Brilio.net - Myrmecia pyriformis atau lebih dikenal dengan bulldog ant merupakan semut paling berbahaya di dunia, seperti dilansir dari laman Guinness World Records. Hewan ini dapat ditemukan di Australia, tepatnya di daerah pantai, perkotaan, hutan dan kayu, serta padang pasir.

Setiap kali menyerang, hewan yang pertama kali ditemukan pada 1793 ini menggunakan sengatan dan rahang secara bersamaan. Sudah pernah ada tiga korban yang tewas akibat sengatan ini pada tahun 1936, kemudian pada 1988 petani asal Victoria menjadi korbannya.

Ini semut terganas dunia, gigitannya bisa bunuh orang dalam 15 menit

Nama bulldog diambil dari keganasan dan determinasinya ketika menyerang. Dia sangat agresif dan menyebabkan sedikit ketakutan pada manusia. Sengatannya dilakukan berkali-kali secara cepat dan racunnya disuntikkan pada setiap gigitannya.

Semut yang rahang bawahnya bergigi ini akan menempel lama pada korbannya. Dalam beberapa kasus, sengatannya mampu membunuh korbannya dalam waktu 15 menit.

Loading...

Bulldog ant memiliki panjang badan 20 mm, berat 0,015 gr dengan usia hidup 21 hari. Banyak sepesiesnya yang berwarna merah cerah dan orange. Terdapat sekitar 90 spesies bulldog ant di Australia dengan kebiasaan dan siklus hidup berbeda.