Brilio.net - Memiliki kulit wajah mulus dan bersih adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Wajar jika banyak yang berlomba-lomba melakukan perawatan wajah agar terhindar dari masalah kulit, seperti flek atau noda hitam.

Salah satu permasalahan kulit wajah ini memang kerap mengintai banyak orang. Terutama mereka yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Paparan sinar matahari yang tinggi jadi penyebab kulit orang Indonesia mudah mengalami flek hitam dan bekas jerawat membandel.

Bahkan, seiring bertambahnya usia, noda hitam jadi masalah yang sering muncul. Impian memiliki kulit wajah mulus dan bersih bisa sirna dengan keberadaan noda hitam.

Bercak warna kecokelatan atau kehitaman ini biasanya disebabkan karena meningkatnya produksi melanin, terutama setelah terpapar sinar matahari. Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan perawatan wajah khusus seperti Erha Ultimate Brightening. 

Rangkaian Clinical Programs dari Erha ini berfokus pada solusi untuk mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam atau hiperpigmentasi, dan membuat kulit glowing. Erha Ultimate Brightening juga dirancang untuk mendapatkan kulit sehat terhidrasi dan segar.

Sebelum melakukan perawatan, ada baiknya mencari tahu lebih dulu jenis-jenis flek hitam. Dengan begitu, permasalahan flek hitam bisa ditangani menggunakan perawatan yang tepat. 

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang empat jenis flek hitam yang sering muncul pada wajah, sebagaimana dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (2/12).

1. Melasma.

erha_kva istimewa

foto: shutterstock.com

Flek berupa bercak-bercak kecokelatan ini merupakan salah satu flek yang sering dialami pria dan wanita. Biasanya, bercak melasma akan tampak merata pada wajah, terutama di bagian pipi.

Bercak melasma atau chloasma kerap muncul pada bagian wajah yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Selain itu, bercak ini juga bisa muncul pada bagian kulit lain seperti leher dan lengan bawah.

Flek ini terjadi saat melanosit (sel penghasil pigmen) pada kulit memproduksi terlalu banyak warna. Melanosit akan mudah terangsang saat kulit tidak dilapisi dengan perlindungan sinar UV seperti sunscreen atau sunblock. Selain paparan sinar UV, melasma juga sering muncul selama masa kehamilan.

Jangan khawatir, permasalahan kulit yang banyak dialami perempuan Asia ini bisa ditangani lewat perawatan khusus. Erha Ultimate Brightening juga menyediakan perawatan khusus untuk  membantu mencegah terjadinya melasma.

2. Freckles.

erha_kva istimewa

foto: shutterstock.com

Bintik-bintik noda hitam pada wajah atau freckles lebih sering dijumpai pada orang berkulit terang. Freckles dapat muncul sejak masih kecil hingga dewasa.

Bintik freckles biasanya berwarna kuning atau cokelat muda dan tersebar pada seluruh wajah. Namun lebih dominan pada daerah hidung dan kedua pipi.

Freckles bisa disebabkan karena wajah terlalu banyak terpapar sinar matahari. Hal ini karena melanosit akan aktif saat terkena paparan radiasi UVB (Ultraviolet-Burning) yang bisa menghasilkan bintik-bintik gelap pada wajah. Selain itu, freckles juga bisa muncul karena faktor genetik.

3. Flek bekas peradangan (Inflammatory spots).

erha_kva istimewa

foto: shutterstock.com

Flek jenis ini muncul akibat terjadinya peradangan pada kulit wajah seperti bekas jerawat. Noda hitam bekas jerawat ini muncul karena proses pembentukan pigmen yang berlebihan akibat adanya peradangan.

Flek bekas jerawat jadi salah satu yang paling sulit dihilangkan. Bahkan, semakin hitam flek bekas jerawat, akan semakin sulit untuk dihilangkan.

Selain karena bekas jerawat, flek ini juga bisa muncul karena bekas eksem dan iritasi akibat penggunaan kosmetik yang tidak tepat.

