Brilio.net - Sepanjang hari melakukan banyak aktivitas, tubuh pasti merasa lelah. Cara cepat menghilangkan lelah dan letih ialah dengan tidur. Pada dasarnya tidur memiliki banyak manfaat. Di antaranya memperbaiki sel rusak, membantu menjaga pola makan, meningkatkan daya ingat, dan mencegah datangnya berbagai penyakit.

Dalam sehari, setidaknya kamu perlu tidur setidaknya selama 8 jam. Idealnya mulai dari pukul 10.00 malam hingga 06.00 pagi. Berbicara mengenai tidur, perlu kamu tahu bahwa saat mata terlelap, 'kegiatan' di dalam tubuh akan berkurang. Dengan begitu tidur seolah digambarkan 'mati' sementara. Gambaran tidur sama dengan mati jelas diajarkan dalam agama Islam.

Pada kitab Jawahirul Kalamiyah, dikuti dari laman Nahdlatul 'Ulama, kematian dapat dianalogikan dengan tidur. Saat kamu tidur, maka tak ada seorang pun yang tahu apa yang sedang terjadi padamu, termasuk pada alam mimpimu. Artinya: “Segala puji bagi Allah dzat yang telah menghidupkan setelah mematikan kami, dan kepada-Nya tempat kembali.”

Rasulullah juga pernah bersabda tentang persamaan tidur dan mati. Beliau bersyukur 'ruh'-nya telah dikembalikan pada tubuh setelah melewati tidur.

“Segala puji bagi Allah dzat yang mengembalikan ruh ku, memberikan kesehatan badanku, dan mengizinkanku berdzikir kepada-Nya” (Imam Nawawi, Al-Adzkar, hal. 21).

Loading...

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi padamu saat tidur. Demi mendapatkan tidur yang efektif dan bermanfaat, Islam telah mengajarkan doanya. Selain agar dijaga selama tidur, doa ini dapat menjagamu dari godaan setan. Alhasil kamu tidak akan mimpi buruk. Setelah bangun, badan akan kembali fresh lagi.

Berikut doa sebelum tidur beserta arti dan maknanya, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/4).

Sekuat dan setangguh apapun manusia di dunia, manusia sangat lemah saat sedang tidur. Orang tidur sangat lelap bisa jadi sasaran empuk bagi makhluk halus. Akibat gangguan makhluk halus yang jahat, tidurnya tidak akan nyaman. Agar kamu terlepas dari gangguan jin dan setan jahat selama tidur, lakukan beberapa amalan sebelum tidur.

1. Berwudhu.

doa sebelum tidur freepik

foto: freepik.com

Islam mengajarkan agar umat muslim selalu menjaga keadaan tetap suci, dengan cara berwudu. Malaikat juga senang mendampingi orang terhindar dari kotor dan najis. Hadits Rasulullah Muhammad SAW juga sudah diriwayatkan oleh Ibnu Hibban.

"Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun, kecuali malaikat akan berdoa untuknya, 'Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci'."

2. Membaca ayat kursi.

Ayat kursi memiliki kekuatan besar untuk mengusir gangguan setan. Membaca ayat kursi sebelum tidur, membuat Malaikat senantiasa menjaga tidurmu hingga masuknya waktu Subuh.

Dalam hadits riwayat Imam Bukhari, Abu Hurairah RA berkata:

"Rasulullah SAW menugaskanku menjaga zakat Ramadhan, kemudian datanglah seseorang yang mencuri makanan, maka aku memegangnya dan aku berkata, 'Saya akan laporkan engkau kepada Rasulullah.'"

"Sebagaimana diceritakan dalam hadits, maka orang tersebut berkata, 'Jika engkau hendak tidur di tempat tidurmu maka bacalah Ayat Kursi, maka penjagaan Allah senantiasa menyertaimu dan setan tidak dapat mendekatimu sampai waktu Subuh.'"

"Kemudian Rasulullah SAW bersabda, 'Dia berkata benar kepadamu, walaupun dia seorang pembohong, dia adalah setan'".

