Brilio.net - Memiliki saudara kembar adalah hal yang jarang dimiliki oleh orang lain. Kembar dapat diartikan sebagai dua orang yang berbagi rahim yang sama di waktu yang sama juga. Punya kembaran seperti punya teman yang senasib.

Anak kembar adalah fenomena kelahiran yang spesial, di negara Afrika tengah menduduki peringkat pertama angka kelahiran kembar tertinggi di dunia dengan 18 pasang kembar per 1.000 kelahiran. Sementara itu, Asia dan Amerika Latin memiliki rata-rata anak kembar paling rendah, kurang dari delapan per 1.000 angka kelahiran, dilansir dari Live Science.

Lalu bagaiamana jika saudara kembar terpisahkan? Kisah pertemun dua orang kembar yang sempat terpisah nggak hanya cerita sinetron. Kisah mengharukan seperti itu banyak terjadi di kehidupan.

Belakangan ini viral kembaran asal Indonesia yang diperbincangkan di Twitter, karena kisah mereka yang berpisah seperti drama di TV. Namun, bukan hanya mereka yang mempunyai kisah seperti drama. Sebelumnya banyak terjadi kisah yang mengharukan ketika dipertemukan kembali dengan saudara kembarnya.

Nah, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/1), tentang kisah kembar terpisah dan bertemu kembali.

Loading...

1. Paula Bernstein dan Elyse Schein.

kembar terpisah lama istimewa

foto : Pinterest.com

Mereka berdua tidak saling tahu bahwa mereka adalah kembar hingga usia 35 tahun. Awal mulanya Elyse sedang menghubungi perusahaan adopsi anak untuk mencari tahu informasi tentang ibu kandungnya. Namun, malah ia menemukan fakta bahwa ia mempunyai saudara kembar dari informasi yang ia cari.

Akhirnya perusahaan adopsi menghubungi Paula untuk menyampaikan keinginan Elyse bertemu dengannya. Pertemuan mereka sangat haru, hingga menghasilkan sebuah buku berjudul Identical Strangers yang berisi tentang pengalaman pribadi mereka berdua.

2. Wang Hui dan Wu Li.

kembar terpisah lama istimewa

foto: Southchinmorning.com

Pada 2018 di China digegerkan dengan wanita kembar yang baru bertemu setelah terpisah 36 tahun. Dilansir dari South China Morning Post mereka terpisah sejak umur 16 hari, mereka diadopsi oleh keluarga yang berbeda di China Timur. Karena kemiskinan keluarga, sang ibu menyerahkan anak-anaknya untuk diadopsi oleh orang lain.

Wang Hui diberi tahu oleh penumpang saat ia bekerja di terminal, bahwa penumpang itu melihat seseorang yang mirip dengan Wang. Berkat kejelian dari seorang polisi di Distrik Fuyang, China yang bernama Zhao Hangen membantu Wang Hui untuk menemukan saudara kembarnya. Ia menelusuri ke dalam database identitas yang berisi ada lebih 280 wanita lahir di hari yang sama dengan Wang. Keesokan harinya, Zhao menemukan kembaran Wang yang bernama Wu Li.

3. Jim Springer dan Jim Lewis.

kembar terpisah lama istimewa

foto: istimewa

Mereka terpisah saat baru lahir karena diadopsi oleh keluarga yang berbeda. Mereka sama-sama tinggal di Ohio, Amerika Serikat namun terpisah jarak hingga 64 km. Keduanya bertemu kembali ketika menginjak usia 39 tahun pada 1979.

Mereka memiliki cerita unik selama berpisah, yakni sama-sama menikahi wanita bernama Linda lalu bercerai. Mereka kembali menikah dengan wanita lain yang ternyata juga bernama sama, yaitu Betty. Jim Springer dan Jim Lewis juga punya masalah kesehatan yang sama, yakni sering mengalami sakit kepala, merokok jenis yang sama, mengendarai Chevrolet biru serta menamai anak mereka dengan nama yang mirip yaitu James Alan dan James Allan.

4. Emilie Falk dan Lin Beckham.

kembar terpisah lama istimewa

foto: Telegraph.co.uk

Mereka berdua lahir di Semarang, namun terpisah di Swedia. Setelah 29 tahun mereka bertemu lewat Facebook. Awal mulanya mereka dirawat di panti asuhan di Semarang, Jawa Tengah. Namun sejak lahir tak ada satupun dokumen yang menyatakan bahwa Emilie dan Lin adalah saudara kembar. Karena hal itulah hingga terjadi keduanya diadopsi dua keluarga asal Swedia dan dibawa pulang ke negeri Skandinavia.

