Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, manusia akan mengalami kemunduran fungsi otak yang membuat mereka menjadi mudah lupa. Mudah lupa atau yang biasanya disebut pikun disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel otak. Kerusakan ini bahkan sudah terjadi sebelum gejalanya muncul, lho. Gigi yang tanggal juga merupakan salah satu tanda kemunduran fungsi otak.

Nggak kayak gigi susu pada anak kecil, gigi orang dewasa itu nggak tanggal dengan sendirinya tetapi dipicu banyak hal. Salah satunya adalah adanya masalah pada gigi itu sendiri, gusi, dan juga mulut.

Menurut Dr Nozomi Okamoto, seorang ahli saraf dari Jepang, seperti dikutip brilio.net dari dentalheath.com, Rabu (6/5), kondisi tanggalnya gigi pada orang dewasa memiliki hubungan yang erat dengan risiko kepikunan. Hal ini disimpulkannya setelah melakukan penelitian yang melibatkan 6.000 lansia berusia 65 tahun ke atas.

Jika terjadi infeksi pada gusi, maka akan terbentuk senyawa-senyawa tertentu yang akan memicu radang. Nggak cuma "berdiam" di gigi saja, senyawa ini akan terbawa oleh aliran darah menuju tempat lain, termasuk otak, sehingga akan terjadi radang pada jaringan itu.

Radang yang terjadi di jaringan otak mengakibatkan sel-sel sarah menjadi tidak berfungsi. Seperti yang kita tahu, otak merupakan pusat dari semua sel saraf di dalam tubuh manusia. Nah, kerusakan pada sarah-saraf memori dan kognitif adalah penyebab utama seseorang mengalami kepikunan pada usia dewasa.

Loading...

Masih menurut Okamoto, hilangnya reseptor-reseptor di sekitar gigi sangat berkaitan dengan matinya saraf-saraf tertentu di otak, semigga memicu kemunduran fungsi kognitif. Hasil penelitian ini bahkan sudah dipublikasikan dalam jurnal Behavioral and Brain Functions.