Brilio.net - Seiring berjalannya waktu Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta berkembang adalah kota yang paling modern. Jakarta juga dikenal sebagai pusat pemerintahan dengan gedung-gedung bertingkat. Pada Juni lalu, Jakarta telah merayakan ulang tahunnya yang ke-491. Seiring bertambahnya usia, kota tersebut semakin banyak menarik pendatang dari berbagai daerah di indonesia.

Alasan beberapa pendatang datang ke Jakarta pun beragam. Ada yang ingin mencari pekerjaan dan ada juga yang ingin berlibur sembari mengunjungi sanak saudaranya di sana.

Meskipun Jakarta identik dengan jalan yang macet, jangan jadikan permasalahan tersebut menjadi alasan untuk berdiam diri. Ada beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat weekend bersama keluarga di Jakarta lho. Berlibur bersama keluarga juga bermanfaat menjaga kesehatan jiwa agar terhindar dari stres dan depresi.

Nah, untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, brilio.net telah merangkum beberapa tempat wisata yang pastinya murah dan cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Jakarta, Minggu (4/11).

1. Monumen Nasional (Monas)

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@monumen.nasional

Monumen Nasional atau yang dikenal sebagai Monas, merupakan salah satu ikon di Jakarta. Bangunan setinggi 32 meter tersebut awalnya dibangun untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa melawan para penjajah. Monas dibangun pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 di era Presiden Soekarno. Monas selesai dan diresmikan pada tanggal 16 Juli 1975 dan masih kokoh hingga saat ini.

Tiket masuk Monas bisa dibeli dengan harga Rp 30.000. Dengan tiket tersebut kalian bisa mengunjungi museum di dalamnya atau melihat Jakarta dari atas Monas.

 

2. Taman Mini Indonesia indah (TMII)

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@ixohoxi

TMII dibangun pada era Presiden Soeharto. Tempat wisata tersebut terletak di Cipayung, Jakarta Timur. Harga tiket masuk ke gerbang utamanya hanya dibanderol sekitar enam hingga sepuluh ribu rupiah saja, tergantung kendaraan apa yang kalian gunakan. Kemudian setiap wahananya ditarif dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Salah satu bangunan yang menjadi ikon TMII adalah gedung teater IMAX yang berbentuk seperti keong. Biasanya film yang diputar adalah film yang berjudul Keong Mas dan Tanah Airku.


3. Kepulauan Seribu

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@pulauseribu_tour

Kepulaun Seribu merupakan salah satu tempat wisata alam yang banyak dikunjungi oleh turis lokal hingga turis mancanegara. Di sana kalian bisa mengunjungi berbagai macam pulau, di antaranya Pulau Tidung, Pulau Macan, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi. Di tempat tersebut juga bisa melihat pasir putih dan laut biru, dan terhidar dari hiruk pikuk Jakarta.

Kalau kalian ingin mengunjungi tempat tersebut, caranya gampang banget. Langsung saja cari agen wisata yang menawarkan paket wisata ke Kepulaun Seribu dengan biaya murah. Jadi kalian tidak usah pusing memikirkan biaya akomodasi, tempat tinggal dan lain sebagainya, karena hal itu sudah diatur oleh petugas agen.

 

4. Dufan Ancol

wisata jakarta I istimewa

foto: ancol.com

Dufan merupakan singkatan dari Dunia Fantasi. Di tempat tersebut kalian bisa mencoba berbagai macam wahana, mulai dari yang biasa saja, seperti bom-bom car hingga wahana yang paling menegangkan, yaitu roller coaster. Tiket masuk ke tempat wisata tersebut dibanderol sekitar Rp 200.000 di hari biasa dan saat weekend harga cenderung sedikit lebih mahal.

Selain mencoba wahana yang ada di sana, kalian juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga sudut tempat bangunan yang terlihat bagus. Jadi setidaknya kalian memiliki kenangan bersama keluarga kalian dan bisa menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang paling kalian sayang.


5. Pantai Ancol

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@sepriadidarma10

Ingin menghabiskan waktu dengan keluarga bermain pasir pantai sembari melihat matahari terbenam? Kalian bisa kok mengunjungi Pantai Ancol. Harga tiket masuk ke pantai tersebut adalah Rp 25.000. Jika lupa membawa tikar, kalian juga bisa menyewa dengan harga yang cukup terjangkau.

