Brilio.net - Tungku smelter di PT ITSS yang berada di kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dilaporkan meledak. Peristiwa meledaknya tungku smelter terjadi pada Minggu (24/12) sekitar pukul 06.15 WITA di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Brilio.net melansir Antara, Senin (25/12), peristiwa ini bermula saat para karyawan PT ITSS akan melakukan perbaikan dan pemasangan pelat pada tungku smelter tersebut. Lalu tiba-tiba terjadi ledakan dan membuat beberapa tabung oksigen di dekatnya ikut meledak.

"Kronologi peristiwa ini terjadi pukul 06:15 Wita. Tungku feronikel nomor 41 masih ditutup karena sedang proses pemeliharaan. Saat sedang proses perbaikan, terdapat sisa slag dalam tungku yang keluar lalu bersentuhan dengan barang-barang yang mudah terbakar di lokasi tersebut," kata Dedy Kurniawan, selaku Humas PT IMIP, dikutip dari Antara.

Sampai saat ini proses identifikasi dan penelusuran penyebab kejadian ledakan tungku smelter PT ITSS masih berjalan.

tungku pt itss meledak © berbagai sumber

foto: X/@projomorowali

"Personel Polsek Bahodopi datang ke tempat kejadian perkara guna mengetahui situasi dan kondisi pascaledakan terjadi," kata Humas Polres Morowali Ipda Abdul Hamid, melansir dari Antara.