×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Fakta unik gen orangtua ke anak, kecerdasan menurun dari ibu

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

8 Fakta unik gen orangtua ke anak, kecerdasan menurun dari ibu

Cek kembali, kamu pintarnya beneran mirip ibumu nggak?

26 / 11 / 2018 06:01

Brilio.net - Setiap pasangan pasti mengharapkan adanya keturunan dari hasil pernikahan mereka. Harapan memiliki bayi semakin besar ketika keduanya sudah benar-benar siap mental untuk memiliki buah hati.

Meski begitu, tidak semua pasangan yang sudah menikah bisa langsung dikarunia seorang anak. Ada yang harus menunggu bertahun-tahun, bahkan ada juga yang tidak dikaruniai keturunan sama sekali dalam hidupnya. Semua tergantung dari ketetapan Yang Maha Kuasa.

Memiliki anak pastinya menjadi salah satu momen membahagiakan. Banyak pasangan yang berharap anak mereka bisa menuruni hal-hal positif dari orangtuanya, entah dalam hal kecantikan, kecerdasan, sifat, maupun hal-hal lain. Ya, beberapa sifat secara ilmiah memang bisa diwariskan dari orangtua kepada anak melalui gen. Bahkan, riwayat penyakit pun juga bisa diturunkan pada sang buah hati.

Kira-kira hal apa saja yang bisa diwariskan pada anak? Dan siapakah yang lebih dominan mewariskan gen itu? Apakah ayah atau ibu? Daripada penasaran, langsung aja yuk kita simak ulasannya yang sudah brilio.net lansir dari brightside.me, Senin (26/11).

1. Jenis kelamin mengikuti gen ayah.

Loading...

gen orangtua ke anak brightside.me

Pada umumnya gen kelamin anak akan mengikuti ayahnya. Jika sang ayah memiliki saudara laki-laki yang banyak, maka kemungkinan anaknya juga akan berjenis kelamin laki-laki. Namun jika sang ayah memiliki lebih banyak saudara perempuan, maka anaknya akan cenderung lahir perempuan juga. Meski begitu, tetap ada pria yang berpotensi memiliki anak laki-laki ataupun perempuan dengan jumlah seimbang. Namun pria seperti ini jumlahnya tidak banyak.

2. Kondisi gigi menurun dari ayah.

gen orangtua ke anak brightside.me

Jika seorang ayah sering mendatangi dokter gigi, anak-anaknya kemungkinan besar juga mengalami masalah gigi. Meski bentuk dan ukuran gigi yang diwariskan bisa diperoleh dari salah satu orangtua, namun gen ayah masih dominan. Jadi, jika seorang ayah memiliki gigi yang buruk, anak itu kemungkinan memiliki masalah yang sama juga.

3. Kecerdasan menurun dari ibu.

gen orangtua ke anak brightside.me

Gen yang memengaruhi kecerdasan terkandung dalam kromosom X. Inilah mengapa anak laki-laki mewarisi kecerdasan dari ibunya. Sementara anak perempuan menerima kecerdasan dari kedua orangtua, baik ayah maupun ibu.

Namun, hanya 40% kecerdasan ibu yang diwariskan, sisanya adalah pengalaman dan usaha sang anak untuk mengasah kecerdasan itu sendiri. Jadi, kerja keras dalam belajar sangat mempengaruhi. Rata-rata, IQ anak laki-laki memiliki perbedaan 15 poin dari ibu mereka.

4. Kecenderungan penyakit mental dan jantung berasal dari ayah.

gen orangtua ke anak brightside.me

Seiring bertambahnya usia, kualitas sperma menurun. Ini meningkatkan risiko penyakit mental, autisme, hiperaktif, atau gangguan bipolar pada anak yang akan dilahirkan jika usia sang ayah sudah tua. Selain itu, anak-anak yang lahir dari ayah berusia di atas 45 tahun dimungkinkan mengalami gangguan mental dan kesulitan belajar.

Pada usia berapa pun, pria yang memiliki penyakit jantung koroner cenderung meneruskan risiko penyakit itu ke putranya.

5. Hemofilia menurun dari ibu ke anak laki-laki.

gen orangtua ke anak brightside.me

Salah satu orang paling terkenal yang memiliki hemofilia adalah Tsarevich Alexei (sebelah kanan). Di sebelah kiri adalah nenek buyutnya, Ratu Victoria Inggris yang memiliki gen untuk hemofilia dan meneruskannya kepada beberapa anak, cucu, dan cicitnya.

Ada penyakit yang diwarisi dari ibu tetapi berkembang hanya pada anak laki-laki (sangat tidak mungkin bahwa anak perempuan mendapatkan penyakit ini). Itu terjadi ketika seorang wanita memiliki kromosom X dengan gen hemofilia dan meneruskan gen ini kepada putranya. Tidak seperti ibunya, anak itu hanya memiliki satu kromosom X, dan dia tidak memiliki apa pun untuk mengimbangi gen yang bermutasi.

Sama halnya dengan hemofilia, penyakit autisme yang diwarisi oleh sang ibu juga akan turun kepada putranya.

6. Kegemukan menurun dari orangtua.

gen orangtua ke anak brightside.me

Kecenderungan memiliki badan yang kurus ataupun yang gemuk juga diwariskan secara genetik. Beberapa pengukuran berat badan dan pinggang yang didasarkan pada gen mencapai prosentase sekitar 25%. Karena warisan gen inilah seseorang dengan berat badan berlebih seringkali mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan.

Meski sama-sama diwarisi oleh salah satu orang tua, tetapi kecenderungan menjadi gemuk lebih sering diwariskan daripada kecenderungan kurus. Selain itu, berat seorang anak lebih bergantung pada ibu mereka. Seorang anak akan kurus jika ibunya kurus. Namun jika sang ibu memiliki berat badan berlebih, anaknya mungkin juga akan berbadan ekstra setelah lahir.

7. Kecenderungan tinggi.

gen orangtua ke anak brightside.me

Ayah memengaruhi tinggi anak-anak mereka lebih dari ibu. Pria tinggi biasanya memiliki anak yang lebih tinggi. Sekitar 60-80% tinggi seseorang bergantung pada ayah dan ibu mereka, selebihnya adalah hasil dari pola makan, gaya hidup, dan kesehatan. Selain itu, tidak semua anak yang lahir memiliki tinggi badan sama dengan saudara-saudaranya meski mereka berasal dari orangtua yang sama. Biasanya, anak yang lebih muda lebih pendek dari yang lebih tua jika jenis kelaminnya sama.

8. Rambut keriting dan lurus.

gen orangtua ke anak brightside.me

Jika kedua orang tua memiliki rambut keriting, maka sang anak akan memiliki rambut keriting juga. Jika rambut kedua orangtuanya lurus, maka rambut anaknya pun juga akan lurus. Namun jika orangtuanya berbeda rambut, yang satu keriting dan yang satu lurus, maka bisa jadi rambut anaknya akan bergelombang.

Juga ketika kedua orang tua memiliki rambut keriting, namun ada riwayat rambut lurus di salah satu keluarganya, maka anak yang akan lahir pun tidak menutup kemungkinan memiliki rambut lurus.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    17%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more