Brilio.net - Di balik layar dunia film, ada risiko yang harus siap dihadapi oleh semua elemen produksi. Mulai dari para pemain, kru, hingga teknisi di lokasi syuting. Risiko tersebut bahkan bisa sampai membuat mereka meninggal dunia.

Baru-baru ini, Halyna Hutchins direktur fotografi film Rust tertembak oleh Alec Baldwin dengan pistol yang dikiranya pistol palsu. Ia meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit.

Insiden yang mengakibatkan kru film meninggal dunia bukan pertama kali terjadi dalam industri Hollywood. Insiden tersebut terjadi saat para pemain maupun kru film menantang maut dan bahkan melakukan aksi berbahaya tanpa pengaman yang memadai.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (27/10), berikut 9 tragedi di balik layar film Hollywood yang sampai membuat korbannya meninggal dunia.

1. Halyna Hutchins, direktur fotografi film Rust tewas setelah Alec Baldwin tak sengaja menembaknya.

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: Jim Weber/The New Mexican

Penggunaan senjata api sebagai properti film menuai korbannya kembali. Baru-baru ini, pada 21 Oktober 2021 lalu, Halyna Hutchins direktur fotografi film Rust meninggal dunia setelah Alec Baldwin tak sengaja menembaknya. Peristiwa tersebut tidak hanya membuat para korban trauma dan stres, Alec Baldwin pun tak tahu bahwa senjata api yang ia gunakan membuat koleganya meninggal dunia. Karena kasus tersebut, proses film ini pun dihentikan untuk sementara waktu dan menyerahkan semuanya kepada polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.

2. Michael Davidson meninggal dunia setelah kebakaran di lokasi syuting film Motherless Brooklyn (2019).

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: imdb.com

Seorang petugas pemadam kebakaran bernama Michael Davidson meninggal dunia saat memadam api yang menyala saat syuting Motherless Brooklyn (2019) di Manhattan. Kebakaran tersebut dilaporkan terjadi saat jam 11 malam di ruang bawah tanah tempat para kru melakukan proses syuting film yang bersetting tahun 1950-an di New York yang dibintangi oleh Edward Norton dan Bruce Willis.

3. stuntwoman Joi "SJ" Harris meninggal dunia setelah motornya menabrak jendela kaca di film Deadpool 2 (2018)

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: Instagram/sj24_sidewayz

stuntwoman Joi "SJ" Harris meninggal dunia di lokasi syuting setelah motor yang dikendarainya menabrak jendela kaca. Saat itu, ia sedang menggantikan karakter Domino yang diperankan oleh Zazie Beetz. Ketika kejadian tersebut, mantan pembalap tersebut kehilangan kendali motor yang dikendarainya dan menabrak kaca di Shaw Tower, yang berlokasi di Vancouver, Kanada. Kecelakaan tersebut diperparah karena Harris tidak menggunakan helm dan membuat kepalanya cedera parah.

4. Anggota kru tewas saat syuting film Resident Evil: The Final Chapter (2017).

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: imdb.com

Sebuah insiden saat proses syuting film Resident Evil: The Final Chapter pada 2017 berbuah kematian salah satu kru film. Saat itu, Ricardo Cornelius, salah satu kru film tersebut ditabrak mobil tanpa pengaman di lokasi syuting. Cornelius langsung dibawa ke rumah sakit, tetapi tak bisa tertolong sebab luka yang terlalu parah. Selain itu, Jovovich Olivia juga mengalami kecelakaan dan kehilangan tangan kirinya setelah melakukan adegan di atas sepeda motor.

5. Stuntman meninggal dunia setelah kecelakaan saat syuting The Walking Dead (2017).

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: imdb.com

Stuntman John Bernecker mengalami cedera kepala setelah jatuh lebih dari 20 kaki dari balkon ke lantai beton saat syuting film The Walking Dead (2017). Kecelakaan tersebut membuatnya harus segera dibawa ke rumah sakit. Namun, setelah dilakukan pertolongan cepat, Bernecker meninggal dunia sehari setelah kecelakaan tersebut.

6. Asisten kamera tertabrak kereta saat syuting film Midnight Rider: The Gregg Allman Story (2014)

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: YouTube/Variety

Midnight Rider: The Gregg Allman Story (2014) sampai hari ini belum dilanjutkan kembali setelah insiden tertabrak kereta barang yang menewaskan asisten kamera kedua Sarah Jones. Kejadian tersebut juga membuat beberapa anggota lain terluka. Peristiwa ini terjadi pada 20 Februari 2014 ketika mereka mencoba untuk menembak adegan dengan ranjang rumah sakit di trestle kereta api aktif di lokasi di luar Savannah, Georgia. Perusahaan kereta api yang bertanggung jawab atas rel tersebut mengklaim bahwa kru produksi tidak memiliki izin untuk syuting di sana. Akibat peristiwa tersebut, gerakan Safety for Sarah digelar untuk mengkampanyekan dan menuntut peningkatan keamanan dalam produksi film di masa depan.

7. Seorang kru film G.I. Joe: Retaliation (2013) saat membereskan peralatan.

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: imdb.com

Paramount Pictures membenarkan bahwa salah satu kru film G.I. Joe: Retaliation (2013) meninggal dunia saat membongkar satu set peralatan di New Orleans, Louisiana. Tidak diketahui pasti apa penyebab utama dari kecelakaan tersebut. Korban meninggal dunia setelah mengalami luka yang cukup fatal di bagian kepala dan beberapa bagian tubuhnya.

8. Seorang stuntman meninggal dunia saat syuting film The Expendables 2 (2012)

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: imdb.com

Saat syuting film The Expendables 2 (2012) berlangsung di Elin Pelin, Bulgaria, seorang stuntman tewas dan satu lagi dibiarkan dalam kondisi kritis selama ledakan di atas perahu karet. Stuntman yang selamat menjalani operasi selama lima jam yang dilaporkan membuatnya dalam kondisi stabil. Selain itu, baik Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger memerlukan operasi bahu setelah syuting film tersebut.

9. Brandon Lee meninggal dunia tertembak di lokasi syuting film The Crow pada 1994.

9 tragedi di balik layar film Hollywood berbagai sumber

foto: Instagram/brandonleebrasil

Brandon Lee yang saat itu masih berusia 28 tahun harus kehilangan nyawanya setelah sebuah peluru menembak perutnya saat syuting film The Crow (1994). Hal ini terjadi karena amunisi palsu tersebut hanya dikosongkan mesiunya, tetapi masih menyisakan proyektil peluru. Hal inilah yang kemudian memicu ledakan kecil dan mendorong peluru keluar dari senapan. Karena peristiwa tersebut, Brandon Lee yang tak lain adalah anak dari Bruce Lee tersebut segera dilarikan ke rumah sakit, walau akhirnya tidak tertolong lagi.