×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Wisata indah terbentuk dari bencana alam, empat di Indonesia

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

15 Wisata indah terbentuk dari bencana alam, empat di Indonesia

Flora dan fauna serta alamnya sangat memukau.

31 / 12 / 2018 00:05

Brilio.net - Sejarah mencatat, dunia pernah dilanda berbagai bencana alam dalam skala yang besar. Hampir setiap negara pernah mengalami bencana alam, tak terkecuali Indonesia. Bahkan Indonesia sendiri masih terus dihantui bencana hingga saat ini.

Namun tahu nggak kamu bahwa bencana dahsyat yang terjadi beberapa tahun silam di berbagai negara, ternyata membawa perubahan atas kehidupan manusia sekarang ini. Seperti yang banyak dikatakan orang, dalam setiap kejadian pasti ada hikmahnya.

Dampak dari bencana-bencana tersebut kini dikenal sebagai tempat yang menakjubkan, bahkan menjadi favorit para pecinta travelling. Bencana tersebut telah mengubah kontur sebuah daerah menjadi baru.

Bekas bencana alam di negara mana sajakah yang kini terkenal sebagai objek wisata indah? Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (30/12).

1. Taman Nasional Yellowstone

Wisata Alam istimewa

foto: gypsyguide.com

Wisata ini terletak di negara bagian Wyoming, Montana, dan Idaho, Amerika Serikat. Taman Nasional Yellowstone merupakan kombinasi unik dari flora dan fauna. Pada jutaan tahun lalu, taman nasional ini merupakan tempat terjadinya tiga letusan besar dari gunung supervulkanik. Hal ini yang menyebabkan di Yellowstone, tanaman tumbuh subur. Jika berkunjung ke Taman Nasional Yellowstone kamu juga akan menjumpai bison, rusa, serigala, dan beruang. Pemandangan yang disuguhkan begitu menakjubkan.

 

2. Yucatan Cenotes Cave

Wisata Alam istimewa

foto: spotmydive.com

Yucatan Cenotes Cave terletak di Meksico. Di sini kamu dapat menjumpai cenote, yaitu gua yang berisikan air berwarna tosca-biru. Seperti halnya gua, kamu harus menelusuri hingga ke dalam hingga menemukan surga yang tersembunyi. Wisata ini memiliki pemandangan yang begitu indah.

Yucatan Cenotes Cave terbentuk dari bencana alam yang dahsyat, yakni Asteroid Chicxulub. Bencana ini dianggap bencana terbesar hingga menyebabkan kepunahan massal pada masa lalu.

 

3. Ujung Kulon

Wisata Alam istimewa

foto: Instagram/@adiesti22

Taman Wisata Ujung Kulon ini terletak di Banten. Di sini merupakan rumah bagi spesies badak Jawa yang sangat langka. Namun satwa langka ini kini hanya tersisa sedikit.

Taman Wisata Ujung Kulon ini terbentuk berkat adanya letusan Gugusan Krakatau Tua di tahun 1883 silam. Letusan yang mahadahsyat ini sekurang-kurangnya membunuh 36.000 orang dan suaranya terdengar hingga radius 4.8000 kilometer, serta menjadi bencana paling dikenang.



4. Gunung Tambora

Wisata Alam istimewa

foto: Instagram/@dwiteguhprasetio

Gunung Tambora berada di Pulau Sumbawa yang merupakan gunung api purba. Gunung ini membawa manfaat bagi penduduk sekitar, baik dari tanahnya yang subur hingga potensi wisatanya. Gunung Tambora menjadi salah satu incaran wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Bahkan, Gunung Tambora sampai dijadikan objek penelitian.

Keindahan objek wisata satu ini tidak lepas dari meletusnya Tambora pada 1815. Akibat dari bencana ini, beberapa negara mengalami musim dingin selama beberapa tahun.

 

5. Ngorongoro Crater

Wisata Alam istimewa

foto: andbeyond.com

Ngorongoro Crater berada di Tanzania. Kawasan ini cukup terkenal dengan kaldera gunung berapinya yang sangat luas dan dihuni oleh beragam fauna, seperti gajah, zebra, dan badak hitam. Tak hanya itu saja, cheetah dan singa juga berkeliharan di kawasan tersebut.

Dulu, kawah kawah Ngorongoro ini merupakan gunung berapi besar yang menjulang tinggi. Ketinggiannya mecapai 4.500 sampai 5.800 meter di atas permukaan laut. Lalu gunung tersebut meletus dan menjadi bencana yang sangat dahsyat hingga membentuk kaldera dengan kedalaman 610 meter dan area dasar seluas 260 kilometer persegi.



6. Dataran Garam Uyuni

Wisata Alam istimewa

foto: boliviatravelsite.com

Dataran Garam Uyuni terdapat di Bolivia yang merupakan sebuah dataran garam yang sangat luas. Dataran garam ini merupakan dataran yang tanahnya berupa mineral garam. Kawasan ini sangat indah saat matahari terbit dan terbenam.

Terbentuknya dataran garam indah ini dikarenakan sebuah peristiwa kekeringan hebat di masa lalu. Terjadinya penguapan air terus-menerus tanpa diimbangi hujan, sehingga membuat air asin tersebut kehabisan cairan dan akhirnya terbentuklah dataran garam yang indah itu.

