×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
50 Tempat wisata di Jogja terkenal dan indah

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

50 Tempat wisata di Jogja terkenal dan indah

Wisata Jogja dari alam hingga mal memanjakan wisatawan.

03 / 11 / 2018 15:05

Brilio.net - Membicarakan Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya. Selain dikenal dengan Kota Gudeg dan pelajar, Jogja juga dikenal sebagai kota wisata yang banyak menyuguhkan wisata mulai dari alam hingga mal. Buat kamu yang ingin berlibur dan menghilangkan penat, Jogja menjadi salah satu tempat pilihan.

Bukan hanya wisatawan lokal, banyak juga turis mancanegara yang sengaja berwisata ke Jogja. Wisata Jogja tidak hanya menyuguhkan sebatas hiburan saja, melainkan terdapat juga wisata yang sekaligus mengedukasi.

Nah, dimana saja kamu bisa berlibur ketika sedang berada di Jogja? Yuk, langsung saja simak rekomendasi brilio.net yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (3/11).

1. Watu Goyang.

tempat wisata jogja1 instagram

Loading...

foto: Innstagram/@watugoyang

Salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Mangunan ini dikenal sebagai tempat yang cocok bagi pengunjung untuk mencari ketenangan sembari menyatu kembali dengan alam. Nah di sini, Sobat Brilio bisa menikmati keindahan lanskap Kota Jogja dari ketinggian. Tempat ini sangat digemari pengunjung yang ingin berfoto saat matahari tenggelam. Saat malam, tempat ini semakin memukau dengan panorama indah di kegelapan diselingi kerlap-kerlip lampu di kejauhan.

2. Kebun Tebu Gendu.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@kebun_tebu_gendu

Mungkin banyak orang bertanya, kok bisa ya ladang tebu jadi tempat yang Instagramable? Nah jika Sobat Brilio mengunjungi Kebun Tebu Gendu di daerah Girimulyo, Kulonprogo, dijamin bisa menemukan jawabannya. Pemandangan alam di kebun tebu ini begitu memukau. Didominasi barisan pepohonan dan bunga tebu yang indah. Semilir angin sejuk dan segar akan membuat kamu semakin betah berlama-lama berfoto di tempat ini.

3. Soragan Castle.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Dok.Mapio

Satu lagi nih tempat Instagramable di Jogja. Namanya Soragan Castle yang berlokasi di Jalan Soragan No. 13, Ngestiharjo. Sebenarnya, bangunan ini merupakan sebuah restoran, tetapi menjadi terkenal karena konsep bangunannya yang menyerupai kastil zaman Eropa kuno. Jadi, selain menyantap aneka menu yang lezat, kamu bisa mengabadikan setiap sudut kastil ini di akun instagram milikmu. Pasti akan langsung banjir like!

4. The Brick Cafe.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@cafebrickjogja

Jogja masih memiliki destinasi lain yang tak kalah menarik untuk kamu sambangi dan abadikan dalam lensa kamera, namanya The Brick Cafe. Ya, destinasi ini merupakan sebuah kafe yang dibangun dengan konsep vintage yang amat menarik. Berlokasi di Jalan Damai No. 8, Yogyakarta, The Brick Cafe juga menawarkan menu-menu ala Eropa yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Belum lagi dengan interior di dalam ruangannya yang unik dan nyentrik.

5. The Lost World Castle.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@thelostworldcastle

Sobat Brilio juga perlu mengunjungi The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman. Kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare ini memiliki pesan begitu unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

6. Rumah Indian Dlingo.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Dok.Phinemo

Rumah Indian Dlingo yang berlokasi di dalam Hutan Pinus Pengger ini menawarkan kecantikan Kota Jogja dari ketinggian. Panoramanya makin memukau jika kamu berkunjung pada malam hari. Di sini, terdapat pula rumah-rumah yang mirip dengan rumah Suku Indian yang langsung mengarah ke hamparan luas lanskap Kota Jogja. Pasti, kamu ingin menghabiskan malam lebih lama di sini bersama teman, terlebih dengan pasangan.

