×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tukang cukur langganan pemimpin dunia, dari Obama hingga Jokowi

View Image

0

BRILIO » Sosok

7 Tukang cukur langganan pemimpin dunia, dari Obama hingga Jokowi

foto: Instagram/@barackobama; Instagram/@jokowi

Ada yang menerbangkan tukang cukur dari Inggris dengan pesawat kelas wahid.

13 / 01 / 2019 17:01

Brilio.net - Jika berbicara soal tukang cukur rambut langganan para pemimpin negara, ada suatu hal menarik yang terjadi pada tahun 2017 silam. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menggemparkan warganet dengan tiba-tiba pergi ke barbershop untuk memotong rambutnya yang dirasa sudah panjang.

Jokowi mendatangi sebuah tempat cukur rambut di Bogor ditemani anak bungsunya, Kaesang Pangarep. Saat itu keduanya kompak menggunakan baju berwarna putih, di mana Jokowi mengenakan kemeja dan Kaesang mengenakan kaus.

Kedatangan Jokowi tersebut jelas saja mengejutkan pegawai barbershop. Tiga hingga empat anggota Pasukan Pengamanan Presiden ikut masuk menemani Sang Presiden. Uniknya saat salah seorang tengah memotong rambut Presiden, ia tampak begitu tegang.

Nah, yang dilakukan oleh Jokowi ini terbilang tidak biasa. Pasalnya seorang pemimpin negara biasanya menggunakan jasa tukang cukur pribadi untuk merapikan rambut. Bahkan mereka yang menjadi tukang cukur pribadi pemimpin negara sudah lama melakoni pekerjaan tersebut.

Loading...

Kesan rapi dan menarik yang ada pada seorang pemimpin negara tidak lepas dari keahlian tangan sejumlah tukang cukur kepercayaan. Tak tanggung-tanggung, mereka yang menjadi tukang cukur para pemimpin negara dunia ini diperlakukan khusus layaknya seorang menteri.

Siapa saja mereka yang berperan penting dalam menata rambut pemimpin negara dunia? Berikut ulasannya yang dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (13/1).

1. Herman - Presiden RI ke-7 Joko Widodo.

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: Instagram/@jokowi dan YouTube

Sebelum dihebohkan dengan kedatangan Jokowi ke sebuah barbershop di Bogor, seorang pria asal Bantarjati, Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, bernama Herman sudah lebih dulu menjadi tukang cukur pribadi Presiden Jokowi. Bahkan kabarnya, ia sudah menjadi langganan Jokowi sejak dirinya masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Tak hanya Jokowi saja yang menjadi langganannya, anak bungsu Sang Presiden pun acap kali menggunakan jasa Herman dengan datang langsung ke tempat Herman bekerja, di Shortcut Barberia, Grand Indonesia, jika sedang berada di Jakarta.

2. Agus Wahidin - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: Istimewa; merdeka.com

Agus Wahidin menjadi orang kepercayaan pemimpin negara Indonesia. Tangan kanan Agus tak lepas dari gunting dan di sisi kirinya sebuah sisir untuk merapikan rambut pelanggan yang ia cukur, termasuk pemimpin negara Indonesia ke-6, SBY.

Sebelum menjadi kepercayaan SBY, Agus memiliki cerita yang cukup panjang. Ia telah melewati berbagai persoalan selama menjadi tukang cukur kurang lebih 25 tahun.

Menjadi kepercayaan orang nomor satu di Indonesia bermula saat dirinya memutuskan mengadu nasi ke Ibu Kota. Awalnya Agus hanya menemani temannya yang menjadi tukang cukur di bawah pohon kawasan Pondok Indah. Namun akhirnya ia memutuskan belajar menggunting rambut dan ikut menggeluti pekerjaan tersebut.

Berkat keuletannya itu, kini Agus Wahidin menjadi salah satu tukang cukur profesional di barbershop kelas elit, kawasan Jakarta Pusat. Bahkan ia dipercaya sejumlah politisi untuk merapikan rambut.

3. Yusuf Soebari - Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid.

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: merdeka.com

Abdurrahman Wahid atau lebih kenal dengan Gus Dur berlangganan di sebuah salon kecantikan 'Beauty Salon & Barbershop International' di lantai IV Blok II. Ia kerap mengunjungi salon tersebut untuk merapikan rambut.

Pemilik salon bernama Tarwiyah mengatakan bahwa Gus Dur sudah menjadi pelanggan tetap di salonnya sejak 1991, kurang lebih selama 20 tahun.