Saat dewasa Emilie memutuskan mencari data dan mendapatkan senuah nama untuk memulai pencariannya melalui jaringan anak-anak Indonesia yang diadopsi keluarga Swedia. Akhirnya Emilie menemukan Lin lewat Facebook dan memutuskan untuk beratatp muka.

5. Tirdasari dan Mayangsari.

kembar pixabay

ilustrasi: pixabay

Cerita mereka sungguh sangat mengharukan. Tirdasari dan Mayangsari adalah bocah jembar dari Desa Canguk, Magelang. Tirdasari terpisah dari Mayangsari dan kedua orangtuanya karena saat lahir dirinya lansung diculik. Setalah 11 tahun mereka dipertemukan kembali.

Mayangsari bertemu dengan saudara kembarnya serta kedua orantuanya dalam suasana yang begitu mengharukan. Kala itu sang ibu sedang mengemis di kawasan Trio Plaza, alun-alun kota Magelanng. Sang ibu didatangi petugas sambil membawa seorang gadis cilik yang sangat mirip dengan puterinya. Suasana haru pun langsung meyelimuti, sang ibu mendekap puterinya yang lama menghilang sambil menangis bahagia.

6. Samantha Futerman dan Anais Bordier.

kembar terpisah lama istimewa

foto: Twisstedsiffer.com

Dikutip di Dvice, mereka adalah saudara kembar identik yang terpisah sejak lahir. Kedua saudara kandung ini sebelum terpisah dirawat di rumah penitipan anak, sebelum diadopsi oleh keluarga masing-masing. Mereka bertemu kembali dari sosial media yaitu Facebook.

Pertemuan kedua saudara ini pertama kali diketahui oleh teman Bordier atas video unggahan Futerman di YouTube, lalu temannya menyuruh Bordier untuk mengontaknya langsung melalui Facebook. Kini Futerman menjadi aktris yang tinggal di Los Angeles, AS. Sementara Bordier adalah seorang pelajar sekolah desain di London, Inggris.

7. Audrey Doering dan Gracia Rainsberry.

kembar terpisah lama istimewa

foto: Abcnews.go.com

Terpisah 10 tahun dengan jarak ribuan mil jauhnya dengan keluarga yang berbeda. Audrey tumbuh besar di Wausau, Wisconsin. Sedangkan Gracia tumbuh besar Richalnd, Washington.

Pada Januari 2017, mereka pertama kali dipertemukan dalam acara televisi Amerika yaitu Good Morning America (GMA). Dalam pertemuan yang sangat mengharukan ini Audrey dan Gracia langsung menangis dan saling memeluk satu sama lain dengan erat.

8. Bao Luin dan Yang Yanfei.

kembar terpisah lama istimewa

foto: Istimewa

Terjadi kembali di China, sejak 2009 saat ia bekerja sebagai kasir di sebuah restoran kota Jiuyang, China Selatan seorang wanita muda bernama Bao Luin sering dikira orang lain yang tidak dikenalinya selama bertahun-tahun. Lalu ia didekati oleh orang asing yang berbicara kepadanya seakan-akan mereka sudah berteman lama.

Bao yang bingung pun dengan percakapan tersebut, ia langsung berkeinginan bertemu dangan orang yang mirip dengannya. Ia mencoba mencari alamat kembarannya yaitu Yang Yanfei, setelah 24 tahun akhirnya mereka bertemu. Yang Yanfei mengatakan bahwa mereka serasa bercermin karena kembar identik.

9. Nadya dan Nabila.

kembar terpisah lama istimewa

foto: Twitter/@jonasociety

Anak kembar ini terpisah selama 16 tahun tanpa saling mengetahui satu sama lain. Namun melalui media sosial mereka dipertemukan. Awal mula mengetahui memiliki kembaran, Nadya diberi tahu teman dekatnya pada tahun 2018. Kala itu Nadya tidak menggubris temannya yang mengirimkan video seseorang mirip dengannya. Tahun 2019, teman Nadya kembali mengirimkan tautan video yang sama dan menandai dirinya di Instagram Nabila.

Setelah ditelusuri, Nadya yakin bahwa Nabila adalah kembarannya. Dari pihak keluarga angkat Nadya sempat menutupi karena takut jika Nadya akan berubah sikap kepada keluarganya. Namun, lambat laun keluarga Nadya membuka jati diri Nadya.

Kisahnya kini viral di Twitter, mereka membuat tread dimana menceritakan bagaiamana awal mereka dipertemukan. Ternyata mereka bukan hanya kembar dua, malainkan kembar tiga. Namun belum mengetahui kembar satunya lagi. Mereka berharap segera dipertemukan. Kini Nadya masih tinggal dengan keluarga angkatnya yang di Depok, sementara Nabila berada di Makassar, tempat lahir mereka dengan keluarga angkatnya juga.

Reporter: mgg/Nurul Fitriana