7. Mangunan.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@erwinnourman

Berlibur ke Jogja paling asyik dengan menikmati pagi dan pemandangan sunrise di kawasan wisata Kebun Buah Mangunan, Bantul. Salah satu daerah di Yogyakarta ini menawarkan pemandangan yang bakal menyejukkan mata dan pikiran. Bahkan saking indahnya jika beruntung ketika datang pagi hari atau setelah subuh, kamu dapat merasakan sensasi berasa di atas awan. Tak mengherankan jika tempat wisata berupa gardu pandang dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut ini kerap disebut Negeri di Atas Awan.

8. Hutan Pinus Mangunan.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@akim_elbanawi

Setelah puas menikmati dan mengabadikan momen sunrise di Kebuh Buah Mangunan, kamu bisa melanjutkan perjalanan tak jauh ke Hutan Pinus Mangunan yang juga mempunyai pemandangan tidak kalah indah. Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri ini kamu dapat menikmati asrinya pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri.

Jika kamu belum puas, kamu bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang terletak tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak spot untuk selfie, termasuk bangunan rumah hobbit yang Instagramable abis.

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan kamu bisa merasakan wedang khas Imogiri yaitu wedang uwuh. Ini adalah minuman berisi campuran rempah seperti kayu manis, cengkih, secang, rimpang jahe, daun pala, dan rempah lainnya yang terasa nikmat kalau disajikan panas. Kamu juga bisa menyantap pecel daun turi yang warungnya banyak bertebaran di kawasan makam Raja Mataram, Imogiri.

9. Kerajaan Mataram di Kotagede, Taman Sari, dan Keraton.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@tresnabening_; Instagram/@desriingliana

Belum lengkap rasanya ke Jogja tanpa mengunjungi wisata budaya. Dari Hutan Pinus Mangunan, kamu bisa turun ke pusat kota Jogja dengan menjelajahi wisata budaya sambil melihat kilas balik kejayaan kerajaan Mataram di Kotagede, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Air Taman Sari yang merupakan tempat pemandian para permaisuri dan ratu pada zaman dahulu kala. Terakhir, mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi pusat kebudayaan Jawa. Di tempat ini kamu akan melihat megahnya bangunan yang kental dengan nuansa Jawa dan berbagai benda koleksi raja dan keluarganya.

10. Taman Gumuk Pasir Parangkusumo.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@tamangumukpasir

Setelah kenyang menyantap sate kambing paling enak se-Asia Tenggara, nikmati pemandangan senja yang indah di Taman Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata yang terletak di antara Pantai Depok dan Parangtritis ini menyajikan pemandangan bak padang pasir di Timur Tengah. Gundukan pasir ini terjadi atau berasal dari material abu Vulkanik Gunung Merapi yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo, dan sungai-sungai yang ada di Jogja, yang semuanya menuju ke Pantai Parangtritis.

11. Taman Pelangi.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: visitingjogja.com

Sebelum menutup hari, nikmati romantisnya cahaya malam Jogja di Taman Pelangi. Tempat wisata malam hari ini menampilkan warna-warni lampu lampion yang dari jauh akan terlihat seperti pelangi. Taman Pelangi terletak Monumen Jogja Kembali atau tepatnya di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Indahnya gemerlap cahaya lampu-lampu lampion yang ada bakal menambah suasana romantis kota Jogja pada malam hari.

12. Taman Bunga Nawari.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@didit.photograf

Taman bunga ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Di lahan seluas kurang lebih 560 meter persegi tersebut, terdapat sekitar 12 ribu tanaman bunga matahari yang telah ditanam sejak Maret 2018 lalu. Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi taman bunga satu ini, cukup siapkan uang sebesar Rp 6 ribu. Murah banget, kan?

13. Kebun Bunga Asri.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@gritteagathaa

Selain identik dengan laguna serta tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak, kini Pantai Glagah yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini memiliki magnet baru berupa kebun bunga matahari.

14. Kebun Bunga Hutan Pinus Mangunan.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@wisatadlingo

Tahu nggak, sih? Di hutan yang terletak di daerah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini kamu nggak cuma bisa menikmati udara sejuk dan pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang, lho.

Di salah satu sisi dari hutan ini terdapat lahan yang penuh dengan bunga celosia dan marigold. Menarik, kan? Cukup dengan membayar Rp 5 ribu kamu sudah bisa ber-selfie ria di kebun cantik ini.

