Brilio.net - Memiliki gigi putih berkilau tentu menjadi dambaan hampir setiap orang. Banyak orang yang rela menghabiskan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah demi mendapatkan gigi yang benar-benar putih seperti di iklan pasta gigi.

Namun tahukah kamu bahwa perawatan bleaching atau memutihkan gigi biasanya menggunakan bahan-bahan kimia, seperti hidrogen peroksida (H2O2) dan karbamid peroksida. Jika tidak digunakan dengan dosis yang tepat, kedua bahan kimia tersebut dapat membahayakan kesehatan. Bahkan efek samping pemakaian kedua bahan kimia itu bisa memicu penyakit kanker karena terdapat kandungan zat karsiogenik.

Ingin punya gigi putih berkilau? Kamu bisa coba produk alami ini

Melihat kenyataan itu, empat mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terdiri dari Dyah Anindya Widyasrini, Dimar Pangestika Sari, Onni Fitriani Solikhah, dan Enggardini Rachma Hakim mengembangkan sebuah formula pemutih gigi yang alami dan tidak memiliki efek samping berbahaya. Produk tersebut mereka beri nama Berrybleach.

Berdasarkan uji vitro yang mereka lakukan di laboratorium, Berrybleach sangat efektif dalam memutihkan gigi. "Stroberi mengandung asam elagat yang dapat membantu mencerahkan warna gigi," ujar Dyah kepada brilio.net, Jumat (19/6).

Selain stroberi, bahan utama lainnya dalam produk tersebut yaitu baking soda yang memang terbukti ampuh untuk memutihkan gigi. Karena itulah, kombinasi kedua bahan tersebut akan sangat efektif dalam membuat gigi putih dalam bentuk gel. Dengan kadar pH yang netral, gel pemutih gigi ini tidak akan menimbulkan kerusakan pada gigi.

Namun ke depan, imbuh Dyah, produk mereka perlu dilakukan uji lanjutan untuk mengetahui efek samping terhadap jaringan keras maupun jaringan lunak pendukung gigi.

BACA JUGA:

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

8 Hal yang perlu kamu tahu tentang pasta gigi dan cara pemakaiannya

Ini semut terganas dunia, gigitannya bisa bunuh orang dalam 15 menit

Gigi tanggal pada orang dewasa pertanda mulai pikun

Malas sikat gigi bisa bikin kamu terkena serangan jantung, waduh!

5 Kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu

Bawang putih manjur usir sakit gigi, begini cara memakainya

Ini dia 5 cara ampuh alami memutihkan gigi