Brilio.net - Apakah kamu salah satu yang tidur dengan menggunakan selimut? Biasanya kebanyakan orang tidak menggunakan selimut, salah satu alasannya karena terasa panas. Tapi, ada juga orang yang biasa tidur dengan menggunakan selimut agar merasa hangat dan nyaman pada suhu dingin di malam hari. Ternyata tidur dengan pakai selimut memiliki banyak manfaat lho.

Tidur dengan menggunakan selimut dapat menenangkan sistem saraf dengan cara meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia). Ini juga sekaligus mengurangi denyut jantung. Jadi kalau kamu memiliki masalah dengan tidur, kamu bisa mencoba pakai selimut saat tidur.

Beberapa manfaat tidur dengan selimut untuk kesehatan, brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/7).

1. Mengurangi kecemasan.

Manfaat tidur © 2019 brilio.net

Loading...

foto: pixabay

Tidur dengan menggunakan selimut, membantu mengurangi kecemasan. Jika kamu merasa gugup atau cemas, selimut dapat dijadikan alat untuk menenangkan diri dan bersantai. Selimut juga dapat membantu menenangkan anak-anak dan orang dewasa yang menderita autis, karena efek perasaan seperti dipeluk.

2. Membantu mengurangi stres.

Manfaat tidur © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu memiliki pekerjaan yang membuat stres dan merasa seperti kehabisan tenaga, menggunakan selimut dapat membantu kamu secara instan merasa santai. Selimut terbukti mengurangi aktivitas sistem saraf yang dapat memberikan efek mengurangi kecemasan, depresi dan menenangkan.

3. Memberikan rasa nyaman.

Manfaat tidur © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Hormon-hormon bahagia dan neurokimiawi yang menenangkan dilepaskan melalui efek tekanan sentuhan mendalam dari selimut. Bahkan 5 menit di bawah selimut dengan secangkir teh bisa merasa mendapat pelukan, sehingga membuat pikiran lebih santai.

4. Meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat tidur © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Kesulitan tidur di malam hari, akan membuat kamu akan benar-benar kehabisan tenaga karena tidur tidak nyenyak. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan selimut merasa lebih mudah tertidur dan tidak gelisah selama tidur. Peningkatan serotonin akan bekerja memberi tahu otak kamu bahwa sudah waktunya untuk tidur, dan dapat memberikan kenyamanan dan keheningan yang membantu menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

Seperti yang kita ketahui, kualitas tidur yang baik berarti akan menjadikan kamu energik di pagi hari. Kadar gula darah dan nafsu makan kamu lebih stabil, suasana hati kamu lebih baik dan tubuh memiliki waktu untuk beristirahat dan beregenerasi.

5. Membantu menghancurkan anxiety-insomnia.

Manfaat tidur © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Apakah kamu penderita insomnia atau susah tidur? Dilansir dari bustte.com selimut dapat menekan tubuh kamu ke bawah, proses ini sangat membantu karena mengurangi tingkat kortisol pada malam hari.

Kortisol adalah hormon stres yang diproduksi ketika tubuh kamu di bawah tekanan dan bagian dari respons melawan atau lari. Jika kamu dalam kondisi ini, selimut dapat meningkatkan relaksasi dan membantu memutus siklus ini.