15. Taman Gumuk Pasir.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@imam_hi

Pernah terbayang nggak sih kalau gumuk pasir ternyata bisa ditanami bunga? Nah, daripada susah-susah membayangkan, kamu bisa banget lho buat berkunjung langsung ke gumuk pasir di Pantai Parangkusumo, Bantul. Ada beberapa jenis bunga yang ditanam di gumuk pasir ini, salah satunya adalah bunga matahari.

16. World of Magic.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: brilio.net

Pertunjukan sulap selalu bikin penonton terpukau karena seolah punya ilmu sihir. Padahal, semuanya hanyalah trik semata. Nah, di Yogyakarta ada tempat wisata baru World of Magic. Di rumah sulap ini kamu nggak cuma berwisata sambil selfie, tapi juga bisa membongkar semua triknya. Yuk telusuri setiap wahana yang disajikan.

World of Magic yang terletak di Jalan Magelang memiliki 8 ruangan yaitu interaktif room, cafe room, levitation room, colorful room, romantic room, live show, play ground, souvenir room. Wisata ini buka setiap hari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Pastikan ajak teman atau keluarga kalau mau main ke sini!

17. Kampung Teletubbies.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: istimewa

Salah satu destinasi wisata terbaru di Yogyakarta adalah Desa Wisata Rumah Domes. Desa wisata Rumah Domes ini berada di Dusun New Ngelepen, Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Rupanya, warna-warni cat dari semua bangunan itu di sponsori oleh Avian Brands, selaku produsen Cat Tanah Air dalam menjalankan tanggung jawab dan kepeduliannya terhadap pertumbuhan pariwisata di Indonesia.

Sebanyak 80 rumah warga di Desa Wisata Rumah Domes diwarnai menggunakan No Drop Cat pelapis Anti Bocor. Dengan hadirnya suasana berwarna-warni ia berharap dapat membuat wisatawan nyaman dengan keindahan yang ada.

18. Tugu Jogja.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: liputan6.com

Tugu Jogja sebagai ikon dari kota Yogyakarta. Tugu Jogja kental dengan makna dan nilai sejarahnya. Letaknya yang strategis membuatmu mudah untuk menjangkaunya. Terletak di tengah perempatan anatar Jalan Sudirman, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Pangeran Diponegoro, dan Jalan AM. Sangaji. Tidak menggunakan tiket masuk, jadi kamu bisa bebas melihat dan berfoto tapi karena Tugu Jogja terletak di tengah lalu lintas kota kamu harus ekstra hati-hati.

19. Candi Ratu Boko.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: pinterest.com

Candi ini merupakan situs purbakala zaman dahulu kala. Terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini memiliki pesona yang alam yang indah sehingga biasanya diburu oleh para fotografi dan karena pemandangannya yang indah apalagi di waktu sunset.

20. Alun-alun Kidul.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: pinterest.com

Alun-alun ini dikenal dengan nama alkid. Alkid menjadi salah satu ikon dari Yogyakarta karena masih memiliki makna dan sejarah bersama dengan Keraton Jogja. Alkid menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang banyak peminatnya. Terdapat dua beringin besar yang biasa dilakukan orang untuk masangin. Masangin sendiri adalah jalan melewati kedua pohon beringin dengan mata tertutup, dengan mitos orang yang memiliki hati dan pikiran yang bersih akan berhasil dan keinginannya akan terwujud.

Ketika malam hari, biasanya banyak terdapat odong-odong semacam mobil yang menyala dengan lampu kelap kelip yang indah ditambah alunan musik. Di seberang jalan yang memutar banyak penjual makanan dan minuman.

21. Kalibiru.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@nour.brahimii

Wisata alam satu ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Keindahan alamnya jadi lokasi yang instagramable, lho. Bahkan nggak jarang ada yang foto pre-wedding di sini. Selain itu lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi kegiatan outbond.

Lokasi Kalibiru ini berupa area hutan kemasyarakatan (hutan yang dikelola masyarakat) yang ada di Perbukitan Menoreh. Dari puncaknya, kamu bisa melihat panorama indah dan waduk Sermo. Cuacanya yang sejuk bikin refreshing dari kepenatan kesibukan sehari-hari makin mantap.

