Brilio.net - Menyikat gigi saja nggak cukup untuk menghilangkan karang gigi, kecuali kamu rela mengeluarkan biaya mahal untuk pergi ke dokter. Menurut para ahli, jika kamu merawat gigi sekalipun, bakteri masih bisa berkembang di mulut. Bakteri bercampur dengan protein dan produk sampingan makanan bisa membentuk plak gigi. Plak yang sudah lama dibiarkan menumpuk pun pada akhirnya akan menjadi karang gigi.

Untungnya, ada beberapa cara lebih murah dan mudah menghilangkan karang gigi yang bisa kamu praktikkan sekarang di rumah sebelum mengarah ke kerusakan enamel gigi dan gigi berlubang.

Jadi, berikut ini adalah beberapa cara paling sederhana dengan bahan-bahan alami untuk menghilangkan plak gigi tanpa kamu harus pergi ke dokter, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Minggu (20/9). Take a look!

1. Cengkeh

Tak perlu ke dokter, 5 cara tradisional ini ampuh bersihkan plak gigi

Loading...

Hancurkan 3-4 biji cengkeh hingga halus dan berbentuk serbuk. Tambahkan satu sendok makan jus lemon bubuk, campur berbentuk pasta. Dengan bantuan sikat gigi, gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan karang gigi secara alami dengan cepat.

2. Stroberi

Tak perlu ke dokter, 5 cara tradisional ini ampuh bersihkan plak gigi

Stroberi adalah bahan alami terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan gigi. Caranya mudah, kamu hanya perlu memijat gusi dan gigi dengan potongan stroberi segar. Setelah selesai, jangan lupa untuk berkumur dengan air hangat.

3. Buah delima

Tak perlu ke dokter, 5 cara tradisional ini ampuh bersihkan plak gigi

Siapkan buah delima lalu tumbuk bijinya hingga benar-benar halus dan berbentuk bubuk. Tambahkan sejumput garam hitam ke dalam bubuk bersama dengan dua tetes air. Gunakan campuran berbentuk pasta ini untuk menyikat gigi dua kali dalam sehari. Ini akan membantu untuk menghilangkan plak secara alami tanpa perlu bantuan dokter gigi.

4. Baking soda (soda kue)

Tak perlu ke dokter, 5 cara tradisional ini ampuh bersihkan plak gigi

Baking soda adalah salah satu bahan tertua dari dapur yang digunakan untuk menyingkirkan plak. Yang harus kamu lakukan adalah meneteskan sedikit baking soda ke sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air, kemudian lakukan sikat gigi seperti biasanya. Selain itu kamu juga bisa menambahkan garam laut alami secukupnya dicampurkan dengan baking soda untuk menambah kemampuan ekstra dalam menghilangkan karang gigi.

5. Apel

Tak perlu ke dokter, 5 cara tradisional ini ampuh bersihkan plak gigi

Mengonsumsi apel merupakan cara alami membersihkan karang gigi yang menyenangkan, karena hampir semua orang pasti menyukai buah apel. Selain baik untuk kesehatan karena kandungan vitamin nya, buah apel juga bisa membantu membersihkan karang gigi, membantu untuk memperkuat gusi dan mencegah gusi berdarah. Kamu hanya perlu rutin memakan buah apel dengan menggigitnya secara langsung atau tidak dipotong terlebih dahulu.

Lakukan tips cara alami menghilangkan karang gigi di atas secara rutin disertai dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan dengan baik supaya kamu bisa segera menghilangkan karang gigi sebelum kerusakan gigi makin parah. Selamat mencoba!