Brilio.net - Pesta demokrasi di Indonesia mencapai puncaknya pada hari ini, Rabu (14/2). Ini merupakan tahun terakhir Presiden petahana Joko Widodo, ia tak bisa mencalonkan diri kembali karena sudah menjabat dua periode.

Ramai-ramai media asing pun turut menyoroti pesta demokrasi lima tahunan Indonesia dengan menjadikan Pemilu RI 2024 sebagai tajuk utama pemberitaan pada hari Rabu. Mulai dari media Eropa, Timur Tengah, China, hingga Amerika Serikat (AS).

Media asal Inggris British Broadcasting Corporation (BBC) menyampaikan bahwa Pemilu Indonesia akan diikuti oleh 200 juta penduduk, yang berada di 17 ribu pulau Indonesia. Mereka akan menggunakan hak suara untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan anggota badan legislatif daerah di tingkat provinsi dan kota/kabupaten.

BBC bahkan secara khusus mewartakan topik Pemilu Presiden secara langsung (real time) mulai tentang Pemilu yang berlangsung di Papua dan banjir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jawa Tengah. Kemudian pemberitaan saat Capres Anies Baswedan, Capres Ganjar Pranowo, dan Capres Prabowo Subianto, hingga Presiden Joko Widodo yang menyalurkan suara di TPS.

Pemilu Indonesia 2024 jadi sorotan dunia © berbagai sumber

foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham

Masih dari Inggris, surat kabar kenamaan The Guardian turut menyajikan fakta mengenai Pemilu di Indonesia.