Kalau kamu mau ke sini, lokasinya hanya berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja. Ambil saja rute Jogja kemudian ke Wates menuju Sentolo. Dari Sentolo kamu ke arah Waduk Sermo. Kalibiru ini nggak jauh dari waduk Sermo. Hanya butuh waktu 30 menit dari waduk Sermo ke Kalibiru. Kalau diakumulasikan dengan lamanya perjalanan dari Kota Jogja, kira-kira kamu butuh waktu 1-1,5 jam perjalanan motor atau mobil dari Jogja sampai ke Kalibiru.

22. Rumah Paris.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@rumahparis

Inget video musiknya Sheila on 7 untuk lagu Lapang Dada? Di sinilah lokasi syutingnya, Sobat Brilio. Disebut Rumah Paris karena dekorasinya mirip rumah-rumah di Eropa. Fungsinya sih sebagai penginapan tapi sudut-sudut area bangunan bisa dimanfaatkan untuk foto pre-wedding atau berfoto ala-ala kekinian gitu. Selain penginapan, pengelola Rumah Paris juga menyediakan fasilitas breakfast untuk pengunjung yang menginap.

Kamu yang pengen banget ke sini, lokasi Rumah Paris di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Rute dari pusat Kota Jogja seperti Malioboro, ke arah Jalan Parangtritis, lantas menuju Tembi. Terus tinggal tanya aja alamat persis Rumah Paris.

23. Watu Lumbung.

1-25 tempat wisata jogja1 instagram

foto: Instagram/@fdynsa

Nama lengkapnya Kampung Edukasi Watu Lumbung, yang terletak di Bukit Parangtritis, Kretek, Bantul. Untuk menuju ke sini, rutenya adalah Kota Jogja ke arah Jalan Parangtritis, kemudian ke Jembatan Kretek. Dari jembatan ini kamu belok kiri untuk sampai ke Watu Lumbung.

Di Watu Lumbung kamu bisa mendapatkan panorama eksotis, yakni sunset dan sunrise. Keunikan tempat wisata ini adalah nilai kepedulian. Kok, bisa? Ternyata di sini ada kedai minuman, Kedai Wedangan, yang mengizinkan pembeli menukar satu paket makanan gratis dengan tiga buku layak baca yang dimiliki si pembeli. Program ini dijalankan karena pihak Watu Lumbung punya perpustakaan yang diperuntukkan untuk warga setempat. Wah, keren banget ya?!

24. Rumah Warna-Warni Code.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: Istimewa

Pinggiran sungai Code di Jogja jadi salah satu sudut yang wajib kamu abadikan. Di sini, rumah-rumah warga dicat warna-warni yang menunjukkan semangat keceriaan dan kemandirian para penghuninya. Wah... kalau kamu ke sini, mood-mu bisa jadi cerah ceria, nih.

Lokasi rumah warna-warni Code ini nggak jauh dari Tugu Jogja. Dari Tugu Jogja kamu berkendara ke Jalan Jenderal Sudirman. Cuma sekitar 5-10 menit kamu akan menemui sebuah jembatan yang melintasi Kali Code. Tepat di jembatan tersebut, di sebelah kanan, kamu akan menemui rumah warna-warni tersebut.

25. Queen Of South Resort.

tempat wisata jogja1 instagram

foto: ventiindiani.blogspot.com

Mau piknik ke tempat eksotis dan terkesan wah? Dateng aja ke Queen Of South Resort. Di resort yang terletak di kawasan Pantai Parangtritis ini, kamu bisa menikmati keindahan sunset. View-nya nggak kalah cantik dari Bali, kok.

Kalau kamu mau menikmati sunset di sini, nggak perlu nginep di resort. Tapi kamu wajib bayar untuk menikmati keindahan alam tersebut. Selain itu juga ada camilan dan minuman yang dijual di kawasan ini.

Untuk sampai ke lokasi ini terbilang mudah. Dari Malioboro kamu ambil rute ke Jalan Parangtritis. Ikuti aja jalan sampai pantai Parangtritis. Seenggaknya waktu yang kamu butuhkan dari pusat kota ke resort ini adalah sekitar satu jam.

26. Tebing Breksi.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@sarahlistantii

Ini tempat hits baru di Jogja. Anak kekinian nggak afdol kalau nggak ke sini. Tebing Breksi sendiri merupakan tebing kapur yang terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Di sini, selain kamu bisa naik ke tebingnya untuk melihat pemandangan sekitar, kamu juga bisa duduk-duduk di arena pertunjukan.

