Brilio.net - Musim kemarau yang terik sering menyebabkan beberapa masalah, salah satunya kulit. Bibir kering dan pecah-pecah sering membuat tidak nyaman. Lapisan yang terlalu kering dapat menjadikan bibir perih, bahkan bisa menjadikan luka hingga berdarah. Tak heran jika bibir pecah-pecah ini sangat menganggu. Biasanya kebanyakan orang yang mengalami hal ini malah salah mengatasinya dengan sering menjilati bibir agar lebih lembab. Padahal hal ini malah akan menambah kering bibir.

Terkait masalah kulit ini juga dipengaruhi beberapa faktor seperti iritasi pasta gigi, dampak sinar matahari hingga seberapa banyak air yang kamu minum tiap harinya. Meskipun kamu sering mengenakan lip balm, tapi kalau kamu tidak minum air yang cukup, akan berpengaruh pada kelembaban kulitmu. Jika tak ditangani dengan benar masalah kering pada bibir ini juga bisa menjadi penyebab sariawan. Nggak mau kan penampilanmu terganggu gara-gara bibir kering ini?

Memang salah satu cara mengatasi masalah ini dengan lip balm, namum bantuan instan ini bersifat sementara dan terkadang bibir kembali kering. Bahan alami adalah solusi pilihan yang tepat untuk memberikan manfaat jangka panjang.

Berikut 12 bahan alami atasi bibir kering dan pecah-pecah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8). Kamu bisa melakukannya di rumah.

1. Minyak kelapa.

Loading...

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Minyak kelapa adalah pelembab atau pelumas alami terbaik yang akan mempercepat penyembuhan bibir kering. Selain itu minyak ini juga mencegah infeksi, terutama jika kekeringan telah menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Kandungan dari minyak kelapa adalah asam lemak sehat yang dibutuhkan bibir dan membuatnya lembut dan kenyal. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ini ke bibir kamu 2-3 kali sehari di siang hari. Kamu juga bisa melembabkan bibir kamu sebelum tidur.

2. Madu.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Madu memiliki sifat antibakteri yang luar biasa dan merupakan salah satu bahan penyembuhan alami yang baik untuk tubuh. Kamu juga bisa menambahkannya dengan petroleum jelly yang dapat digunakan untuk melembutkan dan memberi nutrisi pada kulit serta mencegahnya dari kekeringan bibir.

Kamu bisa mengoleskannya di bibir, biarkan selama 10-15 menit. Gunakan tisu basah untuk menyekanya. Jika bibirmu sudah sangat kering kamu bisa menggunakannya setiap hari selama seminggu agar bibir kamu lembab kembali.

3. Kelopak mawar.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Kelopak mawar memiliki sifat menutrisi kulit karena mengandung vitamin E. Selain itu juga membantu mempertahankan warna alami bibir kamu. Kamu bisa menambahkan bahan susu. Karena susu mengandung asam laktat yang secara lembut dapat memberikan efek mengelupaskan kulit mati dari permukaan bibir. Lemak, vitamin, dan mineral penting yang terkandung dalam susu membantu melembabkan dan menyehatkan bibir kering kamu.

Cukup dengan menumbuk enam kelopak mawar, kemudian rendam dengn menggunakan susu selama 2-3 jam. Oleskan pada bibir kamu, dan biarkan selam 20 menit. Bilas dengan air dingin. Kamu bisa mencobanya selama kurang lebih satu minggu.

4. Mentimun.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Sayuran dingin ini bisa menjadi pilihan terbaik kamu selama musim panas, jadi kamu bisa manfaatkan mentimun untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah. Mentimun adalah bahan hydrating yang sangat baik untuk kulit. Semua kulit kering akan hilang dalam beberapa hari dengan mentimun. Kamu bisa menggunakannya sekali atau dua kali setiap harinya. Caranya iris mentimun atau kamu bisa memblendernya dan mengoleskannya ke bibir. Tunggu hingga beberapa menit dan bilas menggunakan air.

5. Lidah buaya.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Lidah buaya mengandung bahan alami yang melembutkan kulit yang pecah-pecah dan dengan lembut menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati. Ini membantu memperkuat lapisan pelindung kulit yang tipis pada bibir dan juga memberikan efek pendinginan. Oleskan jel lidah buaya secara rutin sebelum tidur, biarkan semalaman.

6. Teh hijau.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Teh hijau mengandung antioksidan dan tanin yang membantu menyembuhkan kulit kering di bibir kamu. Ini juga mengurangi sensasi rasa terbakar yang mungkin kamu alami karena kekeringan. Dengan menggunakan satu kantong teh hijau dan secangkir air panas. Rendam selama beberapa menit. Tempelkan pada bibir selama beberapa saat dan ulangi sehari sekali.

7. Butter/mentega.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Butter atau mentega yang diekstrak dari sumber yang berbeda ini mengandung asam lemak esensial yang sangat bagus untuk memelihara kulit dehidrasi. Bahan-bahan seperti yogurt dan buttermilk juga mengandung lemak yang baik untuk kulit. Pada saat yang sama, mereka berfungsi sebagai astringen ringan. Oleskan sedikit butter kedalam bibir dan biarkan semalaman. Kamu bisa menggunakannya selama bebrapa hari.

8. Jus lemon.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Perawatan yang efektif untuk bibir yang gelap dan pecah-pecah adalh menggunakan jus lemon. Lemon berperan sebagai pemutih alami dan pengelupas sel-sel kulit mati. Dengan sedikit tambahan madu memelihara kulit dan melindungi bibir dari efek berbahaya radikal bebas. Kamu bisa mencampurkan satu sendok jus lemon, satu sendok madu serta 1/2 sendok teh minyak jarak dalam wadah. Kemudian oleskan pada bibir selama 10 menit dan bilas dengan air. Kamu bisa mengulanginya selama seminggu lebih.

9. Gula pasir.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Menggosok bibir dengan gula pasir akan membantu menyingkirkan lapisan kulit kering dan membuatnya terkelupas. Hasilnya, bibir kamu akan menjadi lunak dan kenyal. Ini juga mengubah warna alami bibir saat sirkulasi ditingkatkan. Campur satu sendok teh gula dengan tambahan beberapa tetes minyak zaitun dan madu. Oleskan campuran ini pada bibir kamu dan gosok dengan lembut dalam gerakan memutar. Gunakan scrub ini setip pagi.

10. Ekstrak vanilla.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ladameinvanilla

Kamu bisa mencampurkan 1/4 sendok teh bubuk vanilla, 2 sendok teh gula, 1 sendok teh soda, 2 sendok teh minyak zaitun. Ambil sedikit campuran itu pada bibir kamu. Gosok bibir selama satu menit dan bilas sampai bersih. Bubuk vanilla menambah rasa yang menyenangkan pada scrub bibir. Gula dan soda kue berfungsi sebagai pengelupas dalam campuran ini. Soda kue juga menenangkan sensasi terbakar yang menyertai bibir pecah-pecah.

11. Krim susu.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Krim susu memiliki kandungan vitamin, mineral dan asam laktat yang dapat melembabkan bibir secara alami, sehingga bibir kamu dapat kenyal dan sehat. Kamu bisa mengoleskan krim susu pada bibir, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan mengggunakan air yang sudah dibilas menggunakan air.

12. Minyak zaitun.

Bahan alami atasi bibir © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga mengandung asam lemak sehat yang dibutuhkan bibir dan membuatnya lembut dan kenyal. kamu bisa mengoleskan minyak ini pada bibir selama 10-15 menit sambil dipijat secara perlahan kemudian dicuci menggunakan air hangat.