Kabarnya yang pertama kali berani menyentuh kepala Sang Presiden adalah Pak Manab, pegawai salon tersebut dan menjadi karyawan paling sepuh. Namun sebelum Gus Dur wafat, almarhum Manab lebih dulu berpulang karena sakit.

Kemudian Manab digantikan Yusuf Soebari. Yusuf lah yang menjadi tukang cukur paling lama Gus Dur. Uniknya, Gus Dur selalu memiliki tempat khusus yang dipilihnya sendiri yakni kursi tengah. Ia juga selalu minta dikeramasi terlebih dahulu sebelum rambutnya dipotong.

Kabarnya pula, Gus Dur sering tertidur saar sedang dicukur. Jika sedang malas datang ke salon tersebut, ia meminta Yusuf atau Tarwiyah untuk datang ke kantor PBNU untuk memangkas rambutnya.

Kini Yusuf Soebari telah tiada, tukang cukur itu sudah meninggal pada Juli 2009 lalu, lima bulan mendahului kepulangan Gus Dur ke pangkuan Yang Maha Kuasa.

4. Zariff - Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama.

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: dailymail.co.uk

Zariff menjadi tukang cukur rambut Barack Obama selama 18 tahun. Ia tak pernah menggantikan posisi Zariff dengan siapa pun. Bahkan ada seorang tukang cukur bernama Tony White bertanya apakah ia boleh mencukur rambut Presiden Obama, Barack Obama tersenyum dan menggeleng. Sembari menjawab, “Aku tak bisa membiarkan kamu mencukur rambutku, karena itu bakal melukai perasaan tukang cukurku,” seperti dikutip dari Washington Examiner.

Saat pertama kali Obama datang ke Hyde Park Hair Salon, tempat Zariff bekerja pada tahun 1998, saat itu Obama masih mengajar di Sekolah Hukum Chicago dan menjadi anggota Senat di Negara Bagian Illinois. Ketika ia pindah ke Washington DC dan menjadi Senator Amerika mewakili Illinois, ia tetap memasrahkan urusan rambutnya kepada Zariff, bahkan saat ia menjabat sebagai petinggi negara.

5. Cristophe Schatteman - Presiden Amerika Serikat ke-42, Bill Clinton.

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: Twitter/@BillClinton; reviewjournal.com

Di balik gaya rambut klimis dan rapi ala Bill Clinton, ada seorang profesional yang menjadi kepercayaan, yakni Cristophe Schatteman. Bahkan gaya rambut Bill Clinton diberi nama Hairgate.

Cristophe Schatteman merupakan seorang tukar cukur rambut terkenal. Tak hanya menjadi langganan tetap atau orang kepercayaan untuk menata rambut Presiden Amerika Sebelum ke-42, Bill Clinton saja, ia juga mendapat kepercayaan dari sederet bintang Bollywood seperti Brad Pitt, Nicole Kidman, Mick Jagger, dan Bruce Springsteen.

6. Olivier B - Presiden Prancis, Francois Hollande.

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: bfmtv.com

Mengenai tukang cukur Presiden Prancis, Francois Hollande, ada yang menarik dan menyita perhatian publik. Kabarnya, Hollande menggaji seorang penata rambut yang selalu siaga mengatur tata rambutnya sepanjang hari. Ia membayar penata rambut pribadinya yang dikenal dengan nama Olivier B sebesar 9.985 Euro atau setara Rp 144 juta sebulan.

Kabar mahalnya bayaran penata rambut presiden sebelum Emmanuel Macron ini tak henti-hentinya menjadi perbincangan publik. Dengan gaya rambut yang itu-itu saja, bahkan warganet meminta Sang Presiden untuk mengganti gaya rambutnya.

7. Ken Modestou - Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Tukang cukur langganan pemimpin dunia istimewa

foto: express.co.uk

Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah mempercayai seseorang menjadi tukang cukur pribadinya, yakni bernama Ken Modestou dari salon Dorchester Hotel, London, Inggris. Kerennya, Sang Sultan menerbangkan secara khusus Ken Modestou dengan penerbangan kelas satu sejauh 7.000 mil ke istananya.

Ken Modestou sudah menjadi penata rambut favorit Yang Mulia Sultan selama 16 tahun. Secara keseluruhan, Sultan yang merupakan salah seorang tokoh terkaya di dunia ini pun rela membayar £11,000 atau sekitar Rp 180 juta demi mendatangkan Ken Modestou ke istananya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more