Kalian juga tidak perlu khawatir juga bila sewaktu-waktu perut merasa lapar, karena di sepanjang pantai banyak sekali yang menawarkan berbagai macam menu sea food.


6. Sea World Ancol

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@seaworld.ancol

Jarang melihat hewan laut seperti hiu, pari, dan binatang laut lainnya dari jarak dekat? Pengen diving tapi perlu biaya banyak? Nah kalian bisa kok mengunjungi Sea World Ancol, tempat tersebut terdapat 126 jenis ikan yang berjumlah 22.000 ekor ikan. Kalau berkunjung ke sana, kalian bisa berlibur dan menambah pengetahuan tentang hewan-hewan laut.

Tiket masuknya juga murah banget kok, Rp 80 ribu untuk Senin sampai Jumat, sedangkan weekend Rp 90 ribu.

 

7. Kota Tua

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@jktinfo

Selain tempat nongkrong, Kota Tua juga menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Ketika berkunjung ke Jakarta jangan lupa mapir ke Kota Tua, selain tempatnya bagus untuk berfoto, kota tua juga sarat akan nilai sejarah.
Kota Tua terletak di Jakarta Pusat, wilayah utara. Waktu yang pas untuk datang ke tempat tersebut adalah menjelang sore.


8. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@wahyu_djatmiko

Taman suaka ini adalah salah satu wisata alam yang patut kalian kunjungi bila sedang mengunjungi Jakarta. Kalian bisa berjalan menyusuri hutan tersebut sambil melihat hewan-hewan langka seperti biawak yang mendiami hutan tersebut. Sambil menyusuri hutan tembakau kalian bisa berfoto-foto dengan latar belakang hutan bakau yang indah.


9. Pasar Santa

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@vanissakaris

Awalnya pasar ini hanya pasar biasa. Namun pada 2014, pasar tersebut direnovasi menjadi lebih bagus. Semenjak direnovasi banyak sekali anak muda dan keluarga menghabiskan waktu ke tempat tersebut untuk makan, nongkrong, dan berbelanja. Tempat ini cocok untuk kalian yang suka berbelanja, karena di pasar santa terdapat toko baju dan asesoris. Bahkan bagi kalian yang senang mengoleksi piringan hitam, di sanalah surganya.


10. Pasar Tanah Abang

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@hilma._za.ys

Tempat ini adalah surga bagi kalian yang suka belanja. Bahkan tempat ini sudah terkenal hingga mancanegara, khususnya Malaysia. Pasar yang terletak di Jakarta Pusat tersebut, menyediakan barang grosir dan eceran. Kalau beruntung kalian bisa menemukan barang yang kalian butuhkan dengan harga yang sangat murah.


11. Petak Sembilan

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@herman.pratama

Di Glodok kalian bisa menemukan suasana yang pasar berbeda. Kalian bisa merasakan kuliner yang bercita rasa Tionghoa. Setelah kenyang, ditutup dengan foto bersama keluarga dengan background klenteng atau vihara.


12. Planetarium Jakarta

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@planetariumjkt

Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Tempat tersebut merupakan salah satu wahana simulasi langit. Harga tiket masuk ke planetarium dibanderol sekitar Rp 7.000 saja untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Jam operasional planetarium buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 13.00 WIB.



13. Kebun Binatang Ragunan

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@ragunanzoo

Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Karena di tempat tersebut terdapat 300 spesies bintang, yang disertai dengan papan penjelasan spesies tersebut. Selain sebagai tempat refresing, Ragunan juga bisa menjadi tempat mengedukasi anak-anak.

Tiket masuk ke kebun binatang ragunan dan menaiki beberapa wahana di sana, kurang lebih Rp 20 ribu saja. Murah kan?

 

14. Kampung China

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@andis_kurnia

Kampung China terletak di kawasan Cibubur, Jakarta. Ketika di sana kalian akan merasakan sensasi sama seperti mengunjungi Negara China. Bangunan dan cat tembok yang identik dengan warna merah semakin memperkuat suasana tersebut.

