Brilio.net - Tindak kriminal dan asusila bisa aja menimpa siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Objek yang dianggap rentan mengalami tindak kriminal dan asusila adalah wanita dan anak-anak. Walaupun memang sudah ada wanita belajar bela diri atau memang atlet bela diri, namun mereka masih banyak yang menjadi korban tindak kejahatan itu.

Nah, untuk melindungi wanita dan memberikan rasa aman dan nyaman, pemerintah berinisiatif menyediakan fasilitas umum khusus. Berikut ada empat layanan publik khusus untuk wanita sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/7):

1. Bus

layanan publik wanita © 2016 brilio.net

foto: merdeka.com

Loading...

Bus adalah transportasi umum yang sering kali digunakan untuk pergi beraktivitas, termasuk oleh wanita. Nah, di Jakarta sudah ada bus Transjakarta khusus wanita. Bus berwarna pink ini beroperasi sejak April 2016 lalu. Bus yang memiliki posisi kursi menghadap ke depan semua ini beroperasi pada pukul 05.00-22.00 WIB.

Bukan cuma di Jakarta, Surabaya pun punya bus khusus wanita yang punya stiker 'Bus Khusus Wanita' di depan dan lambung sebelah kiri bus. Bus yang beroperasi pada pukul 06.00-18.30 WIB ini sudah resmi beroperasi sejak Juli 2012, lho.

2. Gerbong kereta api (KA)

layanan publik wanita © 2016 brilio.net

foto: merdeka.com

Selain bus, kereta api (KA) juga jadi pilihan transportasi publik yang sering digunakan wanita. Nah, di Jakarta ada KA Commuter Jabodetabek yang memiliki gerbong khusus wanita. Umumnya gerbong khusus wanita ini berada di paling ujung karena pertimbangan kondisi sebagian besar stasiun di Jabodetabek. Hal ini membuat para wanita mudah mencapai gerbong saat akan berangkat.

KA dengan gerbong khusus wanita bukan hanya ada di Jakarta, lho. Beberapa negara seperti Jepang, India, Mesir, Iran, Brasil, Meksiko, Filipina, Malaysia dan Uni Emirat Arab juga punya KA yang salah satu gerbongnya hanya untuk wanita.

3. Jalan pink khusus pengendara wanita.

layanan publik wanita © 2016 brilio.net

foto: Sheila’s Wheels - metro.co.uk

Jalan dengan landasan berwarna pink di London, Inggris, bertujuan untuk para pengendara wanita merasa aman, nyaman, dan bebas dari pengendara pria yang iseng dan ugal-ugalan. Namun, ternyata kabar yang beredar pada tahun 2014 lalu ini masih sebatas proposal dari sebuah perusahaan asuransi. Kalau sampai benar-benar direalisasikan, perwakilan perusahan asuransi mengklaim bisa memakan biaya sekitar 880 juta Pound Sterling atau sekitar Rp 15 triliun.

4. Ruang menyusui.

layanan publik wanita © 2016 brilio.net

foto: shanghaiist.com

Bukan lagi rahasia kalau di beberapa spot tempat umum menyediakan ruang khusus wanita menyusui. Jadi, para ibu bisa tetap memberikan ASI eksklusif walau di tempat umum, tentu aja tanpa merasa risih. Area-area yang menyediakan ruang khusus ibu menyusui misalnya di terminal bus, mal, bandara, dan beberapa perusahaan. Bahkan kalau di China, ada kursi khusus yang ditutupi tirai khusus ibu menyusui, lho.

Kira-kira ke depannya bakal ada fasilitas khusus wanita dalam bentuk lain nggak, ya? Yang pasti, semua berharap wanita semakin nyaman dan aman dalam beraktivitas di mana pun dan kapan pun.