×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Usia nenek ini 117 tahun, rahasianya cuma makan 3 butir telur per hari

View Image

0

BRILIO » Wow

Usia nenek ini 117 tahun, rahasianya cuma makan 3 butir telur per hari

foto: AP/Getty Images

Hampir satu abad menjalani diet.

07 / 11 / 2016

Brilio.net - Semua orang pasti mendambakan umur panjang serta hidup sehat hingga usia lanjut. Tapi bukan perkara gampang ya bisa merasakan umur panjang. Beberapa penelitian menyebutkan, faktor asupan makanan bisa sangat memengaruhi usia seseorang.

Inilah yang dirasakan Emma Morano, seorang nenek berusia 117 tahun asal Verbania, Italia. Ternyata rahasia si nenek adalah program diet yang dia lakukan. Emma hampir satu abad terbiasa mengonsumsi telur setiap hari.

Pola makan inilah yang membuat Emma menjadi salah satu orang tertua di dunia yang hidup di tiga generasi. Emma yang lahir pada 1899 memang sangat menyukai telur.

“Saya makan dua telur sehari, dan hanya itu. Dan kue. Tapi saya tidak makan banyak karena saya tidak punya gigi,” katanya kepada kantor berita AFP yang dikutip brilio.net, Senin (7/11).

Emma Morano © 2016 AFP-Getty Imagesfoto: Alessandro Grassani/The New York Times

Loading...

Kebiasaan Emma mengonsumsi telur mulai dia lakukan saat usianya 20 tahun ketika mengalami anemia. Saat itu dia berkonsultasi dengan seorang dokter yang kemudian menyuruhnya makan tiga telur sehari, dua mentah dan satu dimasak.

Sejak itu, dia terus menjalani diet lebih dari 90 tahun. Kalau dihitung, ada sekitar 100.000 telur yang sudah dia konsumsi.

“Emma sangat sedikit makan sayuran dan buah. Ketika saya bertemu dengannya, dia makan tiga telur per hari, dua mentah di pagi hari dan kemudian telur dadar di siang hari, dan sepotong ayam saat makan malam,” ujar dokter Carlo Bava yang menanganinya saat ini.

Emma Morano © 2016 The New York Timesfoto: Antonio Calanni/AP

Wajar sih kalau Emma diminta mengonsumsi telur. Sebab menurut NBC Health News dan majalah Gizi Madelyn Fernstrom, telur adalah pembangkit tenaga listrik untuk gizi.

Sebutir telur memiliki sekitar 75 kalori, 7 gram protein berkualitas tinggi, 5 gram lemak, dan 1,6 gram lemak jenuh. Telur juga mengandung 13 nutrisi penting, termasuk zat besi. Telur berkontribusi untuk mengontrol kesehatan berat badan, massa otot, otak dan fungsi mata.

Tuh sudah tahu kan rahasia si nenek. Kamu tertarik mencobanya?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    33%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more