Brilio.net - Usaha digital kini tengah berkembang pesat di Indonesia. Belakangan orang juga berlomba-lomba membangun bisnis berbasis internet, baik skala kecil maupun besar. Apalagi di masa pandemi banyak orang berbelanja secara online.

Para pemilik bisnis yang sebelumnya hanya berjualan secara offline pun kini mulai berusaha menarik pelanggan di dunia maya melalui berbagai cara. Usut punya usut, ternyata menjalankan sebuah bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tak bisa dipungkiri persaingan makin kompetitif dari masa ke masa.

Maka perlu dipikirkan matang-matang strategi apa yang harus diterapkan untuk menghadapi persaingan. Nah, ada banyak yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk dan jasa dari bisnis yang kamu miliki. Hanya strategi tepat yang akan membuat bisnis makin berkembang dan lebih menguntungkan.

Diketahui ternyata banyak pebisnis online yang sukses hanya bermodal smartphone, lho. Lalu seperti apa strategi jitunya? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (26/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Tentukan personal branding yang tepat.

Strategi jitu memajukan bisnis online © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Siapa pun membutuhkan personal branding, tak terkecuali pengusaha yang tengah menjalankan bisnis online. Inilah yang perlu kamu pikir matang-matang saat membuat merek bisnismu. Dengan personal branding yang baik tentu juga akan meningkatkan image perusahaan yang baik, terlebih bila produk dan layanannya sama bagusnya.

Personal branding ini juga bisa dikatakan cara mempromosikan diri sendiri. Tentu kamu perlu menentukan personal branding yang tepat agar membuat orang lain mengenal dan melihat berbagai pencapaian kamu. Kredibilitas akan menguat dengan sendirinya karena memang sudah ada buktinya.

2. Rapikan feeds sesuai brand kamu.

Strategi jitu memajukan bisnis online © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Sejalan dengan personal branding, kini pengguna media sosial semakin memaksimalkan akunnya supaya terlihat menarik. Salah satunya dengan merapikan feeds Instagram. Sebagai pebisnis, kamu juga perlu merapikan feeds Instagram sesuai brand kamu.

Feed Instagram bisa kamu gunakan sebagai portofolio yang lebih cepat dan efektif menjaring calon konsumen. Yups, informasi secara visual dalam bentuk foto yang rapi bisa jadi ajang untuk promosi. Jadi jangan asal-asalan dalam mengunggah foto. Untuk memaksimalkan Instagram, kamu bisa menentukan konsep dan memilih foto yang berkualitas bagus agar feeds terlihat rapi dan keren.

3. Unggah konten yang menarik perhatian.

Strategi jitu memajukan bisnis online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@Oppo Indonesia

Pastikan kamu mengunggah konten yang berkualitas dari segi angle, konsep, ataupun pencahayaan. Kini foto untuk konten digital yang menarik bisa lho dihasilkan dengan kamera smartphone. Jadi kamu nggak perlu ribet menggunakan kamera digital.

Oppo A95 cocok dijadikan sebagai salah satu ponsel untuk menunjang bisnis online. Kamera Oppo A95 dibekali fitur canggih, seperti AI Scene Enhancement untuk mengoptimalkan warna, saturasi, kecerahan pada foto. Ada juga Night Mode yang membantu memperoleh hasil foto cerah dan jernih pada malam hari atau saat kondisi pencahayaan rendah.

Semua fitur canggih ini berkat hasil pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari Oppo khususnya untuk kamera A95. Terlebih Oppo A95 juga dipersenjatai kamera utama beresolusi 48 MP dengan quad bayer 12 MP, ditambah kamera makro dengan resolusi 2 MP, serta kamera bokeh 2 MP.

Strategi jitu memajukan bisnis online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@Oppo Indonesia

Sementara layar AMOLED + fitur All-day Eye Care pada smartphone ini juga memanjakan mata, sehingga kamu tetap bisa nyaman dan tidak lelah meski menatap layar dalam durasi lama. Di pojok kiri atas, layar ini memiliki punch hole kecil untuk menampung kamera selfie.

Oppo Indonesia menghadirkan perangkat ini dengan konfigurasi RAM 8 GB ditambah 128 GB. Baterai yang dipasang pada smartphone ini memiliki kapasitas 5000 mAh dengan charger 33 watt yang bisa terisi penuh hanya dalam waktu 72 menit. Oppo A95 hadir dalam dua warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black dalam desain yang nyaman dan tipis.

Oppo A95 yang resmi diluncurkan pada pertengahan November 2021 ini bisa dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada. Dapatkan juga hadiah eksklusif A95 Audio Ball senilai Rp 399 ribu selama persediaan masih ada. Klik di sini (link CTA) untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo A95.

4. Jadikan media sosial sebagai akun bisnis.

Strategi jitu memajukan bisnis online © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Seiring perkembangan zaman, tren marketing pun berubah. Banyak pebisnis melakukan aktivitasnya di dunia maya. Salah satu peluang besarnya saat ini kamu bisa menjadikan media sosial atau medsos sebagai akun bisnis. Setidaknya medsos bisa menjadi jembatan konsumen untuk masuk ke website bisnismu.

Dengan memanfaatkan media sosial sebagai akun bisnis, tentu produk kamu akan lebih luas jangkauan promosinya sekaligus menghemat waktu. Mengingat masyarakat sekarang memang merupakan pengguna aktif di media sosial. Untuk modal utama bisnis di medsos ini adalah foto yang dikemas secara apik dan tertata.  

5. Buat jadwal posting konten.

Strategi jitu memajukan bisnis online © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kini sudah banyak orang menggeluti bisnis di media sosial. Nah, strategi selanjutnya yang bisa kamu coba untuk memajukan bisnis adalah mengatur jadwal postingan konten. Hal ini dapat membantu kamu mengorganisir jenis dan waktu konten yang akan kamu posting di berbagai media.

Selain itu, dengan membuat jadwal postingan, kamu bisa konsisten dalam merencanakan konten digital dari seminggu atau sebulan sebelumnya. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari ide. Terlebih kamu juga bisa melihat konten mana yang memiliki performa baik untuk ditingkatkan ke depannya.

(brl/lak)