Brilio.net - Sebagai makhluk hidup, tentunya setiap manusia butuh tidur. Tidur dapat menyegarkan kembali tubuh yang telah lelah beraktivitas. Tidak hanya tubuh, otak pun juga bisa disegarkan kembali dengan cara beristirahat yang cukup.

Tidur adalah cara istirahat yang paling baik. Dalam sehari kebutuhan tidur seseorang berbeda, tergantung dari tingkat kelelahan dan usia orang tersebut. Namun untuk normalnya, orang dewasa disarankan untuk tidur sekitar tujuh hingga delapan jam per hari.

Jika tidak tidur selama tujuh atau delapan jam per hari, gimana dong? Pastinya tubuh akan kekurangan waktu istirahat ya. Ini nantinya akan berimbas pada masalah kesehatan. Berarti, harus lebih dari delapan jam? Eits, jangan salah juga. Ternyata kalau kelebihan tidur juga bisa menyebabkan beberapa masalah. Duh, jadi serbasalah ya?

Jangan dibikin pusing. Selama bisa menjalani pola tidur yang normal, pasti baik-baik aja kok. Tapi, untuk mengantisipasi masalah yang bisa terjadi akibat kelebihan tidur, kita simak aja yuk informasinya yang sudah brilio.net lansir dari brightside.me, Selasa (13/11).

1. Berat badan bertambah.

Loading...

tidur lebih dari delapan jam brightside.me

Terdapat beberapa penelitian dengan kesimpulan berbeda terkait hal ini, apakah ada hubungannya antara durasi tidur dengan risiko obesitas atau diabetes. Meski begitu, dokter menyatakan bahwa kelebihan berat badan seseorang adalah akibat kurangnya aktivitas fisik. Orang yang tidur dengan durasi lama, otomatis tidak akan punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas fisik, sehingga itu bisa memicu risiko obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Gangguan depresi.

tidur lebih dari delapan jam brightside.me

Orang yang menderita gangguan depresi juga mengalami gangguan tidur. Terkadang, dalam beberapa kasus, hal ini terjadi karena orang tidur lebih dari durasi normalnya. Jika seseorang tidur lebih lama dan tidak ingin meninggalkan tempat tidur di pagi hari, ini bisa membuat kehidupan orang itu monoton dan tidak memiliki semangat, sehingga ini bisa menggiring seseorang pada gejala-gejala depresi.

3. Penyakit jantung.

tidur lebih dari delapan jam brightside.me

Jika seseorang tidur terlalu lama, bukan hanya waktu berharga saja yang terbuang, melainkan kesehatan fisik juga bisa berkurang. Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi akibat tidur terlalu lama, salah satunya adalah kesehatan jantung. Saat ini, masalah jantung adalah penyebab kematian yang paling umum, dan tidur selama lebih dari 8 jam per hari dapat meningkatkan kemungkinan kematian akibat serangan jantung sebesar 34%.

4. Sakit kepala.

tidur lebih dari delapan jam brightside.me

Kurang tidur menyebabkan sakit kepala, tetapi itu juga terjadi ketika seseorang tidur terlalu lama. Sehingga baiknya seseorang tidak berbaring di tempat tidur terlalu lama. Kalau tidak, nanti ketika bangun dimungkinkan orang itu bisa mengalami sakit kepala yang parah. Karena tidur berlebihan memengaruhi neurotransmiter di otak dan tingkat serotonin manusia.

5. Masalah ingatan.

tidur lebih dari delapan jam brightside.me

Menurut sebuah penelitian, tidur terlalu lama bisa memengaruhi kerja otak kita. Ini akan berpengaruh pada fungsi kognitif otak dan kemampuannya untuk berkonsentrasi dan mengingat secara detail.

6. Susah tidur.

tidur lebih dari delapan jam brightside.me

Mungkin terdengar mengejutkan, tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat terkait durasi tidur. Misalnya, kamu begadang di depan komputer dan memutuskan untuk tidur lebih lama di esok hari, bisa jadi malam harinya kamu mengalami insomnia.