Bagi kalian yang ingin berbelanja dan membeli oleh-oleh khas China, bisa membeli di sana. Pasalnya di Kampung China tersebut, terdapat banyak toko yang menjual baju dan suvenir dengan harga terjangkau.

 

15. Museum Fatahillah

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@o98.06

Museum yang terletak di Jalan Taman Fatahilah ini merupakan salah satu tempat wisata yang harus kalian kunjungi ketika mampir di Jakarta. Di museum tersebut banyak sekali cerita sejarah yang bisa kalian ketahui dan pelajari. Selain itu kalian dan keluarga bisa mengabadikan foto di sana.

 

16. Museum Joang 45

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@museumkesejarahan

Museum yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1920-an. Museum Joang menyimpan barang-barang sejarah peninggalan pejuang Indonesia, salah satunya mobil Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta. Jadi jangan sampai nggak berkunjung ke museum ini ya.


17. Museum Bank Indonesia

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@museum_bi

Museum tersebut terletak di jalan pintu besar, Jakarta Barat. Di tempat tersebut kalian bisa berlibur sambil menambah ilmu pengetahuan tentang sistem keuangan di Indonesia sejak masa Hindia Belanda. Saat kalian mengunjungi tempat ini, dijamin akan merasa betah, karena tempat tersebut sudah didesain sangat nyaman.

 

18. Museum Wayang

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@mannekwin

Museum wayang dibangun untuk didedikasikan kepada dunia perdalangan di Jawa. Bangunan mesum ini dibangun pada tahun 1640. Museum tersebut patut untuk dikunjungi karena banyak nilai-nilai budaya yang bisa dipelajari. Sehingga saat liburan bersama keluarga nantinya kalian bisa berlibur sambil belajar tentang kebudayaan Jawa, khususnya wayang.


19. Rumah Si Pitung

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@galehfp

Salah satu tempat wisata yang terletak di Jakarta Utara ini, wajib masuk dalam daftar tempat yang harus kalian kunjungi bersama keluarga. Rumah panggung bergaya Betawi, berwarna cokelat tersebut sering disebut oleh penduduk lokal sebagai Rumah Si Pitung. Tiket masuk ke Rumah Si Pitung memang murah cuma Rp 1500 untuk rombongan pelajar dan Rp 5000 untuk pengunjung dewasa. Tempat tersebut buka pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

 

20. Pantai Marunda

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@kuesemprongmanis

Pantai yang terletak di Jakarta Utara ini bisa menjadi salah satu tempat wisata saat berlibur bersama keluarga. Pantai Marunda memiliki pasir hitam yang eksotis. Dulu Pantai Marunda sebagai pintu masuk utama kapal-kapal dari negara lain untuk masuk ke Batavia. Sekarang tempat tersebut sudah ramai dikunjungi oleh warga lokal.


21. Taman Situlembang

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@trisuci.as

Salah satu taman yang ada di Jakarta ini terletak di Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Jika berkunjung ke taman ini bersama keluarga, kalian bisa memancing ikan di danau di sana. Atau kalian juga bisa berkunjung ke taman tersebut di pagi hari untuk berolahraga atau joging.


22. Ocean Ecopark

wisata jakarta I istimewa

foto: Istimewa

Ocean Ecopark ini merupakan salah satu tempat yang sering digunakan untuk mengadakan konser. Baru-baru ini ada program baru yang bernama ecofishing. Hanya dengan Rp 25.000 saja, kalian sudah mendapatkan umpan untuk memancing ikan apa saja sepuasnya.

Di sana juga menyediakan berbagai macam wahana yang bisa kalian coba. Harga tiket masuknya beragam, mulai dari Rpp 25.000 hingga Rp 180.000. Kemudian untuk kalian yang hobi banget belanja, bisa kok mampir di eco-market yang menyediakan berbagai macam barang.

 

23. Pasar Seni

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@pasarseni_ancol

Bagi kalian para pecinta seni, jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Seni ini. Tempat tersebut adalah pusatnya seni dan kerajinan di Jakarta. Pasar Seni dibangun untuk mengapresiasi para seniman berbakat di seluruh Indonesia. Biasanya tempat ini dikunjungi para kolektor seni. Di pasar seni ini dilengkapi fasilitas panggung pertunjukan, galeri pameran, dan toko cinderamata. Jadi jangan sampai lupa mengunjungi pasar seni.


