Brilio.net - Kehidupan militer tak selalu serius. Setidaknya demikian bila dilihat beberapa di antaranya di lini masa media sosial. Ada sisi lain yang ditunjukkan para prajurit TNI lewat media sosial tanpa mengurangi kewibawaan dan sopan santun. Hal ini membuat masyarakat semakin dekat dengan para prajurit negara.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah aksi prajurit TNI ikut meramaikan jagat maya dengan meramaikan tantangan-tantangan seru di media sosial.

Belakangan tular tantangan yang disebut tetris challenge. Tantangan ini menunjukkan objek-objek foto ditata sedemikian rupa dan rapi yang dibidik drone dari atas.

Tetris challenge bermula dari luar negeri. Dilansir Brilio.net dari The Guardian, Minggu (20/10), Departemen Kepolisian di Swiss mengunggah foto di Facebook berisi objek dua petugas polisi, enam traffic cone, sapu, dua senjata, dan puluhan benda perlengkapan kepolisian pada 1 September lalu.

Bagi penggemar desain grafis maupun fotografi, tata letak pengambilan foto itu disebut knolling. Dilansir dari Ultralinx, knolling merupakan cara unik mengambil foto objek-objek yang memiliki kemiripan dalam tata letak yang menarik.

Dari Swiss, tetris challenge menyebar ke Belanda, Austria, Jerman, Singapura, dan tentu saja hingga Indonesia. TNI AU pun tak mau ketinggalan. Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, menjadi pelopor tetris challenge di kalangan militer Indonesia, khususnya TNI AU.

 

Viralnya tetris challenge belum mereda, Skadron Udara 15 di Pangkalan Udara TNI AU Lanud Iswahyudi, Magetan, muncul dengan transformation challenge. Tak kalah seru, empat pilot TNI AU unjuk gigi meramaikan challenge ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

TRANSFORMATION CHALLENGE. . Tetris challenge sudah mainstream kita buat transformation challenge

A post shared by skadronudara15official (@skadronudara15official) on

 

Unggahan akun resmi Skadron yang merupakan rumah pesawat T50i Golden Eagle itu pun menuai beragam komentar warganet.

"Ada santri jadi penerbang," ujar akun @siitekk.

"Kereennn min tpi langkah kakinyaa ada yang gk sama nih," ungkap pemilik akun @muhammadayipfaturrohman.

"Lucu dan kreatif, lanjut terus berkarya... Jaya di Udara," timpal akun @edhisty.

Selang dua hari diunggah, postingan akun @skadronudara15official tersebut sudah lebih dari 14 ribu kali tayang atau dilihat. Ada yang mau ikutan challenge ini maupun tetris challenge?