Brilio.net - Di Swiss, salah satu negara terkaya dunia, perencanaan keuangan dimulai sejak kecil. Salah satu lembaga keuangan di sana, Bank Credit Suisse, mengeluarkan celengan digital bernama Viva Kids yang membuat anak-anak usia di bawah 12 tahun membuat target tabungan, mengecek saldo dan cara membayar.

"Pendidikan finansial pada anak adalah hal penting di Swiss," kata Credit Suisse mengutip studi terbaru yang menunjukkan 90 persen orang tua di sana ingin anaknya belajar cara mengelola uang seperti dilansir AFP, Kamis (31/8).

Studi oleh firma riset amPuls untuk Credit Suisse itu juga menemukan bahwa sebagian besar anak Swiss tak hanya menerima uang saku, tapi juga tidak menghamburkannya.

Masih menurut riset, orangtua Swiss ditanya bagaimana cara mengajari anak soal uang ketika alat pembayaran itu semakin banyak dipakai dalam bentuk digital, bukan koin dan kertas yang bisa disimpan di celengan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Celengan ini menawarkan berbagai pilihan untuk mengajari anak cara sederhana bagaimana cara kerja uang tunai dan uang digital dan cara menggunakannya," kata Credit Suisse.

(brl/fen)

(brl/fen)