×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Bencana alam dunia yang paling besar & mengerikan sepanjang sejarah

View Image

0

BRILIO » Duh

10 Bencana alam dunia yang paling besar & mengerikan sepanjang sejarah

Korban jiwanya sangat banyak dan memberikan trauma mendalam.

16 / 07 / 2017

Brilio.net - Bencana alam adalah kejadian paling mengerikan di muka bumi ini. Manusia yang tinggal di dunia ini pun hampir semuanya pasti pernah merasakan bencana alam, dari yang besar sampai kecil sekali pun.

Disebut mengerikan karena bencana alam yang terjadi biasanya efeknya sangat besar, bisa menghancurkan infrastruktur suatu kota dan paling parah adalah memakan banyak korban jiwa.

Bencana alam biasanya berupa gempa bumi, angin topan, banjir, tsunami, sampai kekeringan. Semuanya sangat berbahaya.

Tapi tahukah kamu, kalau sepanjang sejarah ini telah banyak kejadian bencana alam yang amat sangat dahsyat? Saking besarnya beberapa bencana alam ini sampai disebut-sebut banyak orang sebagai bencana alam yang paling buruk untuk manusia, karena juga memakan banyak korban jiwa. Apa saja?

Simak ulasannya di bawah ini, 10 kejadian bencana alam paling ngeri dan besar sepanjang sejarah, seperti dilansir brilio.net dari Liztamaze, Sabtu (15/7):

Loading...

1. Gempa Antiokhia tahun 526.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Gempa Antiokhia adalah sebuah ledakan besar yang menimpa Suriah dan Antiokhia di bulan Mei tahun 526 yang menewaskan lebih dari 250.000 orang. Gempa dengan besar guncangan sekitar 7,5 skala ritcher ini diikuti oleh api dan gempa berturut-turut yang membuat orang-orang Kekaisaran Bizantium merasa sangat ketakutan.

2. Gempa Haiyuan tahun 1920.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Haiyuan, yang terletak di Republik Cina, mengalami bencana gempa bumi pada tahun 1920 yang menghancurkan kota dengan guncangan sekitar 7,8 skala ritcher dengan angka kematian 273.400 orang. Namun, laporan lainnya menyebut besar gempa ini justru mencapai 8,5 skala ritcher.

Kota-kota besar seperti Xining, Taiyuan, Lanzhou, dan Xi'an hampir bisa dikatakan langsung habis dan dampaknya memicu tanah longsor di Kabupaten Guyuan yang langsung menewaskan lebih dari 30.000 orang.

3. Gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia tahun 2004.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Tsunami adalah bencana alam paling dahsyat di dunia yang pernah dikenal peradaban manusia. Secara teknis, Tsunami adalah gempa yang terjadi di bawah laut dan dampak yang ditimbulkan relatif tidak berbahaya. Tapi, saat gempa tersebut menyerang dengan guncangan di atas 9.0 skala ritcher bawah laut, maka masalah ini menjadi perhatian serius.

Pada tahun 2004 Samudra Hindia diguncang gempa bumi hebat sekaligus tsunami. Gempa ini terjadi dengan guncangan yang sangat keras 9,1-9,3 skala ritcher, yang dikabarkan langsung menelan korban jiwa sebanyak 280.000 orang.

Gelombang tsunami ini disebut telah menghancurkan tanah di 14 negara, dan yang paling parah adalah Indonesia, India dan Sri Lanka.

4. Topan Calcutta tahun 1737.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Topan Calcutta dianggap sebagai gempa sangat besar yang pernah terjadi di Eropa. Calcutta, yang saat ini dikenal sebagai Kolkata, dikejutkan oleh topan mematikan ini pada tanggal 7 Oktober 1737, yang dikabarkan memakan korban jiwa hampir 300.000 orang.

