Brilio.net - Akhir-akhir ini ramai gambar yang seolah dapat bergerak. Padahal obyek tersebut sejatinya tidak bergerak sama sekali. Kondisi tersebut dikarenakan mata kita sedang terkecoh dengan ilusi optik. Ilusi optik sendiri terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia.

Banyak gambar ilusi yang tersebar di internet, salah satunya bikinan seniman Jepang, Jagarikin. Gambar tersebut membuat obyek seolah bisa bergerak. Salah satu yang menarik adalah maskot Jepang yang seakan hidup. Selain itu ada beberapa gambar lain yang siap mengecoh mata kita.

Dikutip dari soranews24.com pada Kamis, (13/6). Yuk kita simak beberapa gambar ilusi optik bikinan orang Jepang yang keren abis!

1. Warna yang berubah begitu cepat.

Gambar di atas sebenarnya sangat sederhana. Hanya siluet oranye dengan bolak-balik melintasi skala abu-abu. Namun, karena warna yang berubah begitu cepat, obyek tampak bergerak ke arah panah yang terdapat pada layar. Postingan ini menuai 37 ribu retweet.

2. Diamond yang terus berpindah tempat.

Gambar diamond tersebut tampak bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan. gambar ilusi optik ini dikembangkan oleh Arthur Shapiro and Oliver Flynn pada 2018. Unggahan Twitter (@agshapiro2) tersebut mendapat hampir 3 ribu retweet. Lihatlah obyek tersebut baik-baik sampai obyek benar-benar tidak bergerak!

3. Sebuah maskot untuk polisi metropolitan Tokyo.

Gif milik Jagarikin yang satu ini menggunakan obyek Peopo-kun, sebuah maskot untuk Polisi Metropolitan Tokyo. Melebihi ilusi optik, gambar ini juga memiliki suara.

4. Gambar bertema video game.

Gambar ini mengggunakan teknik yang bisa digunakan di aplikasi komputer. Gambar bertema video game ini seolah bisa bergerak dan mengeluarkan bunyi. Ada yang menduga bahwa Jagarikin menggunakan trik Defender Atari 2600.

5. Adegan Tom sedang mengejar Jerry.

Sesuai dengan di film animasi Tom & Jerry, gambar ini seakan memperlihatkan adegan Tom sedang mengejar Jerry. Sungguh menarik bukan?