Brilio.net -  

Alquran adalah firman atau kalam Allah SWT dan hanya diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran adalah mukjizat sehingga dalam sepanjang sejarah umat manusia tidak seorang pun yang mampu menandingi Alquran baik secara individual maupun kolektif. Membaca Alquran dicatat sebagai amal ibadah, sekalipun tidak mengerti maknanya.

Secara sederhana, Alquran adalah firman Allah yang mengandung mukjizat yang diturunkan kepada para nabi dan rasul melalui malaikat Jibril yang tertulis pada mushaf dan diriwayatkan kepada umat Islam. Keutamaan membaca Alquran adalah orang tersebut akan menjadi manusia yang terbaik. Membaca Alquran akan mendatangkan kenikmatan yang luar biasa. Orang yang membaca Alquran dengan fasih dan mengamalkannya akan bersama dengan para malaikat yang mulia derajatnya, serta seseorang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai Alquran, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (16/9).

Pengertian Alquran.

tujuan dan fungsi Al-Quran © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Secara etimologi, Alquran berarti bacaan. Oleh karena itu, Alquran harus dibaca dengan benar sesuai dengan makhraj dan sifat-sifat hurufnya, dipahami, serta diamalkan ke dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuan untuk menghidupkan Alquran baik secara teks, lisan, maupun budaya.

Sedangkan secara terminologi, Alquran sudah banyak diberikan pengertian oleh para mufasir. Ali Ash-Shobuni menyatakan, Alquran adalah firman Allah yang mu'jiz yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril yang ditulis dalam mushaf. Alquran diturunkan Allah kepada umat manusia agar dijadikan sebagai pedoman dalam setiap aspek kehidupan.

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang selalu relevan sepanjang masa. Kedudukan Alquran sebagai pedoman hidup menjadikannya agar senantiasa dikaji, dipelajari, dan diamalkan setiap saat. Alquran menurut istilah adalah firman Allah SWT.

Terdapat beberapa pengertian mengenai Alquran menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Prof Dr M Quraish Shihab, Alquran secara harfiah berarti bacaan yang sempurna. Ia merupakan suatu nama pilihan Allah yang tepat karena tiada suatu bacaan pun sejak manusia mengenal baca tulis yang dapat menandingi Alquran.

2. Menurut Al-Qaththan, Alquran adalah kalam atau firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membacanya merupakan suatu ibadah.

3. Imam Jalaluddin As Syayuti menyatakan, Alquran adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk melemahkan pihak-pihak yang menentangnya.

4. Subhi Al-Shaleh mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang berfungsi sebagai mukjizat bukti atas kebenaran kenabian Nabi Muhammad SAW yang tertulis dalam mushaf-mushaf.

Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami, Alquran merupakan bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat abadi dan menjadi kitab suci umat Islam sebagai hujjah dan pedoman hidup sampai akhir zaman.

(brl/jad)