×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

View Image

0

BRILIO » News

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

"Sarung itu menurut mereka konotasinya seperti seorang laki-laki yang selesai berhubungan badan dengan pasangannya."

25 / 03 / 2015

Brilio.net - Sarung di Indonesia menjadi busana yang biasa dipakai saat menjalankan sholat. Tidak hanya sholat, saking membudayanya penggunaan sarung di Indonesia, orang-orang tidak ada kesungkanan ketika mengenakan sarung selain waktu sholat. Bahkan bepergian menggunakan sarung menjadi hal yang tidak malu untuk dilakukan.

Tapi hal itu tidak akan terjadi di Mesir. Ketika mengenakan sarung di luar rumah bagi masyarakat Indonesia menjadi busana untuk kesopanan, maka di Mesir memakai sarung di luar rumah akan menjadi aib. Di Mesir, sarung ternyata dikenakan oleh orang sebagai pakaian ketika selesai bersetubuh.

Angga Rilitama, mahasiswa Sastra Arab Universitas Gadjah Mada (UGM) yang beberapa waktu lalu menjadi delegasi kampusnya untuk studi di Mesir selama satu semester mengungkapkan bahwa dia ditertawakan orang Mesir gara-gara memakai sarung saat mau ke masjid. Ketika di Indonesia, Angga terbiasa berjamaah di masjid dengan mengenakan pakaian ibadah lengkap seperti peci, baju koko serta sarung. Apalagi keseharian dia di pesantren membuat sarung menjadi busana harian yang tidak pernah ditinggalkan.

BACA JUGA:

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Loading...

Umur manusia bisa diprediksi lho, begini caranya

4 Artis ini meninggal dunia di hari Jumat

Dunia dibikin geger! Kucing ini naik atau turun?

Saat akan menunaikan jamaah salat di masjid yang jaraknya sekitar 500 meter dari asramanya, pakaian yang dikenakan sama seperti ketika dia di Indonesia. Di sekitar daerah tersebut ada sekolah khusus putri sehingga ketika menuju masjid dirinya berpapasan dengan siswa sekolah putri tersebut. Saat berpapasan itulah mereka senyum-senyum sendiri sambil memperhatikan Angga. Angga pun heran kenapa ditertawakan, seolah ada yang aneh pada dirinya.

"Bapak-bapak pedagang di sana juga kepo. Minta dijelasin tentang apa yang saya pakai," kata Angga saat berbincang dengan brilio.net beberapa waktu lalu.

Angga kemudian menjelaskan bahwa di Indonesia sarung merupakan busana untuk sholat bagi muslim. Ketika dijelaskan demikian mereka cuma mengangguk tanda orang baru mengerti.

Sesampainya di asrama, Angga yang masih penasaran mencoba bertanya kepada mahasiswa Kairo, mencari tahu kenapa dia ditertawakan oleh para siswa putri tersebut. Dari situ Angga baru mengerti kenapa dia ditertawakan. "Sarung itu menurut mereka konotasinya seperti seorang laki-laki yang selesai berhubungan badan dengan pasangannya atau istirahat sejenak untuk kemudian berhubungan badan lagi dengan si istri," paparnya.

Ternyata kebisaan berpakaian saat beribadah di setiap negara itu berbeda. Jika sarung di Indonesia bisa menjadi busana yang nyaman untuk beribadah, maka di Mesir hal itu tidak berlaku. "Kalau sholat, bapak-bapak yang agak tua pakai jubah atau jas. Kalau masih muda lebih seringnya pakai celana," imbuh Angga yang masih tampak geli mengingat pengalamannya bersama sarungnya itu.

HOT NEWS:

Pria ini pingsan saat pikul dagangan sambil gendong anaknya

Di Jogja tapi bosan wisata itu-itu saja? Datang saja ke sini

VIDEO: Menjijikkannya hasil rebusan minuman soda

Beda perlakuan cewek dan cowok dari letak kancing baju





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    22%

  • Ngakak!

    78%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more