Brilio.net - Sepanjang 2021 ini ada banyak tren unik nan seru yang sempat booming di media sosial dan diikuti banyak orang. Hal ini meliputi camilan croffle, koleksi tanaman, dan olahraga sepeda.

Selain beberapa tren tersebut, ternyata pada 2021 juga ada banyak tren edukatif mengenai finansial. Alih-alih bikin boros, tren ini bisa bikin semakin produktif, hemat, dan cerdas dalam mengelola keuangan.

Beberapa waktu belakangan ini tren mengenai finansial memang mulai marak dibicarakan oleh berbagai influencers di media sosial. Mulai dari kalangan milenial hingga tokoh ternama yang sudah sangat berpengalaman.

Kamu juga bisa mulai mencoba menerapkan beberapa tren finansial yang bikin makin hemat dan cuan ini. Atau bahkan bisa dijadikan sebagai salah satu resolusi untuk 2022 mendatang.

Nah, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (4/12), berikut empat tren cerdas finansial yang bisa mendukung rencana keuangan pada tahun baru.

1. Investasi di berbagai platform online.

4 tren finansial 2021 bikin cuan © 2021 berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Prinsip ‘rajin menabung pangkal kaya’ mungkin sudah tidak asing lagi. Jika dulu menabung hanya di celengan, kini tren menabung dilakukan dengan cara investasi di platform online. Tren investasi ini bahkan semakin bertumbuh pesat selama 2021.

Semakin banyak orang yang mulai mencoba menabung di berbagai instrumen investasi seperti obligasi, saham, reksa dana, hingga emas. Itu mengapa platform investasi online kini juga kian marak bermunculan untuk memudahkan orang berinvestasi melalui smartphone.

Kamu bisa mencoba berinvestasi di platform investasi terpercaya, seperti Indodax, Bizhare, dan tanamduit. Bagi para pemula, jangan lupa untuk mempelajari dulu setiap instrumen investasi yang dipilih ya!

2. Berburu promo dan cashback.

4 tren finansial 2021 bikin cuan © 2021 berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Mencari promo maupun cashback jadi jalan ninja kebanyakan orang agar bisa lebih cuan. Menjelang akhir tahun, biasanya para pemburu promo akan semakin gencar berburu karena banyak brand yang menyediakan berbagai diskon dan cashback gede-gedean.

Sebelum berbelanja, tentukan dulu budget, membuat daftar produk incaran, dan mencari promo apa yang sedang atau akan berlangsung. Pastikan juga untuk melakukan perbandingan harga agar bisa mendapat keuntungan semaksimal mungkin.

Nah, buat yang hobi jajan dan belanja tapi ogah bokek, saat ini ShopeePay sedang menyelenggarakan kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals, lho! Pada promo akhir tahun ini kamu bisa menikmati Voucher Cashback 100%, Indomaret Murah Rp 1, dan Flash Sale Rp 1 hingga 14 Desember 2021.

4 tren finansial 2021 bikin cuan © 2021 berbagai sumber

foto: ShopeePay

Khusus pada hari puncak kampanye 12 Desember, promonya akan makin besar dan meriah. Kamu bisa manfaatkan promo ini untuk membeli kebutuhan akhir tahun atau merealisasikan wishlist yang sudah lama diidam-idamkan.

Jangan sampai ketinggalan dan cari tahu lebih lanjut tentang kemeriahan promo ShopeePay 12.12 Birthday Deals di sini.

3. Isi waktu luang dengan ikut webinar untuk self-development.

4 tren finansial 2021 bikin cuan © 2021 berbagai sumber

foto: Shutterstock.com

Selama masa pandemi, banyak yang lebih menghabiskan waktu di rumah, termasuk saat akhir pekan. Berbagai tren baru pun bermunculan sebagai alternatif untuk mengatasi rasa bosan selama di rumah. Salah satunya, rangkaian webinar dengan topik self-development yang semakin sering dijumpai di berbagai platform online.

Ada segudang pilihan topik self-development yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minat. Biar makin cuan, manfaatkan berbagai acara webinar mengenai finansial untuk menambah ilmu keuangan.

Mengikuti webinar tentang finansial juga akan semakin memotivasi untuk cerdas menyiasati tabungan. Seperti kiat-kiat menabung rutin atau mengatur cashflow, strategi berinvestasi, dan langkah-langkah menyusun financial planning.

Menariknya, webinar ini biasanya diisi oleh para pembicara inspiratif dengan sepak terjang tinggi. Jadi, kamu bisa belajar dari pengalaman yang pernah mereka alami sebelumnya.

4. Menerapkan pola pikir financial mindfulness.

4 tren finansial 2021 bikin cuan © 2021 berbagai sumber



foto: Shutterstock.com

2021 menciptakan tren memiliki mindset mindful. Bukan hanya mindful dalam bertindak di kehidupan sehari-hari, tapi juga mindful mengelola keuangan.

Membiasakan pola pikir mindful bisa menjadi alternatif solusi untuk kamu yang suka impulsif atau panic buying. Konsep ini menitikberatkan pada kesadaran pikiran pada saat melakukan pembelian atau transaksi. Apakah memang dibutuhkan atau hanya keinginan sementara? Apakah akan mendatangkan banyak manfaat atau hanya kepuasan jangka pendek?

Dengan menerapkan pola pikir ini, kamu bisa memetakan pengeluaran harian dengan lebih baik. Menerapkan financial mindfulness juga bisa dengan memanfaatkan aplikasi pencatatan pengeluaran di smartphone.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan pemetaan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Meski saat di awal akan terasa sulit, jadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan rutin agar dapat lebih mudah mengelola keuangan sesuai kebutuhan.

Itu tadi kilas balik tren finansial yang bisa  dijadikan pelajaran dari tahun ini agar menjadi pribadi yang lebih hemat.

Meski begitu, tahun ini belum berakhir, lho! Masih ada kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang dapat kamu nikmati untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun tanpa khawatir kantong kering.

Jangan lupa isi saldo ShopeePay dan nikmati pengalaman belanja yang lebih mudah, aman, dan memuaskan. Dengan menggunakan ShopeePay, kamu bisa mendapat Voucher Cashback 100% saat berbelanja di ratusan merchant favorit. Seperti Auntie Anne's, Sour Sally, Baso Aci Akang, Kedai Kopi Kulo, Eatlah, TEGUK, Alodokter, BLP Beauty, Aurum Lab, Pasarnow, Watsons, dan masih banyak lagi. Gunakan juga fitur Deals Sekitarmu dan temukan berbagai penawaran menarik yang ada di sekitarmu.

Untuk melengkapi kemeriahan momen akhir tahun yang lebih hemat, nikmati beragam promo dari Shopee 12.12 Birthday Sale yang berlangsung hingga 12 Desember 2021. Mulai dari Tanam ShopeePay 12M, Gratis Ongkir XTRA Lebih Banyak, dan Pasti Diskon 50%.