Brilio.net - Kamu mungkin punya baking soda yang tersimpan rapi di dapur. Nah, ketimbang dianggurin, lebih baik kamu manfaatkan untuk kecantikan.  Berikut tips kecantikan yang dilansir brilio.net dari laman Health, Sabtu (6/6).

1. Membuat rambut berkilau

Jika mousses, serum, semprotan, dan produk lainnya membuat rambutmu lengket dan lemas, baking soda akan "menyelamatkan" rambutmu. Kamu bisa menaburkan seperempat bagian dari baking soda ke dalam satu sendok sampo biasa. Setelah itu cuci dan bilaslah seperti biasa. Rambutmu akan lebih bersinar dan lebih mudah diatur ketika sudah kering.

2. Alternatif sampo kering

Kapan pun kamu butuh merapikan rambutmu, sementara tidak punya waktu untuk keramas, pun sampo bubuk habis, kamu bisa manfaatkan baking soda. Kamu bisa menaburkan baking soda ke akar rambut, pijat dan ratakan, kemudian sisir dan bersihkan bekas putih baking soda dengan sikat rambut.

Loading...

3. Scrub wajah

Kamu bisa mencampur baking soda dengan air sampai dia menjadi bentuk pasta. Lalu, oleskan pada wajahmu dan gosok lembut dan terakhir bilas dengan air hangat.

4. Lulur badan

Kamu perlu mencairkan baking soda dengan komposisi perbandingan 1:3, satu bagian untuk air dan tiga bagian baking soda. Baking soda ini akan mengusir sel-sel mati dan kulit kusam akibat debu.

5. Deodoran

Kalau kamu punya kulit sensitif, kamu bisa lho, pakai baking soda sebagai deodoran. Fungsi baking soda sendiri menetralkan asam dan basa sehingga bisa menghilangkan bau badan. Kerennya, baking soda tidak akan menodai pakaianmu.

6. Penawar perih yang diakibatkan pisau cukur

Biasanya, kaum pria merasakan ada sensasi perih atau terbakar setelah bercukur. Nah, baking soda bisa mengatasinya. Untuk mengatasi kulit sensitif tersebut, kamu bisa melarutkan satu cangkir air dengan satu sendok makan baking soda. Selesai itu, biarkan mengering di kulit sekitar lima menit, kemudian bilas dengan air dingin.

7. Merendam kaki

Dengan baking soda kamu bisa merilekskan kaki. Kamu hanya perlu melarutkan baking soda ke dalam air hangat. Rendam kaki sekitar sepuluh menit lalu gunakan lotion untuk kaki dan tungkai. Selesai itu, bungkus kaki dengan handuk hangat, diamkan selama 5-10 menit. Hasilnya, kakimu akan kembali halus dan nyaman.

8. Pereda kulit gatal

Kulit kamu kering, gatal, dan tidak nyaman? Mandi air hangat justru membuat masalah kulit kering semakin kering. Tidak! Lebih baik kamu campur setengah cangkir baking soda untuk melembutkan dan menenangkan tubuhmu. Baking soda bisa melindungi kamu dari sengatan matahari atau gigitan serangga.

9. Pemutih gigi

Kalau kamu ingin mendapatkan gigi putih namun tidak mau pakai bahan kimia, cairkan baking soda dengan air lalu celupkan sikat gigimu ke dalamnya. Lantas, kamu sikat gigi selama sekitar satu menit. Tapi eits, bukan berarti kamu tidak perlu pakai pasta gigi. Kamu tetap perlu karena pasta gigi mengandung fluoride yang penting untuk mencegah gigi berlubang.

PERLU KAMU BACA:

Kenapa kamu selalu mengendus tangan setelah berjabat tangan? Ngaku deh

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?