 

7. Galveston

Wisata Alam istimewa

foto: texasmonthly.com

Pulau Galveston merupakan tempat wisata yang sangat bagus di Texas. Pulau ini juga merupakan satu-satunya pulau yang bisa diakses dengan mobil. Jika kamu ke sini, kamu akan dimanjakan dengan keindahan pantai dan bermain dengan lumba-lumba.

Pulau Galveston ini terbentuk dari adanya peristiwa pada tahun 1900. Di mana badai kategori empat ini memporakporandakan pulau itu. Dari badai besar tersebut kini terbentuk suatu yang sangat indah.

 

8. Okavango Delta

Wisata Alam istimewa

foto: botswanatourism.co.bw

Okavango Delta ini merupakan situs dunia yang cukup unik terletak di Botswana. Kamu bisa melihat betapa jernihnya air yang ada di sini. Ekosistem tumbuhan dan hewan hidup dan berkembang di kawasan ini. Nah biasanya para pecinta satwa sangat menyukai Okavango Delta.

Okavango Delta terbentuk karena bencana alam. Aliran sungainya menuju danau yang lebih besar, namun terjadi keretakan dan gempa, kemudaian menumpahkan aliran air ini ke padang pasir yang dulunya tandus.

 

9. Danau Toba

Wisata Alam istimewa

foto: Instagram/@riscarsari

Danau yang luas ini ada di Indonesia, yakni di Sumatra Utara. Danau ini memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Sementara Pulau Samosir yang di tengah Toba diyakini oleh para peneliti sebagai pulau tumbuh yang merupakan bagian dari kaldera gunung berapi purba.

Danau yang indah ini terbentuk karena adanya letusan supervolcano yang terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun lalu. Letusan yang terjadi mengakibatkan abu vulkaniknya hingga ke kutub utara.

 

10. Mediterranean Sea

Wisata Alam istimewa

foto: cemexnature.com

Mediterranean Sea merupakan wisata yang cukup menakjubkan. Beberapa kota dibangun di atas tebing berbatu dan menghadap langsung ke laut. Jika kamu ke Mediterranean Sea akan merasakan kesejukan yang luar biasa.

Mediterranean Sea ini terbentuk karena adanya banjir bandang Zanclean sekitar 5,6 juta tahun lalu. Mediterranean Sea menjadi salah satu wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

 

11. Danau Segara Anak Rinjani

Wisata Alam istimewa

foto: Instagram/@ccmeimei1

Indonesia memang kaya akan tempat wisata, salah satunya kamu bisa mengunjungi Danau Segara Anak Rinjani. Wisata ini juga terbentuk dari adanya bencana alam, di mana Gunung Rinjani meletus yang kemudian membentuk danau indah tersebut. Gunung Rinjani juga melahirkan anak pasca meletus, yakni Gunung Barujari.

 

12. Pink Lake

Wisata Alam istimewa

foto: rd.com

Jika bisanya kamu menjumpai danau berwarna hijau atau biru, beda halnya dengan danau yang ada di Australia ini, warnanya pink. Keberadaan danau cantik ini terbilang baru, sekitar tahun 2013. Banyak yang penasaran dengan warna air danau ini. Kemudian beberapa penelitian mengatakan bahwa danau ini memiliki banyak mikroogranisme alga yang bernama Dunaliella salina.

Danau ini terbentuk karena sebuah peristiwa di masa lalu, sekitar tahun 1900-an. Dahulu kawasan ini tercemar bahan kimia. Karena banyaknya bahan kimia yang mencemari, maka air dari danau ini berubah warna dan tidak bisa dikonsumsi.

 

13. Undara Lava Tubes

Wisata Alam istimewa

foto: tropicalnorthqueensland.org.au

Undara Lava Tubes berada di Australia. Udara memiliki makna, 'jalan yang panjang'. Disebut Undara Lava Tubes karena tempat ini merupakan tabung lava terpanjang di bumi. Tabungnya melebar sejauh kurang lebih 32 kilometer.

Undara Lava Tubes ini terbentuk karena adanya letusan gunung berapi besar yang menghasilkan lava yang melimpah. Kemudian Undara Lava Tuber ini terbentuk saat lahar menyembur ke dasar sungai yang kering. Lava di dalam tabung terus berjalan selama beberapa kilometer sebelum kemudian berhasil untuk benar-benar keluar.

 

14. Crater Lake

Wisata Alam istimewa

foto: nps.gov

Crater Lake merupakan danau yang sangat menakjubkan di Oregon. Crater Lake merupakan danau kawah dari sebuah gunung, dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sebagian besar pohon yang tumbuh di kawasan danau tersebut adalah pohon pinus hijau.

Sebenarnya danau ini merupakan bagian atas dari gunung berapi kuno yang tenggelam. Kaldera itu membutuhkan waktu hingga 250 tahun agar air hujan bisa mengisi cekungan di dalamnya. Hal ini terjadi karena letusan dari Gunung Mazama.

 

15. Niagara Falls

Wisata Alam istimewa

foto: newyorksightseeing.com

Air Terjun Niagara merupakan air terjun yang mendapat aliran dari Sungai Niagara. Air terjun yang terdapat di Canada ini memang tidak terlalu tinggi, namun tempat ini terkenal dengan bentuknya yang lebar dan debit air yang sangat deras. Air Terjun Niagara terbentuk karena adanya retakan sebuah gletser raksasa yang akhirnya membentuk sebuah area yang lebih rendah.

 





Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more