Brilio.net - Kalau disuruh memilih, kamu pilih sakit gigi atau sakit hati? Bagi orang yang pernah mengalaminya, sakit gigi memang terasa menyakitkan, bikin emosi, dan akan menghambat aktivitas sehari-hari. Ya nggak?

Sebelum semuanya terlambat, pastikan kebersihan gigimu selalu terjaga, yaitu dengan menggosok gigi secara teratur dan menghindari makanan yang serba manis. Namun, apabila kamu terlanjur sakit gigi, sebaiknya segera diatasi. Obat ciptaan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berikut ini bisa kamu coba.

Adalah Bina Rizka Maulida, Risa Widya Iswara, Novaria, Rika Ayu Putri Virawati, dan Veri Anggara Saputri berhasil mengembangkan obat sakit gigi yang terbuat dari limbah cangkang telur bebek. Lima mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi (FKH) itu menemukan bahwa membran pada cangkang telur bebek ternyata mengandung zat aktif yang berguna untuk meredakan peradangan.

Selain itu, cangkang telur bebek selama ini memang hanya dianggap sebagai limbah yang tidak memiliki nilai jual. Melihat potensi manfaat yang terkandung di dalamnya, kelima mahasiswi itu pun mengubahnya menjadi obat sakit gigi yang alami dan tanpa menimbulkan efek samping.

Menurut Rizka, angka penderita sakit gigi karena peradangan (reversible pulpitis) di Indonesia sangat tinggi. Data tahun 2010 menunjukkan penyakit pulpa menempati peringkat ketujuh dari sepuluh penyakit dengan pasien rawat jalan terbanyak di Indonesia.

"Karena itu kami tergerak untuk menemukan bahan alami sebagai obat untuk peradangan gigi tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya," kata Rizka saat berbincang dengan brilio.net, Senin (15/6).

Kamu sakit gigi? Coba sembuhkan dengan obat dari cangkang telur ini

Proses pembuatannya yaitu dengan memisahkan cangkang dengan membrannya. Membran tersebut kemudian dibuat ekstrak dengan pelarut etanol 70%. Melalui proses ekstraksi itulah diperoleh 2,9 ml ekstrak membran dari 290 gram membran telur.

Sementara itu, cara pengaplikasian obat ini sangat mudah. Terapkan obat pada kavitas gigi lalu ditutup dengan bahan tumpatan. Selain aman dan alami, obat ini terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi.

BACA JUGA:

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Umur manusia bisa diprediksi lho, begini caranya

Dunia dibikin geger! Kucing ini naik atau turun?

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

BACA JUGA:

Kebiasaan unik cara makan ini cuma dimiliki orang Indonesia

Segitiga Bermuda: Tempat semua fakta lenyap dan menjadi mitos

12 Pelanggaran lalu lintas yang jadi incaran tilang polisi, catet!

BACA JUGA:

Bukan tanda kiamat, ini versi ilmiah terompet misterius dari langit

VIDEO: Serem! Terdengar suara mirip terompet dari langit di 4 negara!