Brilio.net - Fotografi arsitektur belakangan mulai naik daun. Buktinya, banyak sekali wisata bangunan tua yang mulai populer sebagai objek foto wisatawan. Dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, sampai Bali banyak sekali arsitektur menarik untuk difoto dengan gaya kolonial, modern, hingga religi. 

Fotografi genre ini bisa dibilang menantang. Gampang-gampang susah untuk bisa menguasainya. Butuh skill jempolan agar bisa menghasilkan foto estetik nan indah dipandang. Sekali menemukan resep yang pas, objek foto arsitektur tersebut akan terlihat menakjubkan.

Bagi pemula, kamu juga bisa mendapatkan foto-foto estetik pakai kamera HP. Tapi tentunya perlu menerapkan teknik yang tepat dan tidak biasa supaya dapat menonjolkan objek gambar. Yups, apa saja tekniknya?

Berikut tujuh teknik hasilkan fotografi arsitektur nan estetik pakai kamera HP, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (30/11).

1. Riset lokasi yang dikunjungi.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Persiapan adalah kunci. Jika kamu sudah menentukan lokasi yang hendak dijadikan sebagai target pemotretan, maka pastikan kamu telah meriset dengan detail tempat tersebut.

Cari tahu tentang keunikan bangunan tersebut, misalnya sejarah dan gaya arsitekturnya. Gunakan internet atau media sosial sebagai titik awal risetmu. Hal ini akan membantu kamu untuk fokus pada ide yang relevan dalam menangkap esensi bangunan.

2. Sesuaikan mode dengan objek.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ketika memotret, kamu perlu menyesuaikan mode potrait atau landscape. Perhatikan objek jika memotret bangunan datar yang memanjang, mode landscape bisa jadi pilihan. Sedangkan jika mengambil gambar bangunan yang tinggi, maka mode portrait jadi pilihan tepat. Jangan ragu untuk mencoba mana yang baik dan sesuai dengan objek yang kamu pilih.

3. Gunakan kamera sebagai mata.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Agar mendapatkan perspektif gambar yang berbeda, gunakan kamera sebagai pengganti mata kita. Kamu bisa mengarahkan smartphone ke bagian sudut-sudut untuk mendapatkan angle yang menarik. Coba pula tempatkan diri kamu sedekat mungkin dengan kaki gedung dan potret lurus ke atas. Kini fotografi yang menarik bisa dihasilkan menggunakan kamera smartphone Oppo A95.

Kehadiran tiga kamera belakang di Oppo A95 memberikan kemudahan untuk memotret objek sesuai dengan kebutuhan fotografi. Tiga kamera ini terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera depth 2 MP, dan kamera macro 2 MP. Selain itu, Oppo A95 juga menyediakan algoritma pemrosesan gambar yang membuat perangkat ini dapat menangkap gambar berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat, terutama dalam hal foto bergaya potret. Kemudahan memotret juga dapat diperoleh melalui kamera selfie 16 MP.

4. Ambil foto pada berbagai kondisi cahaya.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: Oppo Indonesia

Cahaya matahari dapat memberikan efek yang berbeda-beda pada gambar. Untuk itu kamu perlu mengambil gambar di berbagai kondisi, mulai dari pagi, siang hingga malam. Kamu bisa mencobanya dengan kamera Oppo A95 yang dibekali fitur canggih seperti AI Scene Enhancement untuk mengoptimalkan warna, saturasi, kecerahan pada foto.

Ada juga Night Mode yang membantu memperoleh hasil foto cerah dan jernih pada malam hari atau saat kondisi pencahayaan rendah. Semua fitur canggih ini berkat hasil pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari Oppo khususnya untuk kamera A95.

Oppo Indonesia menghadirkan perangkat ini dengan konfigurasi RAM 8 GB ditambah 128 GB. Baterai yang dipasang pada smartphone ini memiliki kapasitas 5.000 mAh dengan charger 33 W yang bisa terisi penuh hanya dalam waktu 72 menit. Hadir dalam dua warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black, kini Oppo A95 sudah bisa kamu dapatkan.

Nah, buat kamu yang ingin ganti HP, ada promo menarik nih. Oppo Menawarkan trade-in dengan cashback hingga Rp 400 ribu rupiah melalui aplikasi OtradeIn. Ada juga bundling paket 180 Gb dari Indosat Ooredoo selama satu tahun. Enaknya lagi, ada kemudahan pembayaran melalui skema gratis cicilan maupun bunga 0%. Program ini akan berlangsung pada periode 26 November hingga 31 Desember 2021. 

Oppo A95 bisa dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo A95.

5. Perhatikan unsur garis pada objek.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Dalam fotografi arsitektur, elemen garis pada objek merupakan unsur yang mendasar. Pastikan kamu mendapatkan unsur garis tegas di jepretanmu. Sebab garis dapat menarik perhatian para penikmat fotografi dan juga berfungsi untuk memperkuat kesan dalam suatu foto yang dihasilkan. Sebagai catatan, garis vertikal haruslah vertikal, begitu juga untuk garis horizontal. Jangan sampai bengkok, ya!

6. Gunakan unsur pantulan dari objek.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Perhatikan unsur pantulan yang ada di sekitar lokasi. Pasalnya pantulan dalam fotografi arsitektur dapat dapat kamu manfaatkan untuk menambah kedalaman foto. Nah, alat atau benda yang bisa digunakan untuk membentuk pantulan adalah air, cermin, atau lantai yang berwarna putih bersih. Objek yang memiliki pencahayaan yang bagus biasanya akan mudah memantulkan bayangan ke benda-benda yang ada di sekitarnya.

7. Ekspos detail-detail menarik.

fotografi arsitektur © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ketika membahas fotografi arsitektur, ekspos dan jelajahi detail keseluruhannya sebanyak mungkin. Pasalnya menangkap detail yang rumit dapat mengungkapkan sesuatu yang baru dari bangunan tersebut. Seperti pola dinding yang bagus, gagang pintu yang menarik, tangga unik, atau ukiran artistik. Untuk menampilkan detail yang menarik tersebut, kamu bisa memotret dengan angle close up.

(brl/lak)

-

(brl/lak)