Brilio.net - Setiap bahasa memiliki tata dan strukturnya sendiri, termasuk bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa jenis kalimat berdasarkan waktu, salah satunya adalah present tense.

Simple present tense adalah sebuah tenses yang biasa digunakan untuk membicarakan sebuah kejadian yang selalu terjadi berulang-ulang, atau sebuah kebenaran umum.

Simple present tense ini merupakan tenses yang paling sering digunakan dalam kehidupan atau aktivitas sehari-hari. Tenses itu sendiri merupakan perubahan bentuk kata kerja yang biasa digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan.

Buat kamu yang masih bingung dengan penggunaan simple present tense, brilio.net bakal kasih informasi yang bermanfaat buat kalian semua dilansir dari berbagai sumber, Kamis (22/9). Ulasan ini dijamin kalian bakal langsung paham dengan rumus-rumus simple present tense.

Arti simple present tense

Dikutip dari Modul Kemdikbud Bahasa Inggris: Introduction and Simple Present Tense, simple present tense merupakan jenis tense dalam bahasa Inggris untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung.

Arti simple present berasal dari kata "simple" yang artinya sederhana (biasa dilakukan) dan "present" berarti sekarang. Tense sendiri merupakan kata kerja yang menunjukkan waktu dari suatu kejadian.

Pada intinya simple present tense itu sendiri merupakan sebuah tenses yang menyatakan kejadian yang sedang terjadi saat ini juga. Supaya sobat brilio semua gampang ingat, kalian ingat kata tengahnya dulu yaitu present yang artinya sekarang.

Tenses ini dinamakan simple present tense karena tenses ini berkaitan dengan kegiatan sehari-hari yang biasa untuk menyatakan fakta dan peristiwa yang biasa dilakukan.

Struktur simple present tense

Sebelum sobri semua tahu rumus simple present tense, ada baiknya kalian tahu dulu struktur dari simple present tense ini dalam sebuah kalimat.

Berikut struktur dari sebuah kalimat:

- S: Subject(subjek)

- P: Predicate(predikat)

- C: Complement(pelengkap)

Ciri-ciri kalimat simple present tense

Rumus simple present tense, penjelasan dan contoh © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Dalam bahasa Inggris, setiap kalimat pasti memiliki ciri-cirinya masing-masing. Nah begitu juga dengan simple present tense yang juga memiliki ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Predikat dalam kalimat simple present tense berbentuk Bare Infinitive, maksudnya ialah bentuk tersebut merupakan verb atau kata kerja dari orang ketiga yang dalam kalimat ini memiliki akhiran huruf seperti s, es, atau ies.

2. Dalam bentuk kalimat verbal ada kalimat tanya maka harus ditambahkan kata do/does, lalu ditambahkan dengan subject. Sedangkan pada kalimat nonverbal akan diawali dengan to be(are,am,is).

3. Dalam kalimat simple present tense dengan bentuk negatif, perlu ditambahkan kata do not(don't)atau does not(doesn't). Apabila kata kerja yang digunakan itu berakhiran huruf s/es/ies, maka harus dihilangkan.

Magang: Muhammad Reza Ariski

(brl/lea)