Brilio.net - Tahukah kamu jika ingin membuat air membeku lebih cepat adalah dengan cara memanaskannya? Prinsip ini terasa kontradiksi sebab yang kita ketahui adalah air panas membutuhkan waktu untuk menjadi dingin terlebih dahulu sehingga tak mungkin bisa membeku lebih cepat dari air dingin. Akan tetapi hal tersebut bisa terjadi dalam keadaan tertentu.

Hal ini bisa dijelaskan dengan adalah teori Efek Mpemba. DIkutip dari Science Alert, Minggu (3/12), nama ini diambil dari Erasto Mpemba, seorang siswa Tanzania yang melakukan penelitian tentang es krim di sekolahnya pada tahun 1963.

Mpemba bermaksud mendidihkan campuran krim dan gula, mendinginkannya lalu menyimpannya dalam mesin pembeku. Rasa penasaran mendorongnya mencoba menyimpan campuran krim dan gula itu ke dalam mesin pembeku ketika masih dalam keadaan panas.

Setelah 1,5 jam, campuran miliknya itu menjadi beku. Sedangkan campuran milik temannya yang dimasukkan dalam keadaan dingin belum membeku. Namun tema ini pernah diteliti oleh Aristoteles pada abad ke 4 SM. Selain itu, Sir Frances Bacon and Descartes juga pernah meneliti tentang hal ini.

Efek Mpemba  © 2017 Science Alert

Loading...

Ada lebih banyak gas terlarut di dalam air dingin dibandingkan di dalam air hangat. Para periset meyakini bahwa hal ini turut berpengaruh dalam hal pembekuan air, meski belum jelas bagaimana caranya.

Ada pula penelitian yang menyebut sifat-sifat ikatan hidrogen dan oksigen dalam air turut memberi pengaruh. Peneliti mengamati kemudahan molekul membentuk kristal es. Air yang lebih dingin diketahui memiliki ikatan hidrogen dan oksigen yang kuat, yang berarti molekul-molekul ini lebih lambat melakukan reformasi menjadi struktur es yang padat.

Pada air panas, ikatan hidrogen dan oksigen itu sangat lemah sehingga mudah saja terlepas. Memungkinkan masing-masing unsur membentuk ulang strukturnya, dalam hal ini menjadi es.

Efek Mpemba bahkan diyakini bisa berlaku pada cairan apapun, bukan hanya air. Pada air panas ditemukan lebih banyak ikatan sesama hidrogen yang kuat. Ikatan yang lemah akan hancur bersamaan dengan peningkatan suhu.

Berikut adalah sebuah video yang menampakkan air panas dapat membeku dalam sekejap ketika dilepaskan ke luar rumah ketika musim dingin. Salju di sini dapat menggantikan freezer.