4. Café au lait spot (noda kopi susu).

erha_kva istimewa

foto: shutterstock.com

Sesuai dengan namanya, Café au lait spot biasanya berwarna cokelat muda seperti campuran kopi susu. Namun, warnanya bisa juga berwarna gelap karena terkena paparan sinar matahari.

Flek dengan bentuk bervariasi ini juga dikenal sebagai jenis tanda lahir dengan bercak datar pada kulit. Meski kebanyakan sudah ditemukan saat lahir, Café au lait spot juga bisa muncul saat dewasa.

Bercak yang bisa muncul pada wajah ini tidak menimbulkan rasa sakit atau gatal. Meski tidak berbahaya, kamu wajib waspada jika pada kulitmu jumlahnya lebih dari enam.

Adanya enam atau lebih flek Café au lait yang masing-masing berdiameter 1,5 cm atau lebih merupakan gejala neurofibromatosis. Penyakit ini merupakan kelainan genetik yang dapat berpengaruh terhadap saraf, kulit, dan mata.

Selama jumlahnya tidak lebih dari enam, flek ini warnanya bisa diratakan menggunakan perawatan kulit wajah. Begitu juga dengan ketiga jenis flek wajah yang sudah dijelaskan di atas, selama penyebabnya bukan faktor genetik.

Kamu bisa coba Erha Ultimate Brightening yang punya dua program perawatan khusus untuk menangani masalah kulit kusam dan noda kehitaman.

Pertama, Crystal Clear Program (dark spot solution) akan jadi solusi tepat mengatasi masalah noda kehitaman atau hiperpigmentasi pada wajah. Crystal Clear Program akan berfokus untuk membuat warna kulit jadi merata dan cerah serta mengurangi noda kehitaman. 

erha_kva istimewa

foto: Erha

Kedua, Glow Glam Program (healthy and glowing skin solution) jadi solusi untuk mengangkat sel kulit mati dan memberikan ekstra hidrasi pada wajah. Dengan program ini kulit akan tampak lebih sehat dan bercahaya.

Dua program unggulan Erha Ultimate Brightening ini memiliki 3 Plan yang terdiri dari Advance Plan, Basic Plan, dan Product Plan. Advance Plan meliputi konsultasi dengan Dokter atau Dermatologist, rangkaian produk, dan lebih dari 1 jenis Treatment. Sedangkan Basic Plan meliputi konsultasi dengan Dokter atau Dermatologist, rangkaian produk, dan 1 jenis Treatment. Terakhir, untuk Product Plan kamu bisa mendapatkan konsultasi dengan Dokter atau Dermatologist dan rangkaian produk.

Setiap Plan ini juga sudah didukung konsep 5C Erha, yaitu Clear Program, Clear Plan, Clear Skin Goals, Clear Duration, dan Clear Cost. Semua Plan dan konsep 5C ini akan membantumu mendapatkan perawatan maksimal dari Erha.

erha_kva istimewa

foto: Erha

Bukan hanya itu, Erha Ultimate Brightening lewat kampanye #OnTheBrightSideWithErha ingin mengajak perempuan Indonesia untuk lebih memahami arti sebenarnya dari "brightening". Erha ingin perempuan Indonesia mengartikan "brightening" bukan sebagai putih dan sama sekali bukan tentang warna kulit.

Melainkan, tentang bagaimana mencapai potensi maksimal agar bisa percaya diri tanpa berusaha mengubah warna kulit. Tapi dengan meningkatkan kecantikan dan memberikan tampilan 'fresh glow' pada kulit perempuan Indonesia.

erha_kva istimewa

foto: Erha

Kini layanan Erha Ultimate Brightening sudah bisa kamu temukan di seluruh cabang klinik Erha di Indonesia. Selama pandemi Covid-19, seluruh jaringan Erha juga telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Untuk itu, pengunjung yang melakukan treatment diwajibkan menggunakan masker dan APD. Selain itu, Dokter dan Nurse pun rutin melakukan SWAB dan sudah divaksin. Jadi, kamu bisa tenang saat melakukan perawatan Erha Ultimate Brightening.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Erha Ultimate Brightening.  Kamu juga bisa mengunjungi Instagram Erha di sini untuk mendapat informasi terbaru.

(brl/lak)

(brl/lak)