27. Pantai Parangtritis.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: liputan6.com

Pantai parangtritis adalah wisata Jogja yang sangat terkenal. Banyak pelancong yang sengaja berwisata di sini, Parangtritis adalah pantai terluas di Yogyakarta. Selain indah, pantai ini dikenal dengan mitos Nyi Roro Kidul yang sangat kental. Menyuguhkan suasa yang alami apalagi kamu bisa menikmati indahnya pantai ketika sunset.

28. Pantai Depok.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: liputan6.com

Pantai yang terletak di sejalur pantai Parangtritis ini tidak kalah jauh indahnya. Pantai Depok menjadi salah satu wisata yang disukai pengunjung karena dikenal dengan tangkapan ikan nelayan yang masih segar. Terdapat pasar ikan dan juga warung-warung tersedia apabila kamu ingin menyantap ikan yang sudah kamu beli.

29. Pantai Sundak.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: liputan6.com

Gunungkidul memiliki banyak pantai yang indah salah satunya Pantai Sundak. Pantai sundak memiliki pasir putih dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan. Selain pasirnya yang putih, air di Pantai Sundak ini sangat jernih banyak para wisatawan berenang di sini. Di sepanjang pantai yang terletak di Tepus ini, kamu bisa mendirikan tenda untuk berkemah dan bercengkrama dengan rekanmu.

30. Pantai Siung.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@suryalaksana_1

Dari kota Jogja kamu bisa sampai ke pantai Siung dengan menempuh sekitar dua jam perjalanan. Pantai ini indah dengan batu-batu berukuran besar. Selain itu bagi kamu pecinta panjat tebing, di Pantai Siung kamu bisa menyalurkan hobimu tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendirikan tenda di sepanjang pantai ini.

31. Pantai Pok Tunggal.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@pesonajogja

Pantai ini termasuk salah satu pantai tercantik yang ada di Jogja. Dikelilingi tebing karang dengan pasir putih dan ari yang jernih menambah indahnya suasana pantai ini. Di pantai ini terdapat aliran sungai air tawar bawah tanah. Pantai yang terletak di Gunungkidul ini memang pantas menjadi salah satu wisata indah di Jogja, kamu harus coba datang ke sini.

32. Pantai Indrayanti.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@fyhaz_photokober

Pantai Indrayanti terletak di Tepus, Gunungkidul. Pantai yang indah ini memiliki nama asli Pulang Sawal, namun masyarakat di sana sudah terbiasa menyebut pantai ini dengan nama Indrayanti. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang keren, karena cukup ramai dikunjungi oleh pengunjung. Pasir putih dan air yang jernih membuta kamu nyaman menikmati pemandangan yang indah sambil bermain air.

33. Pantai Krakal.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@kurniarani3

Pantai ini terlatak di Tanjungsari. Tidak kalah dengan pantai yang lainnya, kamu harus coba datang ke pantai ini. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata di Jogja. Pantai dengan ombak yang cocok untuk kamu yang mau berselancar.

34. Pantai Samas.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@gapaiwieasa

Di pantai ini terdapat mercusuar dan memiliki pemandangan yang indah di atas ketinggian. Pantai yang keren ini memiliki bibir pantai yang curam dan ombak yang cukup besar, jadi kamu tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Di sebelah timur pantai Samas terdapat tempat yang disebut 'Pesona Pengklik' tempat untuk memancing.

35. Pantai Goa Cemara.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@pesonajogja

Wisata ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ketika berlibur. Pantai ini terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan. Selain itu terdapat pohon cemara yang bentuk seperti goa. Ditengah seperti lubang gua menjadi jalan menuju pantai. Selain dipenuhi pohon cemara yang membuat suasana sejuk, terdapat pula mercusuar.

36. Pantai Baru.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/nisfa.syaban

Pantai yang terletak di Bantul, sejalur dengan Pantai Goa Cemara ini bisa kamu melihat mercusuar yang menjadi andalan di Pantai ini. Pantai Baru ini sudah dikenal cukup lama sejak tahun 2010. Suasananya cocok untuk kamu yang ingin berlibur di Jogja. Sama seperti pantai Goa Cemara yang terdapat cemara, di sini kamu juga bisa menikmati pemadangan pohon cemara sebagai salah satu spot foto, permainan, dan juga kuliner.

