Brilio.net - Membaca atau tadarus Alquran selama bulan Ramadhan akan mendapatkan banyak kebaikan dari Allah SWT. Allah menjanjikan banyak pahala dan ampunan dosa di bulan yang suci dan dikenal sebagai bulan turunnya Alquran ini.

Rasulullah pun bersabda "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya" (HR Tirmidzi).

Dengan adanya kebaikan membaca Alquran selama bulan Ramadhan ini kemudian dimanfaatkan sebagian orang untuk mengkhatamkan Alquran untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Meskipun tidak diwajibkan, mengkhatamkan Alquran memiliki berbagai keutamaan.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/4), inilah keutamaan melakukan khatam alquran ketika bulan Ramadhan.

1. Dimohonkan ampun oleh malaikat

Ketika membaca alquran dan mengkhatamkannya, terdapat 60 ribu malaikat yang akan memohonkan ampun untuk orang yang mengkhatamkan alquran.

Hal tersebut disebutkan dalam hadits, "Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya" (HR. ad-Dailami).

Bahkan, untuk orang-orang yang membaca 100 ayat Alquran dalam satu malam, maka akan dicatat kebaikannya di malam itu juga.

2. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Al-Qur'an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya," (HR. Ahmad)

Dengan menyibukkan diri membaca alquran, memahami, dan berusaha mengamalkannya, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat.

3. Mendapatkan ketenangan hati

Orang-orang yang membaca hingga mengkhatamkan alquran akan mendapatkan ketenangan di berbagai situasi.

Rasulullah SAW pun bersabda, "Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya ." (HR. Muslim)

4. Menjadi amalan yang paling disukai Allah

Pada suatu hari terdapat seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai amalan yang paling dicintai Allah, Rasulullah pun menjawab,

"Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?" Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal." Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Alquran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR Tirmidzi).

5. Menyempurnakan ibadah puasa

Ibadah puasa amadhan dapat menjadi lebih sempurna, karena alquran turun di bulan Ramadhan, sehingga menjalankan ibadah dengan membaca dan mengkhatamkan Alquran dapat semakin menyempurnakan ibadah puasa.

Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

6. Menjauhkan diri dari godaan setan

Dengan menyibukkan diri membaca, memahami, dan mengkhatamkan Alquran, maka akan terhindar dari godaan setan untuk mengikuti hawa nafsu dan terjerumus dalam kesesatan.

Bahkan, dengan membaca Alquran pun dapat menjadi lebih produktif dan tidak malas-malasan, serta dapat memaksimalkan waktu selama puasa Ramadhan.

(brl/guf)

(brl/guf)