Brilio.net - Setiap orang tua selalu menginginkan buah hatinya menempuh pendidikan setinggi mungkin. Namun bukan perkara gampang dalam memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan si anak. Karena itu, orang tua mesti mencari informasi sebanyak mungkin sekolah yang akan dipilih.

Nah saat si anak beranjak remaja, ia harus mulai diberikan arahan dan informasi mengenai perguruan tinggi yang terbaik untuk mereka. Pendekatan ini sudah harus dilakukan kepada anak saat mereka menginjak Kelas 9 (Kelas 3 SMP) atau Kelas 10 (Kelas 1 SMA). Jangan menunggu saat mereka berada di Kelas 3 SMA.

Sekolah internasional tertua di Bali © 2021 brilio.net

Karena itu para orang tua harus jeli saat memilih sekolah yang dapat mengembangkan bakat dan minat sang buah hati. Saat ini banyak sekolah yang mengajarkan para siswanya untuk berpikir kreatif, kritis, dan mampu menyelesaikan masalah (problem solving).   

Salah satunya Bali Island School (dulu bernama Bali International School). Sekolah internasional yang berbasis di Sanur ini menjalankan program pendidikan kelas internasional sejak kelompok bermain hingga Kelas 12 ini tanpa melupakan kurikulum dan budaya Indonesia.

Loading...

Nah bagaimana sekolah ini melibatkan dan memberdayakan pelajar agar berpikiran global dan percaya diri untuk mencapai potensi terbaik mereka? Berikut faktanya.  

1. Sekolah internasional tertua di Bali

Sekolah internasional tertua di Bali © 2021 brilio.net

Sekolah yang memiliki sekitar 200 siswa ini adalah sekolah internasional tertua yang berbasis di Pulau Dewata. Selain itu, BIS adalah sekolah pertama di Bali yang menawarkan Program Diploma (DP) dari International Baccalaureate (IB). Sekolah ini juga diberi wewenang penuh oleh IB untuk menjalankan kurikulum Primary Years Programme, Middle Years Programme dan Program Diploma dari Kelompok Bermain hingga Kelas 12 (3 SMA).

“BIS juga merupakan anggota Dewan Sekolah Internasional dan Asosiasi Sekolah dan Kolese Barat yang terakreditasi, nirlaba, sekolah persiapan untuk perguruan tinggi, dan beroperasi berdasarkan hukum Indonesia,” ujar Elfira Nadya, Marketing Manager BIS dalam keterangan resmi yang diterima Brilio.net, Sabtu (23/1/2021).

2. Lulusan yang berkualitas

Sekolah internasional tertua di Bali © 2021 brilio.net

Selama ini para siswa yang mengikuti program ini terbukti secara konsisten mencapai hasil di atas rata-rata dunia dalam pencapaian IB DP. Selama ini siswa IB kerap menghadiri universitas dalam persentase yang lebih tinggi dan diterima di universitas selektif rekan non-IB.

“Melalui program ini kami mempersiapkan generasi penerus untuk mengembangkan perspektif global, berpikiran internasional, kemampuan berpikir kritis tentang masalah saat ini dan mengembangkan solusi,” lanjut Elfira.  

3. Pola belajar inklusif, aktif, kreatif, dan saling menghormati

Sekolah internasional tertua di Bali © 2021 brilio.net

Selain itu lulusan BIS umumnya menjadi individu yang berpikiran terbuka, perhatian, dan berprinsip. Mereka berpengetahuan luas dan belajar seumur hidup melalui konsep inkuiri. Siswa BIS menjalani kehidupan yang seimbang, bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka dan terhubung dengan komunitas mereka melalui kreativitas.

Keberhasilan Program IB secara langsung disebabkan hubungan dan kerjasama yang baik antara tim akademik BIS dengan setiap siswa. Selama ini BIS menjalankan misi untuk menciptakan komunitas belajar yang inklusif, aktif, kreatif, dan saling menghormati.

4. Acara tahunan program diploma

Sekolah internasional tertua di Bali © 2021 brilio.net

Sekolah ini akan menggelar pameran pendidikan bertajuk BIS IBDP Expo. Acara tahunan ini rencananya bakal digelar pada 27 Februari 2021. Pameran ini didedikasikan untuk siswa Kelas 9 dan 10 serta orang tua mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Program IB Diploma dan manfaatnya untuk memasuki universitas.

Begini proses pembelajaran jarak jauh di BIS selama pandemi Covid-19