Topan dahsyat ini juga menghancurkan sekitar 20.000 kapal dari pelabuhan termasuk desa-desa di dekatnya, dan dianggap sebagai bencana yang paling mengerikan dalam sejarah umat manusia. Topan ini bisa menerbangkan rumah, memotong sambungan jalur kereta api, menyebabkan tanah longsor di daerah pegunungan, dan juga menyebabkan banjir besar di seluruh negara bagian.

5. Topan Bhola tahun 1970.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Topan Bhola adalah topan destruktif yang sangat kuat dan membunuh 500.000 orang secara langsung. Pada tanggal 12 November 1970, topan tersebut terjadi di Bangladesh dengan kecepatan angin sangat tinggi yaitu 185 km/jam. Topan ini mencabut hampir semua pulau di dekatnya yang mempengaruhi sekitar 45% penduduk Upazila.

6. Gempa Tangshan tahun 1976.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Tangshan adalah kota industri yang terletak di timur laut Hebei, China. Gempa ini menimbulkan getaran yang sangat besar, sekira 7,8 skala ritcher.

Pemerintah China menganggap gempa ini sebagai gempa bumi terbesar dan dahsyat di abad ke-20 karena memakan sangat banyak korban jiwa, yakni sekitar 655.000 orang. Namun menurut hitungan resmi yang terakhir dirilis korbannya berkurang menjadi sekitar 240.000 orang.

7. Gempa Shaanxi tahun 1556.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Gempa Shaanxi adalah gempa bumi yang paling mengerikan di dunia, dengan guncangan 8,0-8,3 skala ritcher. Gempa bumi pada tahun 1556 ini terjadi pada malam hari di daerah padat penduduk dan langsung menelan sekitar 830.000 korban jiwa penduduk China.

Gempa ini juga berdampak pada medan pegunungan sekitar yang menyebabkan tanah longsor besar dan mengakibatkan wilayah desa terdekat menjadi hilang.

8. Banjir Sungai Kuning tahun 1887.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Banjir Sungai Kuning disebabkan karena luapan sungai terdekat, yang semula dibangun oleh petani pada tahun 1887 untuk difungsikan sebagai waduk. Namun, sungai mengungguli kapasitas dengan kelebihan luapan karena hujan. Akibatnya banjir besar ini terjadi.

Banjir dahsyat ini dikabarkan membunuh sekitar 900.000 sampai 2.000.000 korban jiwa, merusak tanaman, menghancurkan gubuk, dan memicu penyakit yang paling berbahaya. Sekitar dua juta orang juga langsung kehilangan tempat tinggal karena banjir.

9. Banjir China tahun 1931.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Pada tahun 1931, China mengalami banjir mematikan dan menghancurkan yang diketahui merupakan peristiwa terburuk di abad ke-20. Total korban jiwa akibat Banjir China ini diperkirakan sekitar 3,7 juta dan 4 juta orang dan disebut salah satu bencana terburuk dalam sejarah umat manusia.

Kasus kelaparan, kematian, tunawisma, dan penyakit mematikan sangat umum terjadi, di mana dampak utamanya adalah dari bulan Juli sampai Agustus 1931. Kondisi cuaca yang tidak normal adalah penyebab utama di balik banjir, yang berlangsung terus-menerus selama dua bulan yang panjang yang menyebabkan air 'marah'.

10. Kekeringan paling mematikan di China tahun 1876-1879.

Bencana mematikan sepanjang sejarah dunia © 2017 brilio.net

Kekeringan yang paling mematikan ini juga dikenal sebagai 'Kelaparan Tiongkok Utara' dan disebut bencana alam yang paling mengerikan sepanjang masa.

Kondisi kekeringan melanda hampir seluruh wilayah di China karena selama tiga tahun tak pernah turun hujan. Akibatnya China kala itu menjadi seperti daerah padang pasir.

Bencana kekeringan ini dikabarkan membunuh 9-13 juta orang. Kelaparan dan serangan penyakit jadi faktor utamanya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    14%

  • Ngakak!

    17%

  • Wow!

    19%

  • Sedih

    36%

  • Marah

    11%

  • Love

    3%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more