24. Museum Bahari

wisata jakarta I istimewa

foto: Instagram/@taufikwijaya30

Museum ini disebut sebagai museum kenelayanan. Sebelum dijadikan museum, bangunan tersebut hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan hasil bumi. Beberapa tahun kemudian tempat tersebut diubah menjadi museum seperti sekarang ini. Koleksi barang yang tersimpan dalam museum terdiri dari berbagai macam bentuk kapal dan perahu pada zaman VOC. Kemudian ada beberapa peralatan yang digunakan oleh nelayan pada masa itu. Meseun ini cocok untuk kalian yang ingin berlibur sambil belajar sejarah.


25. Pasar Taman Puring

wisata jakarta I istimewa

foto: liputan6.com

Tenyata untuk mendapatkan sepatu bermerek tidak hanya bisa ditemukan di mal. Di Pasar Taman Puring, kalian bisa membeli sepatu yang bermerek dengan harga lebih murah. Pasar Taman Puring terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.


26. Taman Agrowisata Cilangkap

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@dwi_rizki27

Jika kalian menginginkan suasana yang berbeda dan ingin santai dengan keluarga sambil melihat pepohonan yang rindang datang ke taman ini. Di taman ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Untuk masuk ke taman agrowisata tidak dipungut biaya sama sekali, kalian hanya membayar parkir kendaraan saja.


27. Jembatan Kota Intan

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@ayuwati_geck

Jembatan ini dibangun sejak 1628 dengan panjang mencapai 30 meter dan lebar mencapai 4,43 meter. Jembatan ini memiliki nilai sejarah yang penting untuk kalia ketahui lho. Saking bersejarahnya, Jembatan Kota Intan dijadikan tempat untuk mengadakan berbagai macam acara penting.


28. Setu Babakan

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@ninabasuki

Tempat tersebut merupakan kampung pelestarian budaya betawi. Di Setu Babakan terdapat 3 danau buatan, di salah satu danaunya terdapat sepeda perahu berbentuk angsa. Selain itu di sana terdapat rumah-rumah khas betawi yang bisa dijadikan background untuk berfoto. Selain itu ada pertunjukan budaya khas betawi yang bisa menghibur kalian dan menambah wawasan. Jika kalian merasa lapar, tidak usah khawatir karena di sana menyajikan berbagai macam makanan khas betawi.

 

29. Museum Tengah Kebun

wisata jakarta II istimewa

foto: istimewa

Banyak orang yang belum mengetahui salah satu tempat wisata ini. Museum ini terletak di Kemang Timur, Jakarta Selatan. Tempat ini bisa kalian kunjungi ketika berlibur bersama keluarga. Pasalnya tempat ini memiliki 4000 koleksi benda bersejarah dari berbagai negara lho. Jadi selain berlibur kalian bisa menambah wawasan karena menemukan hal-hal yang baru.


30. Ice Skating di Mall Taman Anggrek

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@racelrara

Di Jakarta memiliki tempat wisata ice skating terbesar di indonesia. Jika ingin merasakan sensasi berjalan di atas es, atau ingin menari-nari di atas es, kalian bisa datang ke salah satu Mall Taman Anggrek yang terletak di Jakarta. Harga tiketnya dibandrol Rp 65 ribu di hari biasa dan Rp 85 ribu saat weekend.


31. Taman Spatodhea

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@jakarta_tourism

Taman dengan luas 1,5 hektar ini terletak di Kebagusan, Jakarta Selatan. Untuk mengunjungi tempat ini kalian tidak usah mengeluarkan biaya sepeser pun. Di Taman Spatodhea memilik jalur joging sepanjang 100 meter. Spatodhea sering disebut oleh warga sekitar dengan nama Taman Miring, karena struktur tamannya yang miring.


32. Taman Pecenongan

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@sianto2092

Tempat ini menjadi pusat kuliner malam yang terkenal. Kalian bisa mencicipi makanan bermacam-macam, baik itu makanan khas Indonesia atau makanan dari negara lain. Di sana terdapat ratusan pedagang, jadi kalian memiliki waktu banyak untuk mencicipi berbagai macam makanan yang enak di sana.

