Brilio.net - Bagi perempuan penampilan sangatlah penting, karenanya mereka melakukan banyak cara untuk menunjang dan memperbaiki penampilannya. Mulai dari diet juga perawatan di salon mahal.

Nah, ternyata selain melakukan perawatan di salon, kamu juga bisa mengambil manfaat anti-penuaan dini dari beberapa makanan lho.

Penasaran makanan apa saja yang masuk daftar memiliki manfaat mampu melawan penuaan dini?

Berikut 22 makanan itu seperti dilansir brilio.net dari delish.com, Rabu (31/8):

1. Wijen.

Loading...

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Bahan makanan yang satu ini selain diketahui memiliki kandungan kalsium yang tinggi juga memiliki kandungan hebat lainnya, seperti zat besi, magnesium, fosfor, serat dan masih banyak lagi.

2. Jamur.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Jamur adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara natural memiliki kandungan vitamin D. Sebuah vitamin yang paling sedikit dimiliki manusia. Tanpa vitamin D, kamu tidak bisa menyerap dengan benar kalsium.

3. Cokelat hitam.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Cokelat hitam adalah salah satu dari makanan yang memiliki kandungan flavonoid, yakni antioksidan yang sangat efektif mengikat radikal bebas. Selain itu jenis kandungan ini dipercaya bisa meningkatkan aliran darah ke kulit.

4. Buah zaitun.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Jika banyak orang hanya mengetahui manfaat minyak zaitun, ternyata buah zaitun juga memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh lho. Buah zaitun memiliki kandungan polifenol, antioksidan kuat, yang akan melindungi tubuh kita dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan demikian akan memberikan manfaat antipenuaan, antiinflamasi, antikanker, dan antipatogen.

5. Blueberry.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Menurut para ahli gizi, buah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada buah lainnya. Buah ini dapat memberikan perlindungan terhadap radikal bebas, polusi, dan memiliki kandungan vitamin c yang bagus untuk mencegah keriput, efek dari sinar matahari.

6. Kacang Brasil.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Meski kacang yang satu ini termasuk yang susah didapat, namun ia memiliki kandungan yang lebih bagus dari kacang biasa. Satu ons dari kacang Brasil ini memiliki kandungan selenium yang bagus untuk anti oksidan sebanyak 777 persen.

7. Tuna.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Omega 3 berperan untuk meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan K.

8. Paprika.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Selain bagus untuk garnish, paprika juga memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh lho. Menurut para ahli gizi, setengah cangkir paprika mentah memiliki kandungan vitamin C sebanyak 158 persen untuk kebutuhan harian manusia. Vitamin c selain bermanfaat untuk metabolisme juga berguna untuk antioksidan.

9. Nanas.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Buah tropis ini memiliki manfaat yang banyak untuk kecantikan, di antaranya adalah menjaga keelastisan kulit, memperbaiki kulit kaki, melembapkan kulit, serta mengembalikan kesehatan bibir.

10. Buah delima.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Merupakan sumber dari asam ellagic (yang terdiri dari Granatin B and Punicalagin), antioksidan, asam punicic, omega 5 asam lemak tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat untuk regenerasi sel dan proliferasi. Selain itu delima merah juga merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin A, C dan E dan mineral seperti kalsium, fosfor, potasium, zat besi, asam folat , niasin, thiamin, riboflavin dan folat.

11. Yogurt.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Yogurt menjadi makanan yang digemari ketika sedang menjalani program diet. Namun selain itu Yogurt memiliki sejumlah kandungan seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitamin B12 membuatnya bermanfaat untuk kesehatan dan perawatan kecantikan.

12. Madu manuka.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Berbeda dengan madu biasa yang cokelat bening dan kental, madu yang berasal dari Australia dan New Zealand ini warnanya cokelat muda, keruh dan kental, mirip karamel. Siapa sangka madu jenis ini ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa. Madu ini memiliki kandungan UMF (Unique Manuka Factor) yang tinggi. Karena kandungan antibiotik, antifungal, dan sifat antivirus membuat madu ini efektif sebagai obat jerawat.

13. Bayam.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Bayam memiliki kandungan yang banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin (dua anti-inflamasi epoxyxanthophylls) yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan. Bayam juga mengandung vitamin A yang tinggi dan dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu kandungannya memungkinkan retensi kelembapan yang tepat pada epidermis. Pada akhirnya dapat memerangi psoriasis, jerawat, keratinisasi, bahkan keriput.

14. Teh hijau.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mempunyai kandungan vitamin, saponin, theophyline, theobromine. Manfaat yang bisa didapat dari teh hijau adalah memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, mencegah kanker, melindungi kulit dari sinar matahari, hingga mengatasi jerawat.

15. Almond.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Kacang almond adalah kacang yang kaya dengan vitamin dan nutrisi, seperti asam lemak omega 9, 3 dan 6, juga asam palmiat, serat, vitamin E, kalsium, vitamin C, fosfor, zat besi, antioksidan yang tinggi dan masih banyak lagi lainnya.

16. Kacang kedelai.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Zat isoflavon di dalam kacang kedelai merupakan senyawa baik yang mampu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, yang disebabkan oleh polusi udara.

17. Lemon.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Lemon selain memiliki kandungan 51% dari kebutuhan vitamin c harian manusia, juga memiliki zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin B-6, dan lainnya. Manfaat yang bisa diperoleh dari lemon di antaranya adalah untuk mencerahkan kulit, mengatasi kulit kering, memperkecil pori-pori kulit serta detoksifikasi racun dalam tubuh.

18. Semangka.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Nutrisi pada semangka, seperti likopen, vitamin A dan C, menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka juga membantu mengusir timbunan radikal bebas pada tubuh.

19. Salmon.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Ikan salmon memiliki kandungan gizi yang banyak, seperti omega 3, protein, asam amino, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B, vitamin E, serta kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Asam amino dari ikan salmon dipercaya bisa memberikan proteksi tubuh dari radiasi serta menangkal penyebab munculnya keriput.

20. Daun ketumbar.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Daun ketumbar memiliki kandungan yang sangat baik yaitu desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, antijamur, dan sifat antioksidan daun ketumbar sangat ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur. Daun ketumbar juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi zat logam berat, sangat efektif untuk detoksifikasi merkuri dan aluminium.

21. Wortel dan ubi.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Wortel selain kaya akan vitamin A, juga memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Kalau ibu jalar menurut para ahli gizi memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.

22. Oatmeal.

makanan anti tua © 2016 brilio.net

Oatmeal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sangat penting untuk menjaga tubuh dari radikal bebas dan berdampak pada kecantikan, seperti pencegahan munculnya keriput.