3. Berdoa sebelum tidur.

Amalan ketiga sebelum tidur adalah membaca doa. Supaya Allah SWT selalu menjagamu. Pentingnya berdoa sebelum tidur tercantum pada hadits Rasulullah, dari sahabat yang bernama Al-Bara’ bin ‘Azib –radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Bersabda kepadaku Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam:

doa sebelum tidur freepik

foto: dream.co.id

Artinya:

“Apabila kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudulah seperti kamu hendak melakukan salat. Kemudian berbaringlah di atas bagian tubuh yang kanan. Lalu ucapkanlah, ”Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang dan takut. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari-Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman kepada kitab yang telah Engkau turunkan, dan Nabi yang telah Engkau utus.” Apabila kamu meninggal dunia, maka kamu meninggal dalam keadaan fitrah. Dan jadikanlah ia ucapan terakhirmu.” (HR Bukhary 19/372)

Doa sebelum tidur. 

doa sebelum tidur freepik

foto: kemenag.go.id

Artinya:

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati." (HR.

Bukhari dan Muslim).

Doa bangun tidur. 

doa sebelum tidur freepik

foto: kemenag.go.id

Artinya:

"Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati/tidur kami, dan kepada-Nya kami kembali."

Doa terkejut bangun dari tidur. 

doa sebelum tidur freepik

foto: kemenag.go.id

Artinya:

"Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari gangguan

setan dan dari kehadiran mereka." (HR. Abu Daud dan Tir-middzi).

Doa ketika duduk setelah tidur. 

doa sebelum tidur freepik

foto: kemenag.go.id

Artinya:

"Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi." (HR. Abu Daud).

Doa susah tidur karena banyak pikiran. 

Setiap hari menjalani hidup, tentu membuatmu banyak pikiran. Saking pusingnya memikirkan masalah, kamu jadi susah tidur. Pada kondisi seperti ini kamu dianjurkan membaca doa. Syeikh Muhyiddin Abu Zakaria bin Yahya bin Syaraf An Nawawi atau Imam Nawawi Ad Dimasyqi dalam kitabnya Al Adzkar Al Muntakhabah min Kalaami Sayyid Al Abrar.

doa sebelum tidur freepik

foto: dream.co.id

"Allahumma gharatin nujumu wa hada'atil 'uyunu wa anta hayyun qayyumun la ta'khudzuka sinatun wa la naumun ya hayyu ya qayyumu ahdi' laili wa anim 'ain'. A'udzu bikalimatillahi at-tammati min ghadlabihi wa min syarri 'ibadihi wa min hamazatisy syayathiini wa an yahdluruni"

Artinya:

" Ya Allah, telah terbenam semua bintang, dan tidak berkedip semau mata, dan Engkaulah Dzat yang hidup lagi berdiri Sendiri, tidak akan mengenaiMu rasa kantuk dan tidak pula tidur. Wahai Dzat yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku ini serta tidurkanlah mataku. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, dari kejelekan hamba-hamba-Nya, dari tipu daya setan dan dari kehadirannya."

Doa sebelum tidur agar diberi mimpi indah. 

Setiap orang pasti ingin bermimpi indah saat tidur. Mimpi itu sendiri adalah 'bunga' tidur. Namun tak ada yang tahu mimpi apa yang akan masuk ke pikiranmu nanti.

Mimpi indah menimbulkan perasaan senang dan nyaman saat bangun. Agar bisa bermimpi indah dan membuat pikiran tenang, dianjurkan membaca doa.

doa sebelum tidur freepik

foto: dream.co.id

"Allahumma inni as aluka rukyan shoolihatan shoodiqotan ghoiro kaadzibatin naafiatan ghoiro dzloorrotin"

Artinya:

"Ya Allah, aku mohon kepada-Mu mimpi yang baik dan yang benar, (serta) tidak dusta, yang bermanfaat dan tidak berbahaya."

Makna dan keutamaan membaca doa sebelum tidur. 

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, yang artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS. Ar Rum: 23)

Tidur adalah bentuk rahmat Allah sebagaimana yang firman-Nya, yang artinya: “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur." (Al Qashahs: 73)

Dengan demikian, makna dari doa sebelum tidur adalah untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, tindakan pasrah atau berserah diri pada Allah SWT, memohon belas asih dari-Nya karena Dia lah zat yang memegang nyawa seluruh umat, dan doa sebelum tidur akan membuka pintu husnul khatimah.