×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 4 tips ampuh kembangkan bakat anak hingga bisa berprestasi

View Image

0

BRILIO » Orangtua

Ini 4 tips ampuh kembangkan bakat anak hingga bisa berprestasi

Perkembangan bakat dan minat anak sangat dipengaruhi oleh motivasi, kepribadian, dan lingkungannya.

04 / 10 / 2018 22:00

Brilio.net - Banyak anak muda yang merasa tidak memiliki bakat. Padahal sebenarnya mereka memiliki bakat namun tidak terlihat. Alhasil, ketika melanjutkan pendidikan mereka tidak semangat karena merasa bukan di bidangnya.

Untuk melihat dan mengasah bakat, peran orangtua sangat penting. Bila orangtua sudah mengetahui bakat anak, maka giliran cara mengembangkan bakatnya. Karena perkembangan bakat dan minat anak sangat dipengaruhi oleh motivasi, kepribadian, dan lingkungannya.

Salah langkah dalam mengawal tumbuh kembang anak bisa mematikan bakatnya, lho. Berikut 4 cara ampuh mengembangkan bakat anak hingga berprestasii seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/10).

1. Biarkan dia melakukan apapun yang disukai.

Biarkan anak melakukan sesuatu yang disukainya, asalkan positif. Dengan begitu, orangtua juga memberi kesempatan anak untuk mengenali dirinya sendiri, mengenali apa yang disukai dan tidak disukai.

Loading...

2. Berikan fasilitas yang sesuai.

Berikan fasilitas sesuai dengan minat dan bakatnya. Kalau dia suka main musik berikan alat musik. Kalau sukanya main corat-coret berikan kertas dan tempat khusus untuk menuntaskan hasrat coret-mencoret. Begitu juga jika minatnya main bola, berikan dia bola.

3. Ajak ke tempat yang terkait.

Cara mengembangkan bakat anak selanjutnya adalah dengan membawanya berkunjung ke berbagai tempat yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Misal si anak suka cerita, maka perlu dikenalkan dengan museum dan perpustakaan. Jika ia suka olahraga, maka perlu diajak jalan-jalan ke gedung olahraga atau fasilitas olahraga yang menarik.

4. Ajak mengikuti kompetisi.

Ketika anak sudah mengetahui bakat yang dimiliki, orangtua harus mengarahkan kemampuan si anak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang mampu mengasah kemampuannya. Biasanya, bila sang anak suka dengan hal yang disukai, mereka akan terus melakukan hal tersebut.

Namun bila hanya dibiarkan begitu saja dan tidak diasah, kita tidak pernah tahu seberapa besar kemampuan anak di bidang yang disukai.

Oleh sebab itu, mengikuti kompetisi diperlukan. Apalagi saat ini akan berlangsung acara Erlangga Talent Week 2018. Acara yang diselenggarakan pada 25 hingga 27 Oktober 2018 ini merupakan ajang pencarian bakat untuk membantu generasi muda lebih kreatif dalam mengembangkan bakatnya.

"Melalui kompetisi ini diharapkan anak-anak berbakat semakin percaya diri menampilkan bakatnya, makin yakin dan makin dapat menunjukkan yang terbaik dari bakatnya tersebut," ujar Brand Development Manager Esensi Penerbit Erlangga, Fikri Somyadewi di Jakarta baru-baru ini.

Erlangga Talent Week 2018 akan dibuka oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Badan Ekonomi Kreatif. Event ini akan menampilkan lomba speech contest, talent show, story telling, seminar, demonstrasi seni dan sains, serta talkshow bersama pakar dan selebriti. Para bintang tamu seperti Stars & Rabbit, Payung Teduh, dan Teddy Aditya juga ikut memeriahkan acara ini.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more