Brilio.net - Suasana meriah terlihat di Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 3, RT015/RW002, Kelurahan Wijaya Kesuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Rabu (14/2). Betapa tidak, tempat penampungan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu kini dijadikan tempat pemungutan suara (TPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta dalam perayaan Pemilu 2024.

Tercatat ada sekitar 250 warga binaan yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. Dengan menggunakan kaos seragam yang telah ditentukan oleh petugas panti, ratusan warga binaan tersebut tertib menunggu panggilan untuk masuk ke bilik suara. 

“Sebelumnya 245, tapi ada penambahan jumlah pemilih sebanyak 36 orang karena setelah ditelusuri lagi masih ada warga binaan yang layak untuk memberikan hak suaranya,” kata Kasubag Tata Usaha Asta Devin Loriana di Jakarta, Rabu.

Ratusan pemilih dengan status ODGJ tersebut memilih di 3 TPS, yakni TPS 20, 21, 22 yang terletak di dalam lingkungan panti dan juga dipergunakan oleh petugas panti serta masyarakat sekitar.