Brilio.net - Jepang dan China dikenal sebagai negara yang memiliki inovasi unik dan kreatif. Didukung dengan teknologi canggih, inovasi dari kedua negara ini terkadang bikin banyak orang berdecak kagum. Tapi banyak juga penemuan mereka yang bikin geleng-geleng kepala.

Belum lama ini China mengumumkan terobosan baru yang bikin heboh. Menurut Ketua Institut Sains dan Teknologi Sistem Mikroelektronika Antariksa Chengdu, Wu Chunfeng, China khususnya kota Chengdu akan meluncurkan 'bulan' buatan pada tahun 2020.

Bulan buatan ini nantinya akan memiliki sinar delapan kali lebih terang dari Bulan yang asli. Tujuan utama diluncurkan satelit penerangan ini adalah untuk menggantikan lampu kota yang menerangi kota Chengdu dan sekitarnya.

china bikin bulan sendiri © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Loading...

Satelit bulan buatan ini akan memancarkan sinar di area dengan diameter 10 sampai 80 kilometer. Bulan buatan manusia ini akan memiliki lapisan yang dapat memantulkan cahaya dari matahari dengan sayap seperti panel surya. Sayap-sayap ini nantinya bisa dikendalikan untuk menyinari daerah-daerah tertentu.

Dilansir brilio.net dari laman people, Jumat (19/10), pengujian satelit penerangan ini memang sudah dimulai bertahun-tahun lalu. Sekarang sedang dalam tahap pematangan teknologi.

Nantinya jika terobosan ini berhasil diluncurkan, diharapkan bisa mengurangi pemakaian listrik untuk penerangan kota. Selain itu, fenomena bulan buatan ini juga diharapkan bisa menarik banyak turis asing untuk berkunjung ke kota Chengdu.