Brilio.net - Semua orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat dan ideal. Dan pasti kamu juga ingin mempunyai tubuh yang ramping bebas lemak yang menggantung di mana-mana. Tapi kamu harus menerima kenyataan bahwa sebenarnya orang bertubuh ramping itu belum tentu sehat, lho.

Diperkirakan, satu dari empat orang bertubuh ramping ternyata memiliki persentase lemak tubuh serupa dengan orang-orang yang kegemukan. Fenomena ini disebut dengan Thin Outside, Fat Inside (TOFI). Seperti dibuktikan oleh penelitian dari Kanada, orang-orang yang TOFI memiliki kadar trigliserida, kadar gula darah puasa, dan tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang berbadan ramping yang massa lemaknya rendah di dalam tubuh. Ketiga hal tersebut adalah faktor risiko yang berpotensi akan diabetes dan serangan jantung di kemudian hari.

Bagaimana mungkin orang bisa punya berat badan ideal namun berisiko serupa dengan orang-orang yang kegemukan? Apalagi kalau kamu sudah merasa lelah dengan masalah kegemukan yang sedang kamu alami selama ini. Ditambah lagi berbagai cara sudah kamu lakukan untuk bisa kurus. Dan pada akhirnya kamu tetap tidak sehat. Huft!

Dikutip brilio.net dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center, Sabtu (30/5), menguak ternyata gaya hidup tidak sehatlah yang jadi penyebabnya. Entah itu kurangnya berolahraga, merokok, terlalu sering makan hidangan tinggi lemak, atau perilaku tidak sehat lainnya.

Jadi, lebih baik segeralah mengambil keputusan untuk tak hanya fokus pada mengurangi bobot tubuh, tapi juga harus menambah kebiasaan gaya hidup sehat.

Loading...