Brilio.net - Kualitas tidur menjadi salah satu penentu kebahagiaan. Bayangkan, kalau dalam satu hari kamu merasa ngantuk, pasti tubuh akan terasa nggak fit. Perasaan bakal berantakan dan bawaannya selalu salah. Wah bahaya deh kalau sudah begini.

Rasa kantuk yang ditahan bisa membuat konsentrasimu menurun. Selain itu rasa kantuk yang berlebih juga bisa membuat kepala menjadi sakit. Maka dari itu penting untuk kamu memiliki kualitas tidur yang baik.

Kualitas tidur yang baik nggak hanya didapatkan dari jam tidur yang rutin sesuai dengan jadwal. Rasa nyenyak, nyaman, dan bebas dari gangguan sepanjang tidur juga bisa menambah kualitas tidurmu. Dengan begitu, kamu akan merasa segar setelah beristirahat.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa lho mendukungnya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang membantu untuk tidur lebih nyenyak.

Bahan-bahan alami ini mudah kamu temukan kok. Penasaran? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dikutip dari HealthLine, Selasa (1/9).

Loading...

1. Kiwi.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kiwi kerap dikonsumsi langsung sebagai buah potong. Kiwi juga nikmat ketika disajikan menjadi salad.

Kiwi memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah ini rendah kalori dan bergizi tinggi. Dalam satu buah kiwi, mengandung 42 kalori, dan 71% dari AKG untuk vitamin C. Buah ini juga akan melengkapi kebutuhan vitamin K untuk tubuhmu.

Menurut penelitian, kiwi merupakan salah satu makanan terbaik dikonsumsi sebelum tidur. Sebuah penelitian terhadap 24 orang dewasa selama 4 minggu yang mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur, 42% di antaranya tertidur lebih cepat dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

2. Teh kamomil.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Teh kamomil dikenal sebagai teh yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu kandungan yang dikenal dari teh kamomil adalah flavon, antioksidan yang mengurangi peradangan pemicu penyakit kronis.

Teh kamomil juga memberikan dampak baik pada kualitas tidur karena kandungan apigenin. Antioksidan ini mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Sebuah studi tahun 2011 menyebutkan, 34 orang dewasa yang mengonsumsi 270 mg ekstrak kamomil dua kali sehari selama 28 hari, tertidur 15 menit lebih cepat dan mengalami lebih sedikit bangun malam dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

3. Kacang almond.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi kacang almond secara teratur menghindarkan dari risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Hal ini dikaitkan dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, dan antioksidan.

Kandungan pada kacang almond juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Karena almond dan beberapa jenis kacang lainnya adalah sumber hormon melatonin yang memberikan sinyal pada tubuh untuk segera bersiap tidur.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik. Mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang memiliki insomnia.

4. Ikan yang kaya akan vitamin D.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Salmon, tuna, dan makerel adalah beberapa jenis ikan yang terkenal kandungan vitamin D yang besar. Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya telah terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Apalagi ikan berlemak tersebut kaya akan asam lemak dan omega-3 yang sehat khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). EPA dan DPA dikenal untuk mengurangi peradangan. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat melindungi dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak.

5. Walnut.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Walnut adalah jenis kacang-kacangan lain yang bisa membantumu tidur lebih nyenyak. Jenis kacang ini termasuk salah satu yang kaya akan nutrisi.

Walnut menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral. Kacang ini juga kaya akan magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga. Sebagai sumber lemak yang bagus, walnut juga bisa dijadikan salah satu pilihan makanan untuk diet.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa walnut mampu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan walnut merupakan salah satu sumber makanan terbaik melatonin.

Kandungan asam lemak pada walnut juga menjadi salah satu komponen yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kandungan itu akan menyediakan asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 yang diubah menjadi DHA di dalam tubuh. Sementara itu DHA dapat meningkatkan produksi serotonin. Kamu bisa mengonsumsi segenggam walnut sebelum tidur.

6. Teh passiflora.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Teh passiflora atau passionflower tea juga bisa kamu coba untuk membantu kualitas tidurmu. Tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman markisa ini merupakan sumber antioksidan flavonoid yang tinggi.

Teh ini juga dikatakan mampu untuk mengurangi kecemasan. Dan sifat menenangkan yang dihasilkan teh passiflora juga dapat meningkatkan rasa kantuk.

7. Nasi putih.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk kamu yang memiliki masalah gangguan tidur, disarankan mengonsumsi nasi putih setidaknya 1 jam sebelum tidur. Sebuah penelitian juga mengatakan asupan nasi yang lebih banyak membuat tidur lebih baik, jika dibandingkan dengan asupan roti atau mi. Hal ini juga mempengaruhi pada durasi tidur yang lebih lama.

8. Olahan susu.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto:freepik.com

Susu dikenal mampu membantu tidur lebih nyenyak. Tapi nggak hanya susu, produk olahan susu seperti yoghurt tanpa rasa dan keju dikenal sebagai sumber triptofan.

Susu juga sudah terbukti meningkatkan kualitas tidur pada lansia. Hal ini akan bekerja lebih maksimal jika ditambah dengan rutin melakukan olahraga ringan.

9. Pisang.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pisang nggak hanya bikin kamu kenyang, namun juga tidur lebih nyenyak. Kulit pisang mengandung triptofan dan buahnya merupakan sumber magnesium yang sederhana. Kandungan dalam pisang ini dapat membantumu untuk tidur lebih nyaman.

10. Oatmeal.

Makanan dan minuman agar tidur nyenyak © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sama halnya dengan nasi putih, oatmeal mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak. Oatmeal juga diketahui dapat menyebabkan kantuk saat dikonsumsi sebelum tidur.