Brilio.net - Kehebatan Luis Suarez sebagai seorang striker papan atas sudah tak perlu diragukan lagi. Namun di luar itu, Suarez bukan tanpa cela. Kontroversi demi kontroversi mewarnai perjalanan karir pemain 29 tahun ini.

Mulai dari kasus rasisme hingga kekerasan fisik bahkan menggigit lawan berkali-kali membuatnya selalu terkena hukuman. Nggak heran banyak penikmat sepakbola Indonesia menjulukinya sebagai "Luis Sugigi!"

Lalu kasus apa saja sih yang pernah menimpa Suarez? Seperti yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/4).

1. Menggigit bahu Otman Bakkal.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: reddit.com

Saat Suarez masih memperkuat Ajax dan bertanding melawan PSV Eindhoven, dirinya terlibat cekcok dengan Otman Bakkal. Tidak hanya adul mulut saja, namun Suarez hingga menggigit bahu Bakkal. Bahkan salah satu Koran terbesar di Belanda, De Telegraaf memberi julukan kepada Suarez sebagai 'Cannibal of Ajax'.


2. Jadi kiper dadakan di Piala Dunia 2010.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: dailymail.co.uk

Aksi nakal Suarez tak hanya dilakukan di level klub, namun juga timnas Uruguay. Kejadian ini berlangsung di babak perempat final Piala Dunia 2010, saat Uruguay menghadapi Ghana. Saat Dominic Adiyiah hendak membobol Uruguay, Suarez menyelamatkannya dengan tangan bak kiper! Suarez pun mendapat kartu merah akibat tindakannya tersebut.

3. Dicekal oleh klubnya sendiri saat di Ajax.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: lasexta.com

Karier Suarez di Ajax pun kembali menuai kontroversi. Saat dirinya berseteru dengan Albert Luque yang tak lain tak bukan adalah rekan satu timnya sendiri di ruang ganti. Akibatnya Suarez dicekal oleh Ajax, tidak boleh bermain melawan Feyenoord.

4. Kasus rasisme dengan Patrice Evra.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: telegraph.co.uk

Pada Oktober 2011, Suarez dituduh melakukan tindakan rasialistis kepada bek Manchester United, Patrice Evra. Selain hukuman delapan laga, ia juga didenda 40 ribu Pound. Sikapnya tersebut ditunjukkannya kembali jelang laga MU kontra Liverpool saat Suarez tak membalas ajakan jabatan tangan Evra.

5. Menggigit Branislav Ivanovic.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: mirror.co.uk

Tak puas hanya menggigit Bakkal, Suarez kembali memperlihatkan giginya saat Liverpool bertemu Chelsea. Dirinya menggigit lengan Branislav Ivanovic. Tindakannya tersebut membuat Suarez akhirnya diganjar dengan larangan bertanding 10 laga dan denda yang diperkirakan mencapai USD 300.000.

6. Mengacungkan jari tengah ke suporter Fulham.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: whoateallthepies.tv

Saat Liverpool melawan Fulham F.C. di Craven Cottage, Suarez melakukan aksi menghina para suporter Fulham dengan mengacungkan jari tengahnya. Menurut Suarez, dia melakukan hal tersebut karena kesal diejek oleh para suporter Fulham yang mengatakan bahwa dia adalah pemain doyan diving. Suarez pun akhirnya diganjar denda sebesar USD 20.000 oleh FIFA, atau sekitar Rp 387,8 juta.

7. Menginjak punggung Tomas Hubocan.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: dailymail.co.uk

Suarez kembali membuat ulah saat Liverpool melawan Zenit di Piala Eropa. Pada menit 89, Suarez tertangkap kamera menginjak punggung bek Zenit, Tomas Hubocan. Ketika itu Hubocan yang berusaha menghalau bola jatuh di kotak penalti Liverpool dan Suarez masih berusaha mengejar bola dan menginjak punggung Hubocan.

8. Mencetak gol dengan tangan.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: telegraph.co.uk

Setelah aksinya menghalau bola dengan tangan, Suarez kembali muncul dengan gol kontroversialnya yang dirasa handball saat putaran ketiga Piala FA melawan Mansfield.

9. Menonjok wajah Gonzalo Jara.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: thesun.co.uk

Aksi ini dilakukan Suarez saat membela Uruguay menghadapi Chile pada laga pra-Piala Dunia 2014. Ketika Gonzalo Jara dan Suarez sedang sama-sama mengambil posisi menghadapi tendangan bebas di menit ke-34, tiba-tiba Suarez menonjok Jara tepat di wajah. Akibat perbuatannya ini, Suarez harus rela melewatkan pertandingan Uruguay berikutnya melawan Venezuela

10. Kembali kasus menggigit, kali ini Chiellini korbannya.

luis sugigi  © 2016 brilio.net foto: telegraph.co.uk

Tak kapok dengan dua kasus sebelumnya, ternyata Suarez masih mengandalkan gigi untuk menjatuhkan lawan. Kali ini dirinya menggigit bahu Giorgio Chiellini saat Uruguay melawan Italia di Piala Dunia 2014. Akibatnya Suarez diganjar FIFA larangan melakukan semua aktivitas sepak bola selama empat bulan termasuk aktivitas pelatihan dan kehadirannya di stadion.

Meski kariernya diwarnai kontroversi, Suarez mampu menjaga reputasinya sebagai salah satu penyerang paling berbahaya. Bahkan saat ini menjadi striker andalan Barcelona bersama Neymar dan Lionel Messi.