 

33. Masjid Istiqlal

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@dewii_shiinta

Masjid Istiqlal dibangun atas dasar bentuk rasa syukur, karena Indonesia berhasil melawan penjajah. Pembangunan masjid tersebut dimulai pada tanggal 24 Agustus tahun 1961. Arti nama Istiqlal juga diambil dari bahasa arab yang artinya 'merdeka'. Masjid ini menjadi salah satu tempat yang patut kalian kunjungi untuk melihat kemegahan bangunan yang berusia puluhan tahun.

 

34. Gereja Katedral

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@catholoc.photography

Gereja Katedral dibangun pada tahun 1901 dengan gaya arsitektur neo-gotik. Gereja tersebut terletak di kawasan yang sama dengan Masjid Istiqlal. Saat Soekarno masih menjabat sebagai Presiden Indonesia, ia sengaja menggabungkan kedua tempat ibadah tersebut untuk menggambarkan semangat persaudaraan. Di sana kalian bisa berfoto dan melihat-lihat struktur bangunannya yang unik.


35. Tanah Tingal

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@pandji.yudhistira

Tanah Tingal merupakan salah satu destinasi wisata edukatif. Tempat ini ditanami dengan ribuan pohon yang akan membuat kalian ingin berlama-lama di Tanah Tingal. Tempat wisata tersebut berdiri di atas tanah seluas 10 hektar di daerah Ciputat, Jakarta.


36. Cibubur Garden Diary

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@omgjakarta

Tempat wisata ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Di Garden Galery ini anak-anak bisa bermain sambil belajar pengalaman baru. Anak-anak tidak akan merasa bosan karena banyak sekali permainan yang menarik, salah satunya berinteraksi dengan hewan ternak secara langsung. Kemudian anak-anak juga bisa merasakan serunya bagaimana cara memerah susu sapi.


37. Pondok Indah Water Park

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@chacharaissa

Buat kalian yang ingin berenang bersama keluarga di Jakarta bisa mengunjungi tempat tersebut. Biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisata itu sebesar Rp 100 ribu di hari biasa dan Rp 150 ribu saat weekend. Di tempat tersebut juga menyediakan wahana flow rider. Jika ingin mencobanya, kalian bisa membayar tiket sebesar Rp 55 ribu saja.


38. Hawke's Auto Galery

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@zhie_zhie_rizky

Tempat wisata Hawke's Auto Galery merupakan salah satu tempat wisata yang memamerkan mobil-mobil antik yang pernah diproduksi dari tahun 30 sampai 50-an. Hawke's hampir sama dengan museum angkut yang terletak di Malang, Jawa Timur. Beberapa mobil yang dipajang di tempat tersebut ada yang pernah dipakai Presiden Soekarno. Untuk kalian yang suka berfoto-foto, Hawke's Auto Galery merupakan destinasi yang wajib kalian kunjungi saat datang ke Jakarta.


39. The Escape Hunt

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@escapehuntjkt

The Escape Hunt terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Di tempat wisata tersebut kalian bisa merasakan serunya menjadi seorang detektif sungguhan. Menarik bukan? Untuk memecahkan permasalahan tersebut, kalian hanya diberi waktu 90 menit saja lho. Nah untuk kalian yang ingin berlibur tapi anti-mainstream, tempat wisata The Escape Hunt merupakan salah satu wisata yang patut kalian coba.


40. Wiladatika

wisata jakarta II istimewa



foto: instagram/@nicko.fernando

Wiladatika merupakan salah satu taman yang terletak di Cibubur, Jakarta Timur. Taman tersebut merupakan salah satu ikon bagi Cibubur karena tempat tersebut dikenal bersih dan indah. Bahkan Taman Wiladatika sering dijadikan untuk tempat syuting lho. Kalau kalian ingin mengunjungi tempat tersebut bisa banget kok. Selain pemandangan indah, di Taman Wiladatika terdapat danau yang dilengkapi dengan kapal yang bisa disewa oleh pengunjung.


41. Wisata Pendidikan Pinisi

wisata jakarta II istimewa

foto: wisatajakarta.co.id

Ingin berlibur berasama anak-anak? Kalian bisa mengunjungi salah satu tempat wisata ini. Wisata Pendidikan Pinisi diperuntukan bagi anak yang berusia empat sampai 16 tahun saja. Di sini kalian bisa menemani anak bermain sambil belajar. Di tempat wisata ini terdapat dua wahana yang paling ramai dikunjungi yaitu Planetarium dan Kak Seto Center. Tiket masuknya dibandrol Rp 50 ribu untuk orang dewasa, dan Rp 115 ribu untuk anak-anak.


