Brilio.net - Pemerintah telah merilis logo peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 . Kementerian Sekretariat Negara (Mensetneg) Republik Indonesia juga telah menyampaikan surat edaran yang berisi mengenai logo HUT RI ke-71 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Selain surat imbauan untuk bisa mensosialisasikan logo tersebut, masyarakat juga bisa mengunduhnya secara gratis dalam situs Sekretariat Negara.

Logo HUT RI ke-71 tersebut merupakan hasil desain karya Adityayoga (36). Awalnya ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) diminta oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk membuat desain logo HUT RI ke-71 . Aditya yang jadi salah satu anggota ADGI juga ikut mengajukan karyanya. kala itu, Bekraf tak banyak mengajukan syarat soal logo yang akan dibuat. Hanya saja mewanti-wanti untuk menambahkan tagline 'Indonesia Kerja Nyata'.

Desain yang terlihat lebih simpel ini telah disetujui istana kepresidenan untuk menjadi logo resmi HUT ke-71 Republik Indonesia (RI). Logo karya pria yang akrab disapa Aditya ini masih didominasi warna merah dan putih.

Jika diperhatikan, tak ada hiasan bendera seperti logo HUT RI ke-60 dimana tiap tahun jumlah benderanya bertambah satu. Selain itu, tak terlihat angka yang dihias mirip bulu burung Garuda seperti logo tahun lalu. Ya, logo versi terbaru ini bentuknya lebih tegas dan sederhana.

Loading...

 

Nah, KLIK NEXT untuk mengetahui komentar Kepala Bekraf Triawan Munaf.

2 dari 2 halaman

 

Namun terpilihnya desain karya Aditya rupanya menuai komentar dari masyarakat. Tak terkecuali netizen di media sosial Facebook yang ramai menilai logo HUT RI ke-71 mirip dengan logo Ulang Tahun ke-71 Divisi Infanteri Amerika Serikat saat Perang Dunia ke-2.

"Nelangsa! seniman Indonesia, inikah asil kerjamu? Logo 71 RI itu sudah RESMI dijadikan logo untuk upacara negara. Ter…la…lu!," tulisnya akun Facebook Djoko Lelono dalam foto yang diunggahnya dikutip brilio.net, Rabu (20/7).

Foto tersebut langsung mendapatkan respons yang beragam dari netizen. Tak terkecuali komentar dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

"Mbah Djoklel, saya tidak mau membela diri. Karena desain ini dibuat oleh kawan-kawan dari ADGI, yang saya yakin tidak bermaksud meniru. Desain seperti apapun pasti satu waktu bisa ada kemiripan dengan desain yang pernah ada. Apalagi kalau berdasarkan angka, binatang dan benda-benda tertentu lainnya," kata Triawan Munaf.

"Semoga tidak terulang lagi. Ada kemungkinan panitia tidak sempat searching dari berbagai sumber. Saya yakin Creative Person kita banyak yang hebat," sahut Dewi Hoesien mengomentari komentar Triawan Munaf.

"Saya juga desainer. Dan gemar sekali membuat logo. Sampai sekarang nggak satu pun logo saya yang original. Pasti terinspirasi brief-nya. Maka saya mengajak forum ini untuk mereka ulang desain ini: sebagai desainer. Apa mungkin riset puluhan tahun bersama Google akan menghasilkan karya yang asli? Merah dan putih Indonesia sekalipun hanya merobek bagian biru dari Belanda. Hehehehe...," komentar seorang netizen, Diki Satya.

Nah, kalau menurutmu gimana nih dengan logo terbaru HUT RI ke-71 ini?