal yang sulit mereka dapat.

Karenanya, sudah lumrah jika anak raja hidup wah, glamor dan serba ada. Namun hidup menjadi seorang keturunan raja tidaklah mudah. Dia harus bisa mencerminkan seorang anak bangsawan yang bisa dicontoh banyak orang. Harus berwibawa, tegas, baik, dan bijaksana. Sifat itu biasanya diwarisi dari sang ayah maupun ibundanya.

Berbicara mengenai keturunan raja, tidak semuanya  memiliki gaya hidup yang wah dan glamor. Mereka bisa hidup merakyat dan sederhana selayaknya masyarakat biasa.

Nah, siapa sajakah mereka itu, dan bagaimana ulasannya? Yuk langsung simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (9/9).

1. Ki Ageng Suryomentaram.

Loading...

putri raja dikenal sederhana instagram

foto: Instagram/@budidjokja

Ki Ageng Suryomentaram merupakan anak ke-55 Hamengkubuwono VII. Dia lahir di lingkungan keraton Yogyakarta pada 20 Mei 1892. Suryomentaram terlahir dari seorang ibu bernama Raden Ayu Retnomandojo, putri Patih Danureja VI. Ibunya adalah salah satu selir raja kala itu.

Kisah kesederhanaan Suryomentaram berawal saat Suryomentaram meminta izin untuk pergi dan meminta melepaskan gelar pangeran. Namun Hamengkubuwono VII tak mengizinkan.

Meski tak diizinkan, Suryomentaram tetap pergi untuk membaur langsung dengan masyarakat. Selama masa membaur itu, Suryomentaram membantu masyarakat, salah satunya menggali sumur di desa kecil di wilayah sebelah barat Yogyakarta.

Selain itu, Suryomentaram juga melakukan kehidupan sederhana dan jauh dari kata mewah. Suryomentaram pernah menjadi kuli, berjualan batik dan buruh tani.

2. Gusti Kanjeng Ratu Bendoro.

putri raja dikenal sederhana instagram

foto: Instagram/@jogjaistimewa

Putri bungsu Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendoro atau yang sebelumnya memiliki nama GRA Nurastuti Wijareni, dikenal sangat sederhana. Bahkan keberadaannya sempat tak diketahui masyarakat. Sudah beberapa kali GRA Nurastuti Wijareni membaur di masyarakat.

Salah satunya saat GRA Nurastuti Wijareni naik becak menuju ke rumahnya di kawasan keraton Yogyakarta. Keberadaan GKR Bendara, sapaan akrab GRA Nurastuti Wijareni, terekam kamera saat berjalan di jalan Malioboro.

"Sederhana sekali, Puteri Sri Sultan Hamengkubuwono X naik becak, pak becak aja enggak tahu kalau yang naik becak itu anaknya raja," tulis akun @jogjaistimewa.

3. Eleonore von Habsburg.

putri raja dikenal sederhana instagram

foto: Instagram/@eleonorehabsburg

Eleonore von Habsburg terlahir dari keluarga bangsawan. Ibunya, Fransesca von Habsburg-Lothringen memiliki darah seni sejati. Ayahnya, Kalr Von Habsburg merupakan politisi berdarah bangsawan. Eleonore juga seorang cicit terakhir dari Raja Austria, Charless I.

Sebagai keturunan seorang bangsawan, Eleonore memiliki gelar panjang, yaitu Arcduchess of Austria, Royal Princess of Hungary, Bohemia and Croatia. Meski begitu, Eleonore tetap menjalani hidup sederhana. Eleonore memilih sekolah yang biasa untuk menimba ilmu.

Eleonore lebih memilih hidup sederhana seperti yang diajarkan orangtuanya, dan menjadi wanita yang rendah hati.

4. Putri Kako.

putri raja dikenal sederhana instagram

foto: Instagram/@niken_andini12

Putri Kako, anak kedua dari Pangeran Akishino dan Putri Kiko, dari Jepang Februari lalu memicu kehebohan publik. Dia disoroti pers ketika bersiap ikut OSPEK di Universitas Kristen Internasional (ICU) di Ibu Kota Tokyo. Kako adalah adik dari Putri Mako yang tempo hari bikin gaduh juga setelah kuliah diam-diam di Inggris.

Di hari pertama kuliahnya, Putri Kako harus menjalani upacara penerimaan mahasiswa baru. Dia terdaftar di jurusan Seni Liberal setelah berhenti dari Universitas Gakushuin tahun lalu, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Sebagai anak bangsawan Jepang, Putri Kako tampak cantik dan rapi dengan kemeja putih serta setelan jas dan rok hitam serta rambut panjang hitamnya yang digerai bebas.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more