37. Pantai Pandansari.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@anggidp28

Wisata pantai Bantul ini terletak di Sanden dengan hanya merogoh uang sebesar Rp 3.000 per orang kamu bisa menikmati pemandangan yang indah pantai ini. Selain banyak spot foto yang keren, pantai ini juga menyuguhkan wisata agro buah naga. Tidak hanya buahnya saja, di sini juga terdapat kebun buah naga berwarna merah. Kamu bisa bebas memetik dan menyantap buah naga langsung dari kebunnya yang tentu memiliki cita rasa yang berbeda dengan membeli.

38. Pantai Pandansimo.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: pinterest.com

Salah satu wisata pantai yang ada Jogja patut kamu datangi. Terletak di Bantul pantai ini memiliki ciri khas kindir angin disepanjang jalannya, seakan kita bisa merasakan aura berlibur di Belanda. Kincir angin digunakan untuk pembangkit listrik sebagai penerangan pantai ketika malam hari.

Pantai yang terletak di sisi paling barat dan berdekatan dengan sungai Progo ini bisa kamu nikmati dengan bermain air dan pasir. Selain itu Pandansimo juga lekat dengan suasana mistis karena pernah menjadi tempat tirakatnya Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Tidak hanya itu, pantai ini menjadi salah satu inspirasi dari penduduk sekitar untuk mencari nafkah dengan mencari ikan.

39. Pantai Kuwaru.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@macinoe

Liburanmu bisa dihabiskan di pantai bantul yang satu ini. Pantai Kuwaru menyuguhkan wisata pantai yang santai tetapi tetap seru. Kamu bisa bersantai dan menghilangkan seluruh penat di pantai ini. Suasana cukup ramai di akhir pekan, karena menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang alami dan sejuk.

40. Pantai Timang.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@febbyrastanty

Pantai ini dikenal dengan ciri khas pesona yang indah dan keren. Tepatnya di Tepus, Gunungkidul ini mempunyai gondolanya yang sangat menantang adrenalin. Pantai ini terkenal hingga ke Negara Korea Selatan, bahkan salah satu variety show SBS sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati tantangan adrenalin dari gondola pantai Timang. Selain gondola kamu akan disuguhkan dengan suasana yang seru, pemandangan yang indah. Pasti kamu bisa puas bermain dan berlibur di sini.

41. Pantai Ngelambor.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@BINTANGNGLAMBORSNORKELING

Di sini kamu tidak hanya bisa berwisata berenang, kamu bisa mencoba aktivitas snorkeling. Pantai ini terletak di Gunungkidul. Tentu kamu akan melihat betapa indahnya kehidupan di bawah laut. Melihat ikan dan juga terumbu karang. Kamu tidak perlu takut diterpa ombak besar, karena dibetengi oleh dua terumbu karang yang besar. Ombaknya yang pelan, membuat terumbu karang tumbuh dengan subur. Meskipun sudah ramai dikunjungi wisatawan, kondisi Pantai Ngelambor masih alami dan bersih.

42. Pantai Glagah.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@istymaulidah

Pantai Kulonprogo yang satu ini memiliki ciri khas laguna yang indah. Laguna terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar. Ketika kamu berjalan ke tepi laguna, kamu akan merasakan sensasi seolah berjalan di tengah pantai dan merasakan desiran ombak. Tentu pantai ini cocok untuk kamu yang suka foto.

43. Hutan Mangrove dan Pantai Baros.

 tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@davd.hermawan

Kamu bisa menikmati wisata ekosistem hutan Mangrove yang tumbuh di rawa-rawa berair payau di Bantul. Ekosistem Mangrove ini sebagai upaya penyelamatan muara sungai Opak. Usaha itu patut diacungi jempol karena berhasil mengembangkan hutan bakau yang sebelumnya diprediksi tidak dapat tumbuh dengan kondisi tanah dan lingkungan yang tidak memenuhi persyaratan. Setelah kamu melewati jalan Mangrove, kamu disuguhkan pantai Baros.