42. Taman Tabebuya

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@fahmidwi24

Terletak di Jalan Moh. Kafi I, Ciganjur. Taman tersebut sangat istimewa karena ditanami beberapa tanaman yang berasal dari negara Brasil. Ketika mekar taman akan didominasi oleh bunga-bunga yang berwarna kuning. Ada juga tanaman yang mirip dengan sakura di Jepang. Bila kalian ingin mengunjungi taman ini saat libur tiba, sempatkan diri untuk berfoto. Karena taman ini memang bagus dan menarik. Taman Tabebuya ini sudah buka mulai pukul 06.00 WIB.


43. Museum Satria Mandala

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@farzamahendra

Museum Satria Mandala ini memiliki sejarah perjuangan para TNI. Museum tersebut terletak di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan. Di sana kalian bisa melihat replika senjata yang pernah di pakai oleh TNI saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kalian bisa datang pada pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.


44. Kampung Bermain Cipulir

wisata jakarta II istimewa

foto: liputan6.com

Kampung tersebut cocok banget buat kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan anak-anak. Untuk masuk ke Kampung Bermain Cipulir, cukup siapkan uang sebanyak Rp 5000 saja saat hari-hari biasa, dan Rp 7000 saat weekend. Di tempat itu banyak sekali wahana di antaranya flying fox, outbound, berenang, dan masih banyak lagi.


45. Tempat Wisata Kuliner Bandar Djakarta

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@bandrdjakartarestaurant

Berlibur tidak hanya sekadar bermain lho. Buat kalian yang suka icip-icip makanan, jangan sampai tidak berkunjung ke Bandar Djakarta. Pasalnya di sana banyak sekali menu makanan sea food. Nah kalau kalian berlibur bersama keluara besar, nggak perlu khawatir deh, karena di Bandar Djakarta bisa menampung orang banyak.


46. Kampung Kemang

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@kampungkemang

Kampung Kemang merupakan salah satu pusat wisata kuliner. Tempat tersebut buka sejak pukul 17.00 WIB dan bisa memilih makanan apa saja yang kalian sukai. Pasti kalian akan merasa nyaman di sana.


47. Kandank Jurank Doank

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@info_bintaro

Kalau tempat wisata ini khusus buat anak-anak. Kalian yang ingin membahagiakan keponakan, anak, atau saudara yang masih kecil, Kandank Jurank Doank inilah tempatnya. Jadi kalau lagi liburan ke Jakarta, sempatkan diri kalian untuk berkunjung ke tempat yang didirikan Dik Doank ini.


48. Museum Nasional

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@raymondtjendera

Di museum ini kalian bisa melihat benda-benda prasejarah yang luar biasa. Di Museum Nasional terdapat 141.899 koleksi benda prasejarah. Kalau kalian ingin datang ke museum tersebut datanglah pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Buka setiap Selasa hingga Minggu, harga tiket masuknya hanya dibanderol sekitar Rp 2 ribu untuk anak-anak dan Rp 5 ribu untuk orang dewasa, sedangkan turis Rp 10 ribu.


49. Pulau Semak Daun

wisata jakarta II istimewa

foto: liputan6.com

Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, Jakarta. Di pulau tersebut kalian bisa menikmati pemandangan alam seperti laut biru yang jernih, pasir pantai putih, atau jika kalian memiliki budget lebih, bisa memilih diving. Kalau kalian berlibur ke Jakarta sempatkan diri untuk datang ke Pulau Semak Daun dan merasakan suasanya yang tenang.


50. Hutan Kota Srengseng

wisata jakarta II istimewa

foto: instagram/@icakarnesyia

Di hutan kota ini terdapat 4.800 macam pohon dan lintasan lari. Jika ingin bersantai-santai saja, kalian juga bisa bersantai-santai di pendopo yang ada di taman kota. Kalau ingin menikmati udara segar, Hutan Kota Srengseng merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menikmati suasana tersebut.

Reporter: mgg/vaulika rinjani