44. Pantai Wedi Ombo.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@jogjatulen

Pantai Gunungkidul Wedi Ombo menyuguhkan tempat dimana kamu bisa berenang sekaligus mandi dengan air alam alami. Tersedia kolam dengan batasan karang yang besar. Selain untuk berenang, kamu bisa mejadikan kolam ini sebagai spot foto keren dan Instagramable. Tersedia spot camping dengan panorama indah apalagi sambil melihat sunset.

45. Gembira Loka.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@glzoojogja

Wisata Jogja yang satu ini selain untuk melepas panat juga sebagai wisata edukasi. Kita bisa mengenal berbagai macam hewan dan tumbuhan mulai yang jinak, buas, hingga yang dilindungi Negara. Setiap spot diberikan informasi mengenai hewan maupun tumbuhan yang ada. Ada pula atraksi hewan yang bisa membuat kamu terpesona dengan tingkah lucu para hewan, tidak hanya itu kamu juga bisa diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan beberapa hewan seperti unta, gajah, dan burung.

46. Taman Pintar.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@tamanpintar_yogyakarta

Taman pintar terletak di tengah keramaian kota Jogja, Jalan Panembahan Senopati. Dekat dengan Pasar Beringharjo dan juga Titik 0 Km. Seperti namanya, wisata ini memberikan kita berbagai edukasi yang keren dan unik. Taman pintar menyuguhkan 9 spot yang bisa kita masuki. Untuk kamu yang belum pernah bertemu langsung dengan dinosaurus, di gedung Oval Taman Pintar terdapat Tyrannosaurus Rex.

47. Malioboro.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: brilio.net

Malioboro adalah wisata Jogja yang terkenal dan indah menjadi tempat yang bisa dibilang pasti akan dikunjungi oleh wisatawan. Kamu akan disuguhkan rentetan bangunan yang dijadikan Mall dan tempat belanja. Kamu bisa belanja apa saja di sini. Di depan mal terdapat para pedagang kaki lima yang berejer dengan berbagai dagangannya.

Bukan hanya sekerdar tempat belanja, bangunan tersebut memiliki arti makna sejarah dari ke masa-masa. Malioboro akan lebih terlihat indah dan ramai ketika malam hari. Di sepanjang jalan kamu bisa melihat banyak andong dan becak yang siap membawamu jalan-jalan keliling malioboro. Di ujung jalan Malioboro kamu akan melihat istana presiden. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bercengkrama dan menikmati suasana malam di Titik 0 Km yang tentunya terdapat banyak atraksi seperti foto dengan hantu, terkadang ada konser musik, dan lainnya.

48. Museum Benteng Vredeburg.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: wikipedia.org

Benteng ini berada di ujung selatan Malioboro. Di dalamnya terdapat diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan di masa penjajahan. Museum ini tutup hari Senin, selain itu buka jam 8 pagi hingga 4 sore, khusus untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional buka sampai jam 5 sore. Ketika kamu mulai masuk ke dalam, kamu akan melihat dua patung pahlawan Indonesia Jenderal Soedirman dan Jenderal Oerip Soemohardjo. Lokasi benteng Vredeburg ini luas, di jamin kamu akan puas menikmati suasana penuh sejarah.

49. Pasar Beringharjo.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: liputan6.com

Kalau kamu sedang berlibur ke Jogja, jangan lupa berkunjung ke Beringharjo, di sini menjual berbagai macam barang komplet dari yang harga murah hingga mahal. Namun pasar ini memiliki makna penting bagi Jogja, kalau kamu berwisata ke Jogja tidak afdol kalau tidak belanja dan main ke Pasar Beringharjo. Pasar yang terletak di tengah kota dan tepat di samping Malioboro ini selalu ramai orang. Selayaknya sebuah pasar, Beringharjo buka dari pagi hingga jam 4 sore saja.

50. Seribu Batu Songgo Langit.

tempat wisata jogja2 instagram

foto: Instagram/@rokib_qibun

Tempat ini cocok untuk kamu yang suka berfoto. Bertempat di huatn Pinus, Bantul merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang terkenal indah dan wajib kamu kunjungi. Kamu benar-benar bisa merasakan suasana alam yang asri dan damai. Tidak hanya itu, terdapat juga rumah para kurcaci yang tidak kalah keren. Kamu yang senang dengan adrenalin bisa mencoba wahana Flying Fox dengan merogoh uang sebesar Rp 15 ribu rupiah